Rendang Diupayakan Tercatat UNESCO, Iriana Jokowi: Rendang Layak Diakui Dunia!

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 21 Agu 2021 19:30 WIB
Rendang Diupayakan Tercatat UNESCO, Iriana Jokowi: Rendang Layak Diakui Dunia! Foto: Dokumentasi Kominfo Sumber
Jakarta -

Dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia, rendang tengah diupayakan untuk tercatat pada UNESCO. Melalui acara Memasak Rendang Se-Dunia ini diharapkan diplomasi dengan UNESCO untuk menobatkan rendang sebagai warisan budaya lebih mudah.

Rendang merupakan olahan daging khas Sumatera Barat yang umumnya terbuat dari daging sapi dan dimasak perlahan hingga bumbunya meresap. Tidak hanya di Indonesia, kelezatan rendang bahkan telah dinobatkan sebagai bagian dari lima puluh hidangan terlezat di dunia oleh CNN Internasional.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara resmi juga telah mencatatakan rendang sebagai warisan budaya tak benda Indonesia pada tahun 2013 silam. Pasalnya rendang tidak hanya enak, tetapi juga mengandung banyak filosofi.

Dinobatkannya rendang ke dalam daftar makanan terlezat dinilai belum cukup untuk menjaga dan mengangkat nama baik budaya Indonesia di mata dunia. Para pihak terkait, terutama Pemerintah Sumatera Barat masih bekerja keras untuk dapat memasukkan rendang ke dalam daftar warisan tak benda dunia milik Indonesia pada United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Rendang Diupayakan Tercatat UNESCO, Iriana Jokowi: Rendang Layak Diakui Dunia!Rendang Diupayakan Tercatat UNESCO, Iriana Jokowi: Rendang Layak Diakui Dunia! Foto: Dokumentasi Kominfo Sumber

Melalui pagelaran Memasak Rendang Sedunia yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (21/8), kegiatan memasak rendang ini diharapkan dapat mengangkat derajat rendang di mata dunia. Sekaligus memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori memasak rendang.

Dihadiri oleh perwakilan dari 5 benua, acara Memasak Rendang Sedunia yang dilakukan virtual ini ingin membuat rendang semakin dicintai dan digemari di seluruh dunia dan pelosok Indonesia. Keinginan untuk segera mendaftarkan rendang khas Padang ke dalam daftar warisan budaya tak benda Dunia ini juga disampaikan oleh Laksamana Pertama TNI Hargianto, S.E., M.M., M.Si selaku DANLANTAMAL II Padang.

"Hingga hari ini rendang belum terdaftar sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO terkait permasalahan administrasi dan lainnya. Melalui acara Masak Rendang Se-Dunia menjadi salah satu cara yang dilakukan untuk melengkapi persyaratan mencatatkan rendang sebagai warisan budaya tak benda Indonesia oleh UNESCO," kata Hargianto.

Baca juga: Tempe Akan Didaftarkan Jadi Warisan BudayaUNESCO, Ini Komentar Indonesia Tempe Movement

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Persiapan Pemerintah Bawa Tempe Mendunia Seperti Rendang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com