Lewat #NgopiMembumi, Bisa Ngopi Asyik Bebas Sampah Plastik 

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 21 Agu 2021 09:30 WIB
Lewat #NgopiMembumi, Bisa Ngopi Asyik Bebas Sampah Plastik Foto: Dokumentasi NgopiMembumi
Jakarta -

Lewat program #NgopiMembumi, para penikmat kopi di Indonesia kini bisa menikmati kopi di dalam gelas ramah lingkungan yang bebas dari kandungan plastik.

Limbah atau sampah plastik menjadi masalah yang cukup serius di Indonesia. Setidaknya ada lebih dari 6-10 penikmat kopi yang mengaku menggunakan 1-2 gelas kopi dalam seminggu, yang salah satunya mengandung plastik.

Meski tampak sepele, namun tingginya konsumsi kopi di Indonesia bahkan di sektor industri makanan secara keseluruhan, membuat menumpuknya sampah plastik yang sangat sulit terurai. Meskipun sekarang sudah banyak pelaku bisnis kuliner dan kedai kopi, yang menggunakan gelas kertas atau kemasan ramah lingkungan.

Baca Juga: Nyam! 5 Bungkus Makanan Ramah Lingkungan Ini Enak Dimakan

Menyadari hal ini, Anomali Coffee bekerja sama dengan FooPak Bio Natura dan Earth Keepers Indonesia, memulai inisiasi prorgam #NgopiMembumi, yang fokus menciptakan gelas kopi ramah lingkungan tanpa menggunakan plastik sama sekali.

"Limbah plastik membutuhkan waktu 400 tahun untuk diurai bumi, jadi kita harus benar-benar berhati-hati dengan limbah plastik ini. Limbah plastik juga tidak sepenuhnya hancur, yang akan berimbas pada lingkungan hingga biota laut yang dikonsumsi manusia," ungkap Teguh Handoko, founder organisasi lingkungan Earth Keepers Indonesia, ke detikFood dalam acara virtual #NgopiMembumi (19/08).

Lewat #NgopiMembumi, Bisa Ngopi Asyik Bebas Sampah PlastikLewat #NgopiMembumi, Bisa Ngopi Asyik Bebas Sampah Plastik Foto: Dokumentasi NgopiMembumi

Program ramah lingkungan ini sengaja diluncurkan setelah HUT Kemerdekaan Indonesia ke-76, dengan harapan dapat memerdekakan Indonesia dari sampah plastik di masa depan.

Bersama Anomali Coffee dan FooPak Bio, Earth Keepers Indonesia ingin mengajak semua orang Indonesia terutama penggemar kopi, untuk aktif ikut menyemarakkan program #NgopiMembumi ini.

"Banyak negara di Amerika hingga Eropa mulai meminimalisir penggunaan plastik. Orang indonesia mau bayar lebih mahal untuk biaya kemasan yang lebih ramah lingkungan, bahkann tingkat ketertarikannya mencapai 78%," ujar Benny Chiadarma, selaku Product Manajer FooPak - Asia Pulp & Paper, yang bergerak di bidang kemasan makanan ramah lingkungan.

Melihat peluang ini, Anomali Coffee menjadi kafe dan kedai kopi pertama di Indonesia yang menggunakan gelas kertas ramah lingkungan bebas plastik buatan FooPak.

"Di Indodnesia baru Anomali Coffee yang menggunakan paper cup (gelas kertas) dari FooPak, di mana kami memastikan bahwa ini merupakan produk lokal anak bangsa, yang dibuat 100% tanpa kandungan plastik dan bisa didaur ulang," ungkap Benny dengan antusias.

Hal serupa juga disampaikan oleh Rezha Ahmad, selaku Business Development Anomali Coffee.

A waitress holding and serving a paper cup of hot coffee in cafeGelas kertas. Foto: Getty Images/iStockphoto/Farknot_Architect

"Anomali Coffee sebagai kurator kopi Indonesia, selalu berkomitmen dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan. Salah satunya dengan meminimalisir penggunaan plastik dan kemasan kertas. Melalui kolaborasi #NgopiMembumi, Anomali Coffee akhirnya menjadi pelaku pertama di industri F&B Indonesia yang menggunakan kemasan makanan dan minuman bebas plastik yang bisa didaur ulang," tutur Rehzha.

Bukan tanpa alasan mengapa pihak Anomali Coffee mempercayakan kemasan gelas kopi mereka ke FooPak. Semua gelas kertas buatan FooPak, sudah lulus uji coba ISEGA EN1342. Jika didaur ulang, kertas-kertas ini akan memberikan nutrisi pada tanah.

"Tak perlu khawatir, gelas kertas ramah lingkungan ini bisa untuk minuman panas dan dingin, jadi aman digunakan," tutur Benny.

Proses daur ulangnya juga mudah diurai, karena 100% bebas dari kandungan plastik. Desainnya dibuat kekinian dan simple, sehingga para penikmat kopi terutama pelanggan di Anomali Coffee, masih bisa menikmati kopi mereka dengan nyaman.

Lewat #NgopiMembumi, Bisa Ngopi Asyik Bebas Sampah PlastikLewat #NgopiMembumi, Bisa Ngopi Asyik Bebas Sampah Plastik Foto: Dokumentasi NgopiMembumi

"Untuk harga, meskipun kita menggunakan gelas kertas yang benar-benar aman dan ramah lingkungan, tapi tidak ada kenaikan harga di Anomali Coffee. Semua harganya tetap sama, justru kami memberikan diskon potongan harga menarik. Di mana setiap gelas kopi #NgopiMembumi yang dibuat untuk Anomali Coffee, akan kami berikan QR Code, nantinya semua pembeli bisa mengikuti kuis di sana dan akan mendapatkan voucher diskon yang bisa ditunjukkan ke kasir," sambung Rehza.

Di akhir kesempatan, Anomali Coffee, FooPak dan The Earth Keepers optimis dapat membantu mengurangi sampah plastik di Indonesia. Mereka juga yakin bahwa masyarakat Indonesia sudah memiliki tingkat kesadaran dan kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan.

Nantinya mereka berharap akan ada lebih banyak pelaku bisnis makanan, restoran, kafe dan sebagainya yang ikut berperan aktif dalam menerapkan gaya hidup ramah lingkungan. Demi mewujudkan Indonesia tanpa sampah plastik di masa depan.

Gelas kopi bebas plastik dengan tagar #NgopiMembumi ini sudah bisa dinikmati di berbagai cabang Anomali Coffee. Jangan lupa scan QR Code di gelas, untuk mendapatkan diskon hingga promo kopi menarik lainnya.

Baca Juga: Keren! Ini 5 Restoran di Bali yang Terapkan Konsep Ramah Lingkungan



Simak Video "Kopi Trip: Ngopi sambil Edukasi di Alam Terbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com