950 Porsi Bubur Asyura Dibagikan Jelang Acara Buka Luwur Sunan Kudus

Dian Utoro Aji - detikFood Rabu, 18 Agu 2021 14:15 WIB
950 Porsi Bubur Asyura Dibagikan Jelang Acara Buka Luwur Sunan Kudus Foto: Dian Utoro Aji
Kudus -

Pembagian bubur asyura di kompleks Masjid Sunan Kudus adalah tradisi turun temurun. Tahun ini ada 950 porsi bubur asyura yang dibagikan jelang acara puncak Buka Luwur Sunan Kudus.

Bubur asyura tidak asing bagi masyarakat di sekitar kompleks Makam, Menara, Masjid Sunan Kudus. Biasanya bubur tersebut dibagikan kepada masyarakat setiap tanggal 9 Muharram.

"Untuk warga sekitar (kompleks Makam, Menara, Masjid Sunan Kudus) karena jumlahnya juga terbatas. Jadinya 700 porsi yang ditaruh pada samir sama 250 porsi yang ditaruh pada takir," kata Humas Panitia Buka Luwur Makam Sunan Kudus, Muhammad Kharis kepada detikcom ditemui di lokasi, Rabu (18/7/2021).

950 Porsi Bubur Asyura Dibagikan Jelang Acara Buka Luwur Sunan Kudus950 Porsi Bubur Asyura Dibagikan Jelang Acara Buka Luwur Sunan Kudus Foto: Dian Utoro Aji

Bubur asyura sendiri bubur yang dibuat dari sembilan bahan pokok dan dicampur dengan sembilan topping. Bubur asyura ditaruh di atas daun pisang. Bubur asyura biasanya dibagikan kepada masyarakat saat 9 Muharram.

Dia mengatakan bubur asyura tersebut dimasak oleh ibu-ibu warga setempat. Di tengah pandemi proses memasak dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Jumlah juru masak pun dibatasi.

"Ini tengah dimasak oleh ibu-ibu kemudian dibagikan kepada warga sekitar, selain itu bubur itu untuk sajian maulidan nanti malam. Maulidan selesai magrib untuk ibu-ibu, maulidan untuk selepas isya untuk bapak-bapak," ungkap dia.

950 Porsi Bubur Asyura Dibagikan Jelang Acara Buka Luwur Sunan Kudus950 Porsi Bubur Asyura Dibagikan Jelang Acara Buka Luwur Sunan Kudus Foto: Dian Utoro Aji

Kharis mengatakan ada sembilan bahan baku untuk membuat bubur asyura. Di antaranya beras, kacang tanah, kacang tolo, kedelai, kacang hijau, ubi, singkong, jagung, dan pisang.

"Sedangkan untuk tambahan topping ada sembilan yakni telur dadar, teri jeruk udang, kecambah, tahu, tempe, pentol sendiri gading dicampur kelapa muda dan dibumbui, dan cabai merah," jelasnya.

"Proses memasaknya membutuhkan waktu sekitar tiga jam," sambung dia.

950 Porsi Bubur Asyura Dibagikan Jelang Acara Buka Luwur Sunan Kudus950 Porsi Bubur Asyura Dibagikan Jelang Acara Buka Luwur Sunan Kudus Foto: Dian Utoro Aji

Kharis menambahkan pembuatan bubur asyura merupakan tradisi turun temurun. Menurutnya bubur asyura tidak terlepas dari cerita Nabi Nuh yang selamat dari musibah banjir. Hingga akhir membuat bubur asyura dan dilestarikan oleh para ulama termasuk Sunan Kudus hingga sekarang.

"Itu untuk sebenarnya dari tradisi ulama terdahulu, itu tradisi dari Nabi Nuh ketika diselamatkan oleh Allah dari banjir bandang itu melalui kapal itu pas bulan Asyura. Kemudian diperintahkan untuk memasak karena makanan tinggal sedikit kemudian itu dijadikan bubur. Makna itu diteruskan oleh ulama-ulama termasuk Sunan Kudus," jelasnya.



Simak Video "Pepes Bluluk, Cita Rasa Pepes Tak Biasa dari Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com