Berita Terpopuler

Makanan Terburuk untuk Paru-Paru dan Rutin Minum Kopi untuk Kesehatan Hati

Tim detikfood - detikFood Selasa, 27 Jul 2021 09:30 WIB
Conceptual of how to making drip coffee by herself. Foto: iStock
Jakarta -

Ada lima makanan yang punya efek buruk untuk paru-paru. Ada juga minuman favorit Nabi Muhammad SAW dan manfaat rutin minum kopi yang dapat menyehatkan hati.

Saat pandemi, kesehatan paru-paru menjadi hal penting yang harus dijaga dan diperhatikan. Paru-paru yang tidak cukup sehat akan sangat mudah mengalami gangguan terutama yang diakibatkan oleh infeksi coronavirus. Jika paru-paru tidak diperhatikan dengan baik, efeknya bisa saja menyebabkan sesak nafas bahkan hingga kematian.

Ada juga minuman favorit Nabi Muhammad SAW yang ternyata punya manfaat kesehatan yang sangat baik. Menjadi sosok pedoman dan patut ditiru perilakunya oleh umat Muslim, Nabi Muhammad SAW dikenal dengan sosok yang selalu menjaga kesehatannya. Bahkan beberapa minuman favorit Nabi Muhammad memiliki manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan dan diterangkan dalam Alquran.

Selain itu, ada juga pembuktian dari para ahli yang mengatakan rutin minum kopi dapat membantu menjaga kesehatan hati. Kandungan kafein yang ada pada kopi dikatakan dapat memberi banyak dampak positif bagi tubuh. Bahkan jika dikonsumsi secara rutin beberapa ahli mengungkap manfaatnya dapat meminimalisir risiko gangguan hati sebanyak 21%.

Berikut berita terpopuler detikfood yang menarik perhatian pembaca kemarin (26/7):

A bowl of potato chips on a rustic table.A bowl of potato chips on a rustic table. Foto: iStock

1. 5 Makanan yang Buruk Untuk Kesehatan Paru-paru, Batasi Konsumsinya

Di masa pandemi Covid-19 kesehatan dan kekuatan paru-paru harus menjadi prioritas lainnya setelah menjaga kekebalan imunitas. Paru-paru yang tidak cukup kuat dan sehat akan sangat rentan terinfeksi coronavirus. Efek buruk yang mungkin timbul akan sangat berbahaya bahkan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Memerhatikan konsumsi makanan yang padat nutrisi serta vitamin sangat penting untuk dilakukan. Sebisa mungkin hindari makanan-makanan yang justru dapat merusak dan mengganggu kesehatan paru-paru. Misalnya makanan yang dapat memproduksi gas dan menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan.

Makanan-makanan yang mengandung gula, lemak, serta kandungan sodium yang tinggi juga harus dibatasi atau bahkan dihindari konsumsinya. Hal ini karena efek lemak trans yang dapat mengganggu kardiovaskuler serta garam yang dapat meningkatkan darah tinggi dan menyebabkan tekanan pada paru-paru.

Baca juga: 5 Makanan yang Buruk Untuk Kesehatan Paru-paru, BatasiKonsumsinya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Ayam Kampung Dicocol Pakai Sambel Rampai dan Jengkol"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com