Punya Bisnis Kuliner? Terapkan Trik Ini untuk Tarik Pelanggan

Inkana Izatifiqa R. Putri - detikFood Senin, 26 Jul 2021 17:47 WIB
Ilustrasi bisnis kuliner Foto: Shutterstock
Jakarta -

Bisnis kuliner menjadi salah satu yang banyak digemari saat ini. Tak heran butuh strategi khusus agar bisnis kuliner bisa bertahan dari persaingan.

Salah satunya yakni dengan menerapkan strategi promosi yang tepat. Bagi Anda yang masih bingung, berikut hal yang bisa dilakukan untuk mempromosikan bisnis kuliner.

1. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial menjadi salah satu cara promosi yang bisa menarik pelanggan dengan cepat. Anda bisa memanfaatkan berbagai media sosial mulai dari Instagram bahkan LinkedIn sekali pun.

Melalui Twitter, cobalah untuk gunakan fitur Polling untuk meminta pelanggan memilih produk favoritnya. Bagikan juga foto-foto produk yang indah dan estetik di Instagram mulai dari persiapan hingga tahap akhir pembuatan produk. Sementara di LinkedIn, Anda bisa mengunggah resep atau podcast menarik yang berkaitan dengan produk.

2. Beri Sampel Gratis

Banyak pebisnis kuliner yang memberi sampel gratis untuk memperkenalkan produknya. Jika ingin mencoba hal ini, pastikan produk yang ditawarkan merupakan suguhan terlezat Anda. Bahkan, Anda juga bisa memberi berbagai pilihan guna menarik perhatian pelanggan.

Selagi memberi sampel gratis, Anda juga bisa bertanya kepada calon pelanggan tentang makanan yang mereka sukai atau saran terhadap produk Anda. Ajak juga mereka untuk mengikuti akun bisnis Anda di media sosial.

3. Tawarkan Layanan Delivery

Saat ini, mayoritas pelanggan umumnya memanfaatkan layanan order online dan delivery saat memesan makanan. Selain simple, layanan ini juga lebih efisien dan lebih disarankan di masa pandemi ini. Untuk itu, Anda perlu bermitra dengan layanan yang menghadirkan sistem delivery. Namun jika Anda ingin mengelolanya sendiri, sebaiknya tentukan jam operasional untuk memudahkan pengiriman.

4. Gandeng Blogger dan Influencer

Memasarkan produk lewat blogger dan influencer nampaknya jadi tren saat ini. Cara ini pun bisa dicoba untuk menarik pelanggan Anda. Lakukan kerja sama dengan para blogger dan influencer ternama untuk mengulas produk Anda. Mintalah juga mereka untuk mempublikasikannya di media sosial atau blog.

5. Program Loyalitas

Program loyalitas juga sering diberikan oleh beberapa pebisnis ke para pelanggan setianya. Dalam program ini, Anda perlu menentukan poin atau hadiah yang akan diberikan kepada pelanggan. Misalnya, setiap pembelian produk dengan harga tertentu, pelanggan akan mendapatkan produk gratis atau diskon. Melalui program ini, Anda juga bisa meminta pelanggan untuk merekomendasikan produk Anda ke teman dan kerabat mereka.

6. Penawaran dan Diskon

Hampir setiap pesaing bisnis Anda akan menggunakan strategi ini. Untuk itu, berikan juga penawaran spesial dan diskon untuk produk-produk Anda. Beberapa penawaran diskon bisa diberikan untuk menu khusus atau di jam-jam tertentu. Selain itu, Anda juga dapat mengedarkan kode diskon di situs e-commerce lokal untuk jangkauan yang lebih luas dan mendapatkan pelanggan baru.

Nah, itulah ketujuh cara yang bisa dilakukan untuk menarik para pelanggan. Biar bisnis kuliner makin cuan, ikuti juga webinar 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' dari Kraft Heinz Food Service bersama detikcom yang menghadirkan berbagai informasi seputar bisnis kuliner dari para pakarnya.

Acara ini nantinya dapat disaksikan pada 29 Juli 2021 serta 5 Agustus 2021 lewat streaming di platform detikcom. Di webinar ini, peserta beruntung juga akan mendapatkan hadiah promosi melalui artikel di detikcom. Selain itu, 10 bisnis terpilih juga punya kesempatan untuk mengikuti sesi pelatihan eksklusif coaching dari Ultra Indonesia dan ACP Indonesia.

Selain itu, ada tambahan modal senilai puluhan juta rupiah yang menanti. Menarik bukan? Jadi, jangan sampai kelewatan, segera registrasi di laman ini atau pada formulir yang terlampir di bawah ini.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com