30 Resep Daging Kambing & Sapi Idul Adha

Cara Bikin Sate Kambing Empuk dan Tidak Bau Prengus ala 3 Chef

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 19 Jul 2021 13:00 WIB
Cara Bikin Sate Kambing Empuk dan Tidak Bau Prengus ala 3 Chef Foto: Getty Images/iStockphoto/guvendemir
Jakarta -

Jadi hidangan Idul Adha populer, kamu perlu tahu cara bikin sate kambing empuk dan tidak bau prengus. Semuanya diungkap tiga chef ternama. Contek yuk!

Membicarakan hidangan Idul Adha tak bisa meninggalkan sate kambing yang mudah dibuat dan rasanya enak. Namun sayangnya sate kambing buatan rumah sering alot dan masih berbau prengus.

Hal ini karena daging kambing langsung diolah tak lama setelah disembelih, membuat daging tak mengalami proses pelayuan (aging) yang bisa membuatnya empuk. Selain itu, daging tak bisa dipastikan berasal dari kambing usia berapa.

Chef Stefu Santoso (15/7) mengatakan pada prinsipnya semakin tua usia kambing kurban, maka dagingnya semakin alot dan berbau prengus. Untuk mengakalinya, ada cara bikin sate kambing empuk, enak, dan tidak bau prengus.

Detikfood juga menanyakan hal ini pada chef Degan Santoso dan Dims The Meat Guy yang populer di TikTok karena konten dagingnya. Berikut jawaban mereka:

1. Pakai air jeruk nipis

Sudachi, Jeruk Nipis Jepang yang Kecut Unik Ini Dipakai di Restoran MewahCara Bikin Sate Kambing Empuk dan Tidak Bau Prengus ala 3 Chef Foto: istock

Cara bikin sate kambing empuk dan tidak bau prengus ala Dims the Meat Guy adalah memakai air perasan jeruk nipis. "Biasanya saya pakai air perasan jeruk nipis lalu saya bungkus pakai daun pepaya (potongan daging kambingnya). Biasanya dengan cara seperti ini daging yang saya olah nggak bau prengus lagi," kata Dimas.

"Tapi balik lagi dari cara menyembelih dan pemotongan kambingnya juga harus benar supaya kambing tidak terlalu mengeluarkan bau," ujarnya.

2. Bumbui daging dengan garam dan merica

Chef Degan berpendapat sate kambing yang enak dibuat dari daging yang sudah dibumbui. "Selain pastikan dagingnya empuk, jangan lupa bumbui daging dengan garam dan merica supaya daging ada rasanya. Bumbui sebelum dipanggang," katanya pada detikfood (13/7).

3. Marinasi daging dengan kecap

Cara Bikin Sate Kambing Empuk dan Tidak Bau Prengus ala 3 ChefCara Bikin Sate Kambing Empuk dan Tidak Bau Prengus ala 3 Chef Foto: Getty Images/iStockphoto/guvendemir

Mantan juri MasterChef Indonesia, chef Degan juga mengungkap bumbu marinasi daging sate kambing. "Pakai bumbu kecap, minyak, nanas dan bumbu sate. Tapi bumbu sate juga bisa dikombinasi dengan bumbu kuning dan lainnya, tergantung selera dan jenis daging," ujar chef Degan.

Hal senada juga diungkap chef Stefu. Ia menyarankan daging kambing dimarinasi dengan kecap namun sebentar saja karena kalau terlalu lama, daging kambing nantinya bisa kering. Hal ini tentu saja berdampak pada keempukan sate kambing nantinya.

4. Proses basting saat membakar sate

Chef Stefu merekomendasikan agar daging sate kambing juga dibalurkan (basting) berkali-kali dengan kecap atau bumbu kacang saat dibakar. Proses ini lebih bisa menjaga keempukan sate.

"Jadi setiap kali mau bakar, dimarinasi kecap dulu sebentar, terus dibakar, celupin lagi kecap, bakar lagi, celupin lagi kecap, dan seterusnya. Harus diimbangi dengan penggunaan jeruk limau. Limau ada aroma dan sifat pengempuk karena kan asam," tutur chef Stefu.

5. Pakai grill pan

Cara Bikin Sate Kambing Empuk dan Tidak Bau Prengus ala 3 ChefCara Bikin Sate Kambing Empuk dan Tidak Bau Prengus ala 3 Chef Foto: Getty Images/iStockphoto/guvendemir

Ketiga chef ini setuju bahwa membakar sate kambing paling bagus di panggangan dengan arang, namun kalau tidak memiliki panggangan, Dims the Meat Guy mengatakan bisa pakai grill pan.

"Untuk panggangan bisa di kompor lalu pakai grill pan atau kalo nggak ada pake pan yang bukan berbahan nonstick karena butuh suhu yang panas," kata Dimas.



Simak Video "Pindang Daging Menggunakan Daging Australia ala Chef Stefu Santoso"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com