Sejarah Susu Kental Manis yang Patut Anda Ketahui

Jihaan Khoirunnisaa - detikFood Senin, 12 Jul 2021 12:38 WIB
Kental Manis-Susu Foto: shutterstock
Jakarta -

Susu kental manis merupakan salah satu bahan makanan yang sudah sering digunakan dalam berbagai hidangan. Namun, tahukah Anda soal sejarah kemunculannya?

Inovasi susu dalam kemasan kaleng bermula sebelum abad ke-19 seperti dikutip dari The Spruce Eats. Pada saat itu orang-orang ragu untuk minum susu karena dianggap berdampak buruk bagi kesehatan. Susu yang langsung diperah dari sapi memiliki banyak kandungan bakteri.

"Susu kental manis tercipta bermula dari permasalahan konsumsi susu di daratan Eropa pada masa awal-awal abad ke-19. Sejak dahulu sampai masa awal abad ke-19, permasalahan yang pelik yang sering dihadapi pada masa-masa yang mengkonsumsi susu segar itu cepat basi dan asam jika dibiarkan dan tidak langsung dikonsumsi selama belum ada teknologi pendingin. Masalahnya itu selalu basi, terbuang dan harus segera dikonsumsi," ujar Sejarawan Makanan Departemen Sejarah Universitas Padjadjaran Fadly Rahman, M.A dalam keterangan tertulis, Senin (12/7/2021).

Kental Manis-SusuKental Manis-Susu Foto: shutterstock

Kemudian, Gail Borden tergerak untuk menciptakan susu yang lebih awet di tahun 1854 Borden menyadari agar lebih tahan lama harus dipanaskan supaya membunuh kuman dan bakteri yang menyebabkan susu cepat basi. Selain itu, susu juga perlu ditambahkan gula. Langkah ini untuk menghambat pertumbuhan bakteri pada susu.

Dari percobaan tersebut lahirlah produk susu kental manis seperti yang kita kenal saat ini. Walaupun produk tersebut tidak lantas diterima oleh masyarakat di awal kemunculannya. Setelah melewati perjalanan panjang, barulah di tahun 1857 Borden mulai memproduksi susu kental manis secara komersial di Burrville, Connecticut, Amerika Serikat.

Berkat inovasi Borden, kini Anda bisa dengan mudah menemukan kental manis di pasaran. Salah satunya adalah Susu Kental Manis Frisian Flag Gold yang diproduksi dari susu sapi segar menggunakan teknologi modern dengan jaminan mutu dan keamanan pangan.

Produk ini diperkaya dengan kandungan 9 vitamin (vitamin A, D3, E, B1, B2, B3, B6, B12, dan C) serta 5 mineral (kalsium, fosfor, selenium, mangan, dan yodium). Memiliki 130 kkal energi per sasetnya, Susu Kental Manis Frisian Flag Gold bisa jadi pelengkap cita rasa sajian nikmat sarapan keluarga Anda.

Susu kental manis Frisian Flag Gold tersedia dalam berbagai kemasan mulai dari kaleng, pouch, dan sachet. Susu Kental Manis Frisian Flag Gold pun bisa didapatkan dengan mudah di toko/warung terdekat hingga supermarket.



Simak Video "Susu Kambing di Purwakarta Jadi Buruan Warga untuk Tingkatkan Imun"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com