Ini Pentingnya Seni Fotografi Makanan untuk Bisnis Kuliner

Inkana Putri - detikFood Sabtu, 10 Jul 2021 09:37 WIB
Ilustrasi foto makanan Foto: Shutterstock
Jakarta -

Ingin promosikan bisnis kuliner di media sosial? Pastikan Anda tidak menampilkan foto yang asal-asalan. Sebab foto dapat memperkuat image brand sehingga mendorong konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.

Oleh karena itu, tak heran saat ini banyak para pemilik bisnis kuliner yang rela menyewa jasa foto produk. Selain untuk menggaet konsumen, foto produk yang bagus tentunya juga memiliki manfaat lain bagi bisnis.

Melansir gourmet marketing, berikut alasan pentingnya seni fotografi bagi kelancaran bisnis kuliner.

1. Highlight Menu Andalan

Setiap bisnis kuliner tentunya punya menu andalan. Dalam hal ini, seni fotografi dapat dimanfaatkan untuk menyorot menu-menu tersebut. Saat melihat menu, pelanggan tentu juga akan melihat foto makanan yang ingin dipesan.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menonjolkan menu andalan dengan foto berkualitas. Adapun menu-menu tersebut dapat berupa menu spesial, menu termahal, atau menu terlaris. Anda juga dapat menampilkan semua foto hidangan yang tersedia. Namun, pastikan Anda mengaturnya dengan cara tertentu sehingga pelanggan melihat menu-menu yang memang ingin ditonjolkan.

2. Penunjang SEO dan Algoritma

Sistem SEO pada website dan algoritma pada media sosial memang dapat menunjang promosi bisnis kuliner Anda. Namun, fotografi sering menjadi elemen yang dilupakan.

Padahal, gambar yang berkualitas dapat mendorong pelanggan untuk mengunjungi profil bisnis Anda. Terlebih jika Anda menggunakan gambar yang relevan dengan informasi produk. Hal ini tentu akan membuat konten menjadi lebih menarik.

3. Menarik Lebih Banyak Pelanggan

Bisnis kuliner tentu berfluktuasi dari waktu ke waktu. Namun, pemasaran yang baik tentu dapat mempermudah bisnis tumbuh stabil.

Jika makanan Anda terlihat menarik di website atau media sosial, lebih banyak orang tentu ingin datang dan mencoba produk Anda. Selain itu, foto yang bagus juga dapat menarik orang untuk menelusuri profil bisnis Anda. Jadi, pastikan untuk selalu gunakan foto makanan yang menggugah selera calon pelanggan.

4. Memberi Kesan Positif

Pemasaran visual untuk website menjadi hal penting bagi bisnis kuliner. Untuk itu, hindari menggunakan fotografi berkualitas rendah karena dapat menurunkan nilai produk Anda. Sementara itu, foto yang bagus dapat memberikan kesan positif tentang produk Anda. Hal ini juga akan memberikan orang gambaran yang lebih baik tentang jenis hidangan yang akan mereka nikmati.

Nah, itulah keempat alasan penting seni fotografi diperlukan guna mendukung bisnis kuliner. Buat Anda yang penasaran cara menjadikan makanan lebih otentik lewat food photography, jangan lewatkan webinar yang diselenggarakan Kraft Heinz Food Service Institute.

Mengusung tema 'Tangguh Hadapi Pandemi, hingga Panen Cuan di Awal Merintis Bisnis dengan Ciptakan Inovasi Baru', Anda bisa mendapatkan insight dari pengusaha sukses serta expert di bidang usaha kuliner untuk membantu menemukan inovasi menu baru yang sulit ditiru.

Acara ini bisa nantinya bisa disaksikan pada 29 Juli 2021 melalui streaming di platform detikcom. Menarik sekali, bukan? Yuk, ikutan supaya bisnis kuliner yang dirintis bisa semakin berkembang.

Di webinar ini, akan ada juga peserta beruntung yang akan mendapatkan hadiah promosi melalui artikel di detikcom. Selain itu, 10 bisnis terpilih juga punya kesempatan untuk mengikuti eksklusif coaching session dari Ultra Indonesia, APCA dan ACP Indonesia serta mendapat tambahan modal senilai puluhan juta rupiah, lho. Jangan sampai kelewatan, segera registrasi di laman ini atau pada formulir yang terlampir di bawah ini.



Simak Video "Siasat Usaha yang Viral agar Tetap Eksis"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com