Bikin Usaha Kuliner Makin Berkembang dengan 5 Jenis Konten Visual Ini

Inkana Putri - detikFood Kamis, 08 Jul 2021 17:37 WIB
Foto makanan Foto: Shutterstock
Jakarta -

Promosi menjadi salah satu hal penting dalam berbisnis, termasuk bisnis kuliner. Dalam hal ini, banyak pebisnis yang menggunakan konten visual untuk menyampaikan promosi maupun informasi.

Bahkan, konten visual juga disebut menjadi kunci sukses dari berjalannya sebuah strategi marketing. Pasalnya, konten visual dapat menarik lebih banyak audiens.

Tertarik untuk mencoba konten visual? Melansir berbagai sumber, berikut 5 jenis konten visual yang dapat digunakan untuk strategi digital marketing.

1. Infografis

Beberapa konsumen menyukai konten visual yang menawarkan informasi tentang bisnis Anda. Namun, tidak semua orang memiliki waktu untuk membaca informasi yang panjang. Untuk itu, Anda dapat memanfaatkan infografis yang mengemas informasi penting dengan cara yang mudah dicerna dan dibagikan.

Saat membuat infografis, gunakanlah kalimat simpel atau beberapa gambar yang berhubungan dengan informasi yang ingin disampaikan. Anda juga dapat memvisualisasikan hasil survei, polling atau data lainnya terkait bisnis kuliner Anda dalam diagram. Beberapa konten unik seputar fakta atau usul-usul kuliner Anda juga bisa dituangkan ke dalam konten infografis

2. Video

Konten video saat ini menjadi pilihan bagi beberapa pebisnis untuk mempromosikan bisnis. Melalui video, Anda dapat menyampaikan informasi yang berguna dalam hitungan menit. Bahkan, video menjadi solusi sempurna bagi konsumen yang tidak memiliki waktu untuk membaca artikel panjang. Beberapa konten yang dapat dituangkan dalam video antara lain, demo produk, testimoni pelanggan hingga tutorial.

3. Foto

Foto yang berkualitas tinggi juga dapat meningkatkan produk yang ditawarkan. Guna mendapatkan foto berkualitas, cobalah untuk menyewa jasa fotografer untuk memfoto produk Anda. Hindari menggunakan gambar yang terlihat terlalu ramai atau kaku.

4. Meme dan GIF

Meme dan GIF saat ini menjadi dua hal yang kerap dibagikan oleh para pengguna internet. Selain mudah dibuat, meme dan GIF juga berisi lelucon yang menghibur. Meskipun demikian, pastikan meme dan GIF yang Anda buat berhubungan dengan produk yang dipasarkan..

5. Screenshot

Screenshot juga dapat menjadi salah satu penunjang bisnis Anda. Screenshot dapat dimanfaatkan untuk berbagi informasi terkait testimoni pelanggan, profil toko online, dan lainnya. Namun, buatlah screenshot dengan kualitas gambar yang baik agar tidak blur saat di-posting.

Anda juga dapat menggunakan watermark untuk membuktikan screenshot tersebut milik Anda. Selain itu, pastikan juga untuk menyesuaikan ukurannya dengan kapasitas media sosial.

Itulah kelima konten visual yang dapat menunjang bisnis kuliner Anda. Masih penasaran bagaimana cara membuat konten visual yang menarik?Cari tahu selengkapnya dalam program persembahan Kraft Heinz Food Service Institute yang akan mengupas tuntas kiat-kiat membuat konten bagi bisnis kuliner.

Mengusung tema 'Tangguh Hadapi Pandemi, hingga Panen Cuan di Awal Merintis Bisnis dengan Ciptakan Inovasi Baru', Anda bisa mendapatkan insight dari pengusaha sukses serta expert di bidang usaha kuliner untuk membantu menemukan inovasi menu baru yang sulit ditiru.

Acara ini bisa nantinya bisa disaksikan pada 29 Juli 2021 melalui streaming di platform detikcom. Menarik sekali, bukan? Yuk, ikutan supaya bisnis kuliner yang dirintis bisa semakin berkembang.

Di webinar ini, akan ada juga peserta beruntung yang akan mendapatkan hadiah promosi melalui artikel di detikcom. Selain itu, 10 bisnis terpilih juga punya kesempatan untuk mengikuti eksklusif coaching session dari Ultra Indonesia, APCA dan ACP Indonesia serta mendapat tambahan modal senilai puluhan juta rupiah, lho.

Jangan sampai kelewatan, segera registrasi di laman ini untuk cari tahu informasi seputar dunia bisnis kuliner lainnya. Atau pada formulir yang terlampir di bawah ini.



Simak Video "Siasat Usaha yang Viral agar Tetap Eksis"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com