Renyah Legit! Anggur Prabu Bestari Probolinggo yang Tak Kalah dengan Anggur Impor

M Rofiq Rh - detikFood Senin, 05 Jul 2021 11:30 WIB
Renyah Legit! Anggur Prabu Bestari Probolinggo yang Tak Kalah dengan Anggur Impor Foto: detikFood
Probolinggo -

Buah anggur Prabu Bestari merupakan buah anggur Probolinggo yang terkenal. Bentuknya besar dengan rasa manis legit berair. Tak kalah enak dengan anggur impor.


Kota Probolinggo dikenal sebagai kota "Bayuangga"atau angin. Kota ini juga dikenal sebagai penghasil anggur dan mangga. Bahkan anggur Prabu Bestari menjadi buah ikon Kota Probolinggo. Rasanya manis dan segar, tidak kalah dengan buah anggur impor.

Hanya saja, belakangan tanaman anggur Prabu Bestari sulit ditemukan, hingga nyaris hilang. Dengan kondisi ini, salah satu warga di Kota Probolinggo, Probi Fadli Rohman (40), warga Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kedupok, Kota Probolinggo, Jawa Timur, berhasil melestarikan buah anggur 'Prabu Bestari'.


Kebun anggur ini sengaja di tanam Probi Fadli Rohman, di depan halaman rumahnya dan rumah milik keluarga besarnya. Di halaman seluas20 x 12 meter, yang awalnya hanya berupa tanah lapang, disulap menjadi kebun anggur yang rindang. Selain bisa untuk berteduh, hasil buah anggurnya bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Renyah Legit! Anggur Prabu Bestari Probolinggo yang Tak Kalah dengan Anggur ImporRenyah Legit! Anggur Prabu Bestari Probolinggo yang Tak Kalah dengan Anggur Impor Foto: detikFood



Probi dan keluarganya sengaja terus melestarikan anggur Prabu Bestari dan diselingi beberapa tanaman jenis anggur lainnya. Karena buah anggur ini merupakan salah satu ikon kota tempat tinggalnya.

Ada beberapa jenis anggur yang ditanam, mulai anggur Lavale, Autum Royal, Jupiter, Alfonso, Carolline hingga anggur 'Prabu Bestari'.

Bapak dua anak ini menanam anggur sejak tahun 2019 lalu, dan saat ini sudah menikmati hasilnya. Anggur 'Prabu Bestari' per kilogramnya dijual dengan harga Rp 25.000. Pembeli boleh memetik langsung dari tangkainya atau yang sudah siap dikonsumsi.

Renyah Legit! Anggur Prabu Bestari Probolinggo yang Tak Kalah dengan Anggur ImporRenyah Legit! Anggur Prabu Bestari Probolinggo yang Tak Kalah dengan Anggur Impor Foto: detikFood



Cara merawat pohon anggur Prabu Bestari cukup sederhana. Dengan ketelatenan, mulai memangkas daun kering memotong buah yang terlalu lebat, agar buah tidak terlalu padat karena buah bisa busuk.

Dalam setahun, anggur ini bisa dipanen hingga dua kali. Yang paling bagus anggur berbuah pada saat di musim kemarau, jika sering terkena hujan, anggur ini mudah busuk.

Untuk rasa, jangan khawatir pasti tidak kalah dengan anggur impor. Rasanya renyah, legit dan segar, kadar airnya juga sangat tinggi, hingga membuat penikmatnya ketagihan buah anggur yang satu ini.

Perlu dicatat kandungan vitamin C nya, sangat dibutuhkan tubuh kita di saat pandemi COVID- 19. Kandungan vitamin C juga bisa menjaga imunitas tubuh dari serangan segala macam penyakit.

Renyah Legit! Anggur Prabu Bestari Probolinggo yang Tak Kalah dengan Anggur ImporRenyah Legit! Anggur Prabu Bestari Probolinggo yang Tak Kalah dengan Anggur Impor Foto: detikFood



Salah satu penikmat buah anggur Prabu Bestari, Duwita (35), menyebutkan buah anggur ini selain rasanya manis dan segar, buahnya besar. Selain bisa menikmati dengan cara memetik sendiri. Di saat musim buah anggur, pembeli bisa bersantai sambil berwisata petik buah anggur langsung dari pohonnya.

"Buah anggur Prabu Bestari, warnanya hitam dengan rasanya manis, selain buahnya besar rasanya manis dan segar tidak kalah dengan buah anggur impor. Perlu dan wajib setiap warga Kota Probolinggo, melestarikan buah anggur ikon Kota Probolinggo. Selain anggur Prabu Bestari, ada juga buah mangga manalagiyang enak. Selain ikut melestarikan dan menjaga polisi udara, juga bisa mendatangkan rupiah" ujar Duwita, penikmat buah anggur Prabu Bestari pada detikcom (3/7).

Menurut Probi Fadli Rohman, pelestari dan petani anggur Prabu Bestari, sudah waktunya kita bersama melestarikan buah anggur Prabu Bestari, yang hampir punah dari tanah Kota Probolinggo. Tidak sulit perawatannya, hanya di saat santai dan waktu kosong, kita perlu memotong daun dan memotong buah agar tidak terlalu lebat, karena bisa membuat buah busuk, juga tanamam ini bisa menjadi pelindung dari pancaran sinar matahari secara langsung.

Renyah Legit! Anggur Prabu Bestari Probolinggo yang Tak Kalah dengan Anggur ImporRenyah Legit! Anggur Prabu Bestari Probolinggo yang Tak Kalah dengan Anggur Impor Foto: detikFood



"Kita tanam di halaman depan rumahnya dan rumah keluarga besar, untuk perawatan perlu ketelatenan. Yang banyak ditanam warga anggur Prabu Bestari, dan juga menanam jenis anggur-anggur lainnya. Untuk anggur Prabu Bestari merupakan buah ikon Kota Probolinggo.

Anggur Prabu Bestari manisnya tidak kalah dengan anggur impor.Ukuran buahnya besar agak lonjong dan warnanya menarik. Ini membuat orang tergoda untuk memakannya. Kalau dirawat dengan baik manisnya dan rasanya tidak kalah dari anggur luar negeri. Pohonnya memang perlu dirawat karena kalau tidak dirawat tidak mau berbuah, dan buahnya bisa laku dijual untuk penghasilan tambahan. Anggur Prabu Bestari sangat laku di pasaran" tegas Probi pada detikcom.

Penasaran dengan sensasi rasa anggur "Prabu Bestari"? Kamu bisa datang ke Kota Probolinggo untuk membeli langsung siap santap, dan bisa memetik langsung dari tangkainya.



Simak Video "Geliat Produsen Sale Pisang Anggur di Tengah Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com