Hangatnya Mie Pendalungan Berbumbu Rempah dari Probolinggo Untuk Berbuka

M. Rofiq - detikFood Senin, 19 Apr 2021 12:00 WIB
mie pedalungan di Probolinggo yang enak untuk buka puasa. Foto: detikFood/M. Rofiq
Jakarta -

Mie kuah nyemek dengan bumbu rempah ini jadi favorit buka puasa warga Probolinggo. Rasanya gurih, pedas dan enak dimakan selagi hangat.

Dikenal dengan nama mie Pendalungan, merupakan sajian mie kuah nyemek gaya Jawa namun diberi sentuhan bumbu Madura. Jika umumnya mie hanya dibumbui bawang putih, mie Pendalungan memakai banyak rempah-rempah hingga memberi rasa pekat yang menghangatkan badan.

Mie Pendalungan dijual di kedai Mas Bro di Jalan Brantas 12, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo. Sajian mie di sini memakai banyak bumbu rempah hingga terasa pedas hangat.

Kedai milik Pasutri Singgih Wijanarko (60) yang akrab disapa Mas Bro dan Muspijati (53).

mie pedalungan di Probolinggo yang enak untuk buka puasa.mie pedalungan di Probolinggo yang enak untuk buka puasa. Foto: detikFood/M. Rofiq

"Mie Pendalungan sudah kami jual sejak tahun 2016, dan alhamdulillah sudah banyak pelanggan. Racikan Mie Pendalungan memakai bum rempah komplet dari tanah Jawa. Tidak memakai bumbu dari bahan kimia. Cocok dihidangkan untuk menu berbuka puasa di bulan Ramadan, bisa makan di warungnya atau pesan secara online," ujar Mas Bro yang juga disapa Cak Singgih.

Bumbu rempah yang dipakai antara lain jahe, merica, keningar, jinten, cabe, bawang daun dan bawang merah dan putih, serta serai. Racikan rempah komplet ini terlihat dari kuah mie yang cokelat kemerahan.

Aroma gurih harum bumbu rempahnya langsung tercium saat mie Pedalungan disajikan. Seperti mie Jawa, mie Pedalungan disajikan dalam piring cekung dengan genangan kuah merah kecokelatan. Bukan kuning kerih seperti mie Jawa.

Isiannya berupa mie lidi kuning yang mulur empuk, dilengkapi potongan sawi, tomat, cincangan seledri dan taburan bawang merah goreng. Sebagai pelengkap seiiris mentimun dijadikan topping.

mie pedalungan di Probolinggo yang enak untuk buka puasa.mie pedalungan di Probolinggo yang enak untuk buka puasa. Foto: detikFood/M. Rofiq

Hirupan pertama kuahnya langsung terasa pedas rempah dan gurih. Mienya empuk dan porsinya tidak terlalu besar. Yang juara memang kuahnya. Karena tak pelit bumbu, racikan rempah memberi rasa hangat yang enak di mulut. Tak heran banyak orang ketagihan apalagi seporsi dijual Rp 10.000 saja.

"Selain harga tidak membuat kantong jebol, juga Mie Pendalungan merupakan kuliner khas Kota Banger, dan kami tunggu kedatangan para penggila kuliner dari luar kota maupun dalam kota," ungkap Singgih.

Selain menjual Mie Pedalungan, juga kedai Mas Bro juga menjual makanan lain, seperti Mie Aceh, Mie Jawa, Mie Hongkong, Goreng Jawa dan Nasi Goreng Tapal Kuda.

Kedai mie Pendalungan ini juga melayani pembelian secara online, dan antar ke rumah melalui WA 088235605380. Di bulan ramadhan banyak pembeli yang khusus datang untuk berbuka puasa di kedai Mas Bro ini.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Es Cendol untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com