Sili Asap Sambal, Olahan Ikan Sili yang Pedas Mantap Khas Lamongan

Eko Sudjarwo - detikFood Minggu, 04 Jul 2021 11:30 WIB
Sili Asap Sambal, Olahan Ikan Sili yang Pedas Mantap Khas Lamongan Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan -

Di Lamongan ada olahan ikan khas bernama sili asap sambal. Dibuat dari ikan sili yang sudah diasapi kemudian dipadukan sambal pedas mantap.

Sebagian warga Lamongan tentunya tidak asing dengan ikan yang satu ini. Ikan sili atau mastacembelus sp ini selalu menjadi lauk favorit saat menyantap masakan khas Lamongan. Ikan air tawar ini semakin sedap diolah jadi sili asap sambal.

Rasa pedas yang pas dan aroma ikan sili asapnya makin menggugah siapapun penyuka masakan pedas. Di Lamongan, ikan sili tidak hanya menjadi lauk Nasi Boran tapi juga dijadikan sili asap sambal. Menu ini bisa ditemui di salah satu warung makan di sana, warung SMS di Jalan Sumargo Lamongan.

"Sili asap sambal ini bumbunya seperti bumbu Na;o tapi sebenarnya adalah sambal," kata sang pemilik warung, Faizah saat berbincang dengan wartawan, Sabtu (3/7/2021).

Faizah yang mulai membuka warung sejak 2007 ini mengaku, masakan di warungnya memang kebanyakan masakan pedas. Menu ini, menurut Faizah, identik sebagai masakan pedesaan yang jarang ditemukan di warung-warung kebanyakan. "Awalnya buka warung di tepi jalan dengan menu sama seperti saat pada 2007 lalu. Kalau masakan saya, bumbu lengkap hingga terasa pedas yang identik seperti masakan pedesaan," ujarnya.

Sili Asap Sambal, Olahan Ikan Sili yang Pedas Mantap Khas LamonganSili Asap Sambal, Olahan Ikan Sili yang Pedas Mantap Khas Lamongan Foto: Eko Sudjarwo


Untuk sili asap sambal, Faizah menyebut memang sekilas seperti bumbu Bali. Namun sebenarnya itu sambal. Paduan bumbu dan terasinya yang khas serta aroma ikan asap membuat sili asap sambal ini digemari. "Karena ikan sili sendiri cocoknya dimasak seperti itu, kalaupun dimasak penyetan nampak tak sedap serta tak cocok," ujarnya.

Selain makan di tempat, ikan sili asap ini ternyata banyak dipesat untuk pertemuan hingga untuk jamuan tamu di rumah. Setiap harinya selalu ada saja pelanggan yang memesan sili asap sambal. Biasanya, pelanggan itu memesan 10 hingga 20 ekor ikan sili dalam sekali pesan.

Selain sedap karena diasap, lezatnya daging sili asap yang cukup banyak ini membuat makan terasa semakin nikmat. "Untuk satu porsi ikan sili asap seharga Rp 25 ribu, tergantung mahal tidaknya ikan sili saat membeli di pasar karena ikan sili ini memang agak susah didapat," jelasnya.

Selain ikan sili, warung milik Faizah ini sebenarnya juga menyajikan beragam masakan dengan menu rumahan lainnya. Ada menu masakan sayur asem kutuk (ikan gabus), lodeh kutuk, ikan keting, lodeh Pe, lodeh tengiri dan beragam masakan lainnya. "Dalam satu hari bisa sampai 30 ekor ikan sili habis, kalau ramai tentunya bisa sampai 40 ekor setiap hari," imbuhnya.

Salah seorang pelanggan sili asap sambal ini adalah Muhammad Zamroni. Ia mengaku sering menikmati masakan di warung yang berada di dalam kota Lamongan ini. Masakan favoritnya, aku Zamroni, adalah sili asap sambal karena pedas dan aromanya yang khas ikan asap.

Sili Asap Sambal, Olahan Ikan Sili yang Pedas Mantap Khas LamonganSili Asap Sambal, Olahan Ikan Sili yang Pedas Mantap Khas Lamongan Foto: Eko Sudjarwo

"Kelezatan ikan sili memang tak diragukan. Apalagi saat ikan ini habis, duri ikan ini tidaklah mengganggu waktu makan dan durinya rapi berjejer di tengah dan menu favorit saya di sini ya sili asap sambal ini, lainnya ya lodeh kutuk," terang Zamroni.

Ikan sili memang berbeda dengan ikan-ikan air tawar lain yang banyak dibudidayakan, ikan sili masih tergolong sulit dibudidayakan. Ikan ini agak susah dibedakan mana kepala mana ekor karena bentuk tubuhnya melancip depan belakang.

Ikan sili dapat ditemukan di pinggiran sungai, terutama sungai Bengawan Solo yang membentang di tengah Lamongan. "Lebih susah dicari untuk sekarang ini, karena musim kemarau sehingga kalaupun ada tentunya harga lebih mahal," imbuh Faizah.

Faizah mengaku cukup sulit mendapatkan ikan ini karena ikan ini adalah ikan musiman, dan kalaupun ada, akan cepat habis karena banyak yang ingin menikmati kelezatannya. "Kalaupun minim ikannya di pasaran, saya biasanya melakukan pembelian 10 ekor ikan sili agar tidak mengecewakan pelanggan saat membeli," tutupnya.



Simak Video "Kelezatan Nasi Boran Ikan Sili Bumbu Pedas"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com