Cicip Kuliner Kaki Lima Surabaya, Begini Respon YouTuber Asal Amerika

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 26 Mei 2021 19:00 WIB
Cicip Kuliner Kaki Lima Surabaya, Begini Respon YouTuber Asal Amerika Foto: YouTube/Alexander White
Jakarta -

Surabaya merupakan surga kuliner kaki lima. Begini keseruan YouTuber Amerika yang cicipi rawon hingga soto lamongan.

Indonesia merupakan surga jajanan dan kuliner kaki lima. Hampir setiap kota punya kuliner kaki lima yang unik. Hal ini menjadi daya tarik wisatawan lokal dan asing.

Tidak heran banyak sekali turis yang tidak akan melewatkan untuk mencicipi kuliner kaki lima Indonesia. Seperti seorang YouTuber yang mengabadikan momen mencicipi makanan Indonesia pertama kalinya melalui vlog yang diunggah.

Cicip Kuliner Kaki Lima Surabaya, Begini Respon YouTuber Asal AmerikaCicip Kuliner Kaki Lima Surabaya, Begini Respon YouTuber Asal Amerika Foto: YouTube/Alexander White

Salah satunya seperti akun YouTube @Alexander White (21/5) turis asal Amerika Serikat ini yang sementara tengah tinggal di Bali. Semasa tinggal di Indonesia, ia tidak melewatkan kesempatan untuk mengunjungi beberapa kota, termasuk Surabaya.

Bersama dengan seorang teman, White menyambangi beberapa tempat untuk mencoba makanan-makanan khas Indonesia. Ada soto Lamongan, Rawon Setan hingga Minimarket Drive Thru.

Baca juga: Seru Banget! Bule Ini Cobain Serabi hingga Wajik di Pinggir Jalan

Pertama-tama, Alex mencoba Soto Ayam Lamongan Cak Lan. Sebagai turis asing, ternyata Alex sangat menyukai soto dengan sambal. Ia mengatakan bahwa soto tersebut rasanya sangat enak.

"Ada bihun, kol, kuah kaldu, sambal, ayam, telur dan ini terlihat sangat enak. Rasanya benar-benar enak, jeruk nipisnya yang sangat terasa membuat soto ini sangat sempurna," kata White.

Setelah mencicipi soto Lamongan, Alex selanjutnya menyambangi kedai Rawon Setan. Ia memesan seporsi rawon lengkap dengan nasi, kecambah dan sambal.

Cicip Kuliner Kaki Lima Surabaya, Begini Respon YouTuber Asal AmerikaCicip Kuliner Kaki Lima Surabaya, Begini Respon YouTuber Asal Amerika Foto: YouTube/Alexander White

Suatu pemandangan unik dijumpai oleh White. Berbagai jeroan sapi yang digoreng juga disajikan bersamaan dengan rawon. Salah satunya dari jeroan yang dicobanya adalah paru goreng.

"Paru untuk pertama kalinya. Rasanya sangat kenyal hampir seperti lemak ya, enak rasanya," kata White.

White begitu menyukai rawon. Ia mengetahui rawon tersebut dari komentar para penontonnya di YouTube, hingga akhirnya ia langsung mencoba rawon dengan tempat yang direkomendasikan. White cukup terkejut karena ternyata rasanya berbeda dan benar-benar enak.

Setelah selesai makan rawon, White masih melanjutkan perjalanan kulinerannya. Menggunakan sebuah sepeda motor dan berboncengan dengan temannya, mereka berpindah-pindah tempat dan mencoba makanan-makanan di tempat yang lainnya.

Setelah rawon, White dan temannya melanjutkan untuk mencicip seafood bakar yang dijual di tenda pinggir jalan. Duduk lesehan di atas terpal di emperan toko serta cuci tangan pada sebuah mangkuk stainless steel menjadi hal yang sangat unik untuknya karena baru merasakannya saat itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Mencicipi Belut Goreng Surabaya yang Nagih Banget!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com