ADVERTISEMENT

Buat Pemula, Lakukan 4 Hal Ini agar Sukses Jalani Bisnis Kuliner

Inkana Putri - detikFood
Selasa, 29 Jun 2021 14:11 WIB
Ilustrasi bisnis kuliner
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Bisnis kuliner memang sering jadi pilihan karena menjanjikan untung yang besar. Terlebih di masa pandemi ini, bisnis kuliner nampaknya jadi salah satu bisnis yang banyak diminati masyarakat.

Selain cukup mudah dijalankan, bisnis kuliner juga kerap disebut bisnis abadi. Apalagi kuliner cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Namun, bagi para pemula sebaiknya memperhatikan 4 tips ini yang dilansir dari berbagai sumber ini sebelum menjalani bisnis.

1. Kenali Pasar

Langkah pertama bagi pemula dalam mulai berbisnis adalah mengenali pasar atau target penjualan. Pasalnya, hal ini akan mempermudah Anda untuk mengembangkan bisnis nantinya. Untuk menentukan pasar, cobalah untuk kenali target berdasarkan baik dari usia, jenis kelamin, kebiasaan dan lainnya. Pahami juga hal-hal yang sedang hits di dunia kuliner. Selanjutnya, Anda bisa pahami perilaku target dan memutuskan produk yang akan dijual.

2. Pilih Lokasi Strategis

Lokasi strategis adalah salah satu kunci utama dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memilih lokasi yang sesuai dengan target pasar. Untuk bisnis kuliner, pastikan juga lokasi usaha Anda mudah dijangkau oleh konsumen. Jika target pasar Anda karyawan, cobalah untuk memilih lokasi yang dekat dengan perkantoran, stasiun atau halte. Namun, jika targetnya adalah milenial atau remaja, Anda bisa memilih lokasi yang berdekatan dengan sekolah atau kampus.

3. Cari Tim yang Solid

Membangun bisnis yang sukses tentunya butuh kerja sama tim yang solid. Jadi, pastikan Anda teliti dalam setiap perekrutan karyawan. Satu tim bisnis juga sebaiknya berisi beragam individu dengan keterampilan yang berbeda. Dengan demikian, Anda akan dapat menyatukan pikiran dan mencapai tujuan yang diinginkan dengan bantuan orang lain yang memiliki keahlian yang bervariasi dan saling melengkapi.

4. Jangan Salah Keluarkan Modal

Bicara soal bisnis tentu bicara juga soal modal. Saat mulai berbisnis, modal bisa dibilang menjadi hal yang amat perlu diperhatikan. Modal membuka bisnis kuliner tentunya bervariasi, bergantung dengan jenis produknya. Beberapa bisnis franchise misalnya, ada yang meminta untuk membayar full di awal atau membayar sebagian di muka. Namun, hal ini tentu akan memperlama masa pembayaran.

Untuk itu, selalu pastikan untuk mengeluarkan modal sesuai budget dan perhitungan yang tepat. Jika Anda menggunakan modal sendiri, buatlah juga kesepakatan dengan pemilik franchise atau pihak terkait lainnya. Pastikan juga untuk mengetahui seluruh syarat dan ketentuan pembayaran.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda ikuti sebagai pemula dalam berbisnis kuliner. Untuk tahu lebih dalam tentang membangun bisnis kuliner dari ahlinya, Anda bisa mengikuti webinar yang diselenggarakan Kraft Heinz Food Service Institute.

Mengusung tema 'Tangguh Hadapi Pandemi, hingga Panen Cuan di Awal Merintis Bisnis dengan Ciptakan Inovasi Baru', Anda bisa mendapatkan insight dari pengusaha sukses serta expert di bidang usaha kuliner untuk membantu menemukan inovasi menu baru yang sulit ditiru.

Acara ini bisa nantinya bisa disaksikan pada 29 Juli 2021 melalui streaming di platform detikcom. Menarik sekali, bukan? Yuk, ikutan supaya bisnis kuliner yang dirintis bisa semakin berkembang.

Di webinar ini, akan ada juga peserta beruntung yang akan mendapatkan hadiah promosi melalui artikel di detikcom. Selain itu, 10 bisnis terpilih juga punya kesempatan untuk mengikuti eksklusif coaching session dari Ultra Indonesia, APCA dan ACP Indonesia serta mendapat tambahan modal senilai puluhan juta rupiah, lho. Jangan sampai kelewatan, segera registrasi di laman ini atau pada formulir yang terlampir di bawah ini.



Simak Video "Cuan Aman Saat Gencar Promosi"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT