Gotong Royong Warga Grabag Dirikan Dapur Umum untuk Pasien Covid-19

Eko Susanto - detikFood Minggu, 27 Jun 2021 09:30 WIB
Gotong Royong Warga Grabag Dirikan Dapur Umum untuk Pasien Covid-19 Foto: detikcom/Eko Susanto
Magelang -

Para ibu di desa Grabag mendirikan dapur umum. Mereka membuat nasi bungkus untuk dikirim ke warga dusun di desa tetangga yang terpapar COVID-19.

Pembukaan dapur umum di Dusun Rejosari, Desa Grabag, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dilakukan karena rasa solidaritas agar wabah atau pandemi ini segera berakhir. Mereka bergotong royong membuat dapur umum untuk mamasok makanan bagi warga yang menjalani isolasi mandiri karena terpapar Corona.

Dari data yang diperoleh dari Kecamatan Grabag, Rabu (23/6), warga Desa Sidogede yang terpapar Covid-19 ada 108. Mereka yang terpapar virus ini tersebar di Dusun Kalangan 30, Pagonan 75 dan Dusun Kaligintung 3 orang. Untuk itu, dapur umum telah mulai dibuka sejak, Minggu (20/6) hingga proses isman berakhir.

Gotong Royong Warga Grabag Dirikan Dapur Umum untuk Pasien Covid-19Gotong Royong Warga Grabag Dirikan Dapur Umum untuk Pasien Covid-19 Foto: detikcom/Eko Susanto

Adapun suplai makanan ini sehari dilakukan dua kali, siang dan sore hari. Untuk siang sekitar pukul 11.00 WIB, kemudian sore sekitar pukul 16.00 sampai 17.00 WIB. Khusus untuk pengiriman makanan pada sore dilakukan dua kali sekaligus untuk makan pagi esoknya.

Koordinator Lapangan Dapur Umum, Tadi Joko Wasito mengatakan, gagasan awalnya pembuatan dapur umum dengan teman-temannya karena peduli terhadap sesama warga Desa Sidogede yang terkena COVID-19. Kemudian disepakati membuat dapur umum untuk menyuplai makanan yang isoman.

"Gagasan sama teman-teman kan peduli sama mereka yang di Sidogede karena terkena COVID-19. Kita sama rekan-rekan ayo bantu, menurut kita bikin dapur umum saja. Kalau dapur umum kan mereka (terpapar) biar stay di rumah, kemudian kita suplai makanan mateng," kata Joko, Jumat (25/6/2021).

Mereka bergotong royong membuat dapur umum, kemudian setelah berjalan ada yang berdonasi diterima. Kendati demikian, donasi yang diterima dalam bentuk bahan mentah baik itu beras, sayur mayur maupun lainnya. Sedangkan donasi dalam bentuk uang tidak diterima, hal ini untuk menghindari terjadinya fitnah.

Gotong Royong Warga Grabag Dirikan Dapur Umum untuk Pasien Covid-19Gotong Royong Warga Grabag Dirikan Dapur Umum untuk Pasien Covid-19 Foto: detikcom/Eko Susanto

"Kita tidak menerima donasi dalam bentuk uang karena kita menghindari fitnah. Selama ini takutnya ada yang berkenan, ada bantuan kayak ini kok berbentuk uang bisa disalahgunakan atau apa-apa makanya kita tidak menerima bentuk uang. Kalau ada yang berdonasi bentuk barang ya kita terima," tuturnya.

Untuk dapur umum ada sekitar 20-30 orang relawan yang terlibat. Untuk memasak dilakukan ibu-ibu, kemudian yang lainnya membungkus dan mendistribusikan menuju lokasi. Adapun dapur umur ini dengan Desa Sidogede berjarak sekitar 3 sampai 4 km.

"Sekitar 20-30 orang, yang masak 10, nanti ngemasi dan distribusi 10. Sehari itu kita suplai dua kali. Pertama, jam 11 untuk makan siang, yang kedua jam 4-5 untuk makan malam dan makan besok pagi. Jadi sore itu, kita menyiapkan dua porsi," kata seraya menyebut sekali kirim sampai 220-an porsi.

Dalam mendistribusikan makanan, katanya, biasanya dibantu ada 7 sampai 10 orang, kemudian perangkat desa setempat. Perangkat inilah yang mengetahui masing-masing rumah warga.

Kemudian untuk donasi bahan baku, ada juga donasi dari sejumlah pedagang yang mengirimkan sayur mayur maupun lainnya. Pembukaan dapur umum ini akan dilakukan hingga isolasi selesai.

"Rencana isolasi selesai, mudah-mudahan cepat sehat, kita juga selesai. Ada dari pasar pagi itu juga bantu bahan mentah, sayur-sayur. Terus itu dari pedagang rata-rata suplai kesini," tuturnya yang diiyakan rekannya, Edi Merbabu, Yanto dan Heri Waluyo.

"Mereka berterima kasih sekali. Terima kasih sekali sudah membantu makanan ini. Mereka berharap sekali ada makanan mateng," kata dia.



Simak Video "Mangut Geger Sapi Ini Diklaim Bantu Tingkatkan Vitalitas!"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com