Nyamm! Kenyal Lembut Bakso Sotong Buatan Pak Modin di Demak

Mochamad Saifudin - detikFood Sabtu, 12 Jun 2021 18:00 WIB
Nyamm! Kenyal Lembut Bakso Sotong Buatan Pak Modin di Demak Foto: Mochamad Saifudin
Demak -

Di Demak ada bakso unik dan enak racikan Pak Modin. Kuliner ini memadukan sotong yang gurih kenyal sebagai 'pembungkus' adonan bakso sapi.

Pencinta bakso yang melintas di Demak bisa mampir ke Jalan Loka Jaya, Desa Bango, Demak. Dengan masuk dari Desa Bango, kemudian belok kanan sekitar 300 meter di pertigaan masjid, maka kamu akan sampai ke tempat makan bakso enak bernama Bakso Balungan Mamahe Syarif (Pak Modin) ini.

Pemilik rumah makan, Masrokhan mengatakan, dirinya memulai bisnis bakso sotong lantaran di Demak merupakan wilayah pesisir dan hasil tangkapan nelayannya termasuk sotong. Masrokhan akhirnya beride membuat inovasi bakso sotong tersebut.

"Saya membikin inovasi dan mengkreasikan bakso sotong ini puasa kemaren (tahun ini)," terangnya.

Nyamm! Kenyal Lembut Bakso Sotong Buatan Pak Modin di DemakNyamm! Kenyal Lembut Bakso Sotong Buatan Pak Modin di Demak Foto: Mochamad Saifudin

Dirinya menjelaskan, di dalam sotong tersebut terdapat adoan bakso dari gilingan daging sapi.

"Kreasinya itu bakso sotong itu saya campurkan atau padatkan dengan gilingan sapi murni," terang Masrokhan yang juga menjabat sebagai Modin desa tersebut.

Selain bakso sotong, di sini juga ada kreasi bakso urat. Menu lainnya tak kalah beragam seperti bakso tumpeng, koyor, urat, balungan, dan lainnya.

Nyamm! Kenyal Lembut Bakso Sotong Buatan Pak Modin di DemakNyamm! Kenyal Lembut Bakso Sotong Buatan Pak Modin di Demak Foto: Mochamad Saifudin

Terkait hargapun relatif murah, Masrokhan mengatakan, bakso sotong dibanderol mulai dari Rp 17 - 25 ribu, sedangkan bakso urat dari harga Rp 20 - 25 ribu, sesuai ukuran yang diinginkan.

Meski cenderung baru, rumah makan bakso ini sudah ramai dibicarakan di media sosial dan ramai pengunjung. Seperti halnya seorang pengunjung dari desa sebelahnya, Bolo, Nunik (37).

Nunik yang datang bersama suami dan seorang anaknya mengaku mendapatkan informasi tersebut dari media sosial, sehingga ingin mencobanya langsung. Menurutnya, bakso di tempat tersebut daging cuminya gurih, dan kuahnya sedap.

Nyamm! Kenyal Lembut Bakso Sotong Buatan Pak Modin di DemakNyamm! Kenyal Lembut Bakso Sotong Buatan Pak Modin di Demak Foto: Mochamad Saifudin

"Baksonya mantab, lain dari yang lain, ini terbuat dari cumi, terkenalnya bakso sotong juga, di dalamnya cumi itu ada gilingan daging sapi, rasanya enak, gurih, mantab," terang Nunik.

"Di tempat lain belum pernah, hanya di sini (mencoba bakso sotong)," ujar Nunik.

Bakso sotong atau bakso cumi memang tengah jadi tren setahun ke belakang. Banyak penjual bakso menawarkan menu bakso inovatif ini. Seperti halnya Overstars Lobster di Depok, Jawa Barat.

Tempat makan bakso ini viral usai membuat menu Bakso Cumi Gajah. Berupa adonan bakso sapi yang dibungkus cumi. Harga per porsinya sekitar Rp 35 ribu. Banyak penikmat bakso penasaran dengan paduan unik ini.

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com