Sebelum Tenar Sebagai Odading, Jajanan Ini Disebut Kontol Pesok

Imam Suripto - detikFood Senin, 31 Mei 2021 08:00 WIB
Sebelum Tenar Sebagai Odading, Jajanan Ini Disebut Kontol Pesok Foto: detikcom/Imam Suripto
Bantul -

Jajanan tradisional dari terigu ini sudah ada sejak lama. Orang zaman sekarang menyebut odading. Padahal, sebelum nama odading tenar, orang menamainya Kontol Pesok.

Odading dikenal juga dengan nama kue bantal atau bolang-baling. Jajanan ini merupakan adonan roti manis yang dibentuk segi empat atau lonjong tebal dengan taburan wijen lalu digoreng kering. Umumnya dijual panas-panas oleh penjual cakue datau gorengan.

Meski nama odading sekarang lebih tenar, namun masih banyak yang menyebutnya kontol pesok. Kelamin pria disematkan pada jajanan ini karena bentuknya lonjong. Tekstur jajanan ini lembut dan mudah peyot atau pesok kalau ditekan jari. Makanya, orang dulu menamainya jajanan ini Kontol Pesok.

Sebelum Tenar Sebagai Odading, Jajanan Ini Disebut Kontol PesokSebelum Tenar Sebagai Odading, Jajanan Ini Disebut Kontol Pesok Foto: detikcom/Imam Suripto

Di kawasan kota Brebes, Jawa Tengah, jajanan ini bisa ditemui di Jalan Sultan Agung. Sekitar 200 meter ke selatan dari pertigaan jalan pantura ke arah Kecamatan Jatibarang. Pedagang buka dari jam 05.00 sampai siang.

Jhoni (40) warga kampung Saditan Kelurahan Brebes adalah salah satu yang masih berjualan jajanan kontol pesok. Selain kontol pesok, Jhoni juga membuat piscok, cakwe, roti tape dan jajanan lain yang dibuat dari terigu.

Dengan menggunakan gerobak, dia mangkal di pinggir jalan untuk menjaring pembeli. Jhoni mengaku sudah berjualan kontol pesok sejak 2016 lalu.

Sebelum Tenar Sebagai Odading, Jajanan Ini Disebut Kontol PesokSebelum Tenar Sebagai Odading, Jajanan Ini Disebut Kontol Pesok Foto: detikcom/Imam Suripto

"Dulu ikut orang membantu jualan kontol pesok dan sejenisnya. Tapi sekitar 2016 dia membuka sendiri jualan kontol pesok," tutur Jhoni di sela menggoreng kontol pesok pesanan pembeli.

Ditemui di tempat mangkalnya Minggu (30/5/2021), Jhoni mengaku bisa menghabiskan 12 kg terigu dengan omzet sekitar Rp.1 juta.

"Mengenai harga, satu kontol pesok dibandrol Rp.1000," pungkasnya.

Jajanan ini banya dicari pembeli. Kontol pesok buatan Jhoni terasa lembut dan manis gurih. Saat kondisi hangat, paling enak disajikan bersama secangkir kopi atau teh.



Simak Video "Masak Masak: Resep Odading Rumahan ala Chef Martin"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com