Chef Devina Hermawan Bahagia Bisa Sering Berbagi Resep Selama Pandemi

Erna Mardiana - detikFood Kamis, 13 Mei 2021 16:00 WIB
Chef Devina Hermawan Bahagia Bisa Sering Berbagi Resep Selama Pandemi Foto: Erna Mardiana/detikcom
Bandung -

Chef Devina Hermawan aktif mengunggah video resep di YouTube selama masa pandemi Covid-19. Ia mengaku bahagia bisa membantu banyak netizen lewat resep-resepnya.

Setahun pandemi COVID-19 membuat mobilitas warga sangat terbatas. Namun bagi orang-orang yang kreatif, keterbatasan itu justru membawa semangat baru dan ide-ide cemerlang, seperti yang dilakukan salah satu kontestan jebolan Master Chef Indonesia, Devina Hermawan. Selama pandemi, ia aktif cooking demo dan mengunggahnya di media sosial.

"WFH membuat kita jadi banyak waktu kan, jadi setahun ini saya aktif cooking demo di Youtube, atau live IG, zoom. Jadi selama WFH, ini (cooking demo) yang bisa saya persembahkan," ujarnya saat ditemui di kediamannya di Bandung, beberapa waktu lalu.

Devina mengaku untuk menu masakan yang baru ia buat, sebelum launching ke publik lewat media sosialnya, ia melakukan trial error dahulu. "Kalau makanan yang baru saya bikin, trial error dulu hingga dua kali lah. Jadi biar kita tahu misal apa yang kurangnya, dan kita bisa kasih saran juga pada orang lain yang melihatnya," jelas Devina yang mengaku belajar masak secara otodidak ini.

Chef Devina Hermawan Bahagia Bisa Sering Berbagi Resep Selama PandemiChef Devina Hermawan Bahagia Bisa Sering Berbagi Resep Selama Pandemi Foto: Erna Mardiana/detikcom

Ibu dua anak ini mengaku mulai menyukai dunia memasak saat SMA. Ia kerap membuat masakan saat acara keluarga, teman, juga rekan bisnis. "Sejak kecil suka ikut ibu kalau ke dapur, ya tapi mulai benar-benar sukanya saat SMA," tuturnya.

Ketertarikannya dalam dunia masak memasak ini, membuatnya sempat ikut proyek kafe dan restoran hingga bisnis katering door to door. "Tapi karena pandemi, sekarang katering door to door-nya berhenti," ujar wanita cantik yang sudah meluncurkan dua buku resep ini.

Karena itu pula, Devina dulu mengaku nekat ikut ajang Master Chef Indonesia season 5. Tanpa background pendidikan formil tata boga, Devina berharap ajang itu membuka jalan untuk hobinya. Tampaknya hal itu berhasil, kini ia terkenal menjadi seorang chef. Akun Youtubenya kini diikuti 1,2 juta.

"Iya bersukur banget sudah 1,2 juta (subscribers)," ujarnya.

Chef Devina Hermawan Bahagia Bisa Sering Berbagi Resep Selama PandemiChef Devina Hermawan Bahagia Bisa Sering Berbagi Resep Selama Pandemi Foto: Erna Mardiana/detikcom

Dilihat dari akun Youtubenya, Devina sudah membagikan 268 video cooking demo dalam satu tahun terakhir. "Memang kita harus rajin upload. Hari ini saja saya sudah bikin 3 video untuk diposting buat besok," ujarnya yang mengaku dibantu 4 editor dan satu orang asisten resep.

Wanita yang memiliki sorot mata berbinar ini mengaku, hal yang paling membuatnya bahagia bukan karena jumlah subscribernya yang bertambah, namun apa yang telah ia lakukan ternyata membantu orang lain. Tak jarang ia menerima direct message (DM) di Instagram atau komentar di Youtube dari netizen yang berterimakasih.

"Banyak yang kirim pesan bilang terimakasih karena resep-resep saya menginspirasi dan membantu mereka berbisnis makanan. Saya bahagia sekali, karena ibaratnya kita tuh seniman, master piecenya yang resep kita. Senang bisa memuaskan mereka, tujuannya berhasil," tuturnya.

Selain sibuk jadi content creator, Devina juga sebentar lagi akan meluncurkan buku resep ketiganya. Dua buku sebelumnya pernah ia buat adalah Indonesian Fusion Foods dan Yummy 76 Favorit Menu Anak.

"Tahun ini launching buku lagi, cita rasa outentik, jadi resep-resep makanan populer yang bisa dimasak di rumah tapi rasa tidak kalah dari resto mahal," tutupnya.

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com