Ayam Tempayan Khas Kudus dengan 7 Sambal Ini Cocok Buat Sajian Lebaran

Dian Utoro Aji - detikFood Selasa, 11 Mei 2021 14:30 WIB
Ayam Tempayan Khas Kudus dengan 7 Sambal Ini Cocok Buat Sajian Lebaran Foto: Dian Utoro Aji/detikFood
Kudus -

Di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah ada ayam bakar unik. Ayam dibakar di dalam tempayan besar menggunakan arang hingga aromanya sedap.

Biasanya ayam bakar dibakar di atas bara api arang atau kompor. Namun, olahan ayam ini dibakar di dalam tempayan atau gentong dengan arang. Olahan ayam di Kudus ini pun cocok untuk menu saat lebaran nanti.

Ayam tempayan bisa ditemui di rumah makan Bundara Ayam Tempayan di Gang 8 RT 1 RW 3 Desa Tanjungkarang Kecamatan Jati. Lokasinya cukup dekat dari pusat Kota Kudus, yakni berjarak 4,5 kilometer atau sekitar 10 menit dengan berkendara.

Ayam Tempayan Khas Kudus dengan 7 Sambal Ini Cocok Buat Sajian LebaranAyam Tempayan Khas Kudus dengan 7 Sambal Ini Cocok Buat Sajian Lebaran Foto: Dian Utoro Aji/detikFood

Warung tersebut merupakan milik pasangan suami istri Muhammad Arwani Amaludin dan Linda Juliana. Linda menceritakan awal membuka warung makan ayam tempayan karena kerjanya di hotel berdampak pandemi virus Corona atau COVID-19. Hingga akhirnya keduanya memutuskan untuk membuka warung makan ayam tempayan.

"Ide awal kita kerja di hotel. Terus masa Corona terus kan mikir juga hasilnya tidak seperti dulu. Jadi mikir kita cari tambahan. Kita mau keluar dari kerjaan apa nggak gitu. Terus akhirnya keluar dari zona nyaman kita bikin usaha apa, terus cari di youtube, IG, lihat terus akhirnya kita bikin ayam tempayan," kata Linda saat ditemui di lokasi, Senin (10/5/2021) petang tadi.

"Suami kan usaha burung, tapi kan sama sedang pandemi burung tidak jalan juga. Kita akhirnya membuka warung ini," sambung dia.

baca juga: Ayam Tempayan Uinuk : Harumnya Ayam yang Dibakar dalam Tempayan

Ayam Tempayan Khas Kudus dengan 7 Sambal Ini Cocok Buat Sajian LebaranAyam Tempayan Khas Kudus dengan 7 Sambal Ini Cocok Buat Sajian Lebaran Foto: Dian Utoro Aji/detikFood

Linda menjelaskan ayam tempayan berbeda dengan ayam bakar pada umumnya. Menurutnya karena ayam dibakar di tempayan atau gentong dengan menggunakan arang. Bahkan saat proses pengasapan tersebut membutuhkan waktu hingga empat jam lamanya.

"Daging ayam kita cuci sampai bersih, sampai bener darahnya hilang semua. Habis itu kita rendam pakai bumbu, kita masak sebentar. Rendam lagi sampai 3-4 jam kita rendam. Habis itu kita asap (ditaruh di tempayan), kita angkat lagi kasih bumbu kita asap lagi sampai 4 jam," jelasnya.

Arwani menambahkan karena proses pembakaran di tempayan akan membuat rasa daging ayam sedap dan empuk. Belum lagi ditambah tujuh macam jenis sambal.

"Jadi itu yang bikin sedap karena ada asap dari dalam tempayan itu. Terus di sini ada tujuh sambal sambal lombok hijau, sambal setan, sambal terasi, sambal terong dan sambal ontong. Khasnya di sini sambal ontong," ungkapnya.

Arwani mengatakan meski baru buka belum genap sebulan usahanya sudah dibanjiri pembeli. Dalam sehari bisa menghabiskan sampai 10 potong ayam.

Terkait harga bermacam, untuk paket hemat dipatok Rp 24 ribu, sedangkan untuk paket hampers bisa dikirim harganya hingga Rp 100 ribu.

"Baru buka enam hari, itu hari pertama sudah habis ludes ya. Mungkin pertama kali di Kudus. Antusiasnya bagus," jelasnya.

"Ada paket hamper itu buat oleh-oleh atau kiriman buat teman saudara. Sekiranya tidak bisa makan di sini karena masih pandemi dia nanti bisa dikirimkan," sambung Arwani.

Ayam Tempayan Khas Kudus dengan 7 Sambal Ini Cocok Buat Sajian LebaranAyam Tempayan Khas Kudus dengan 7 Sambal Ini Cocok Buat Sajian Lebaran Foto: Dian Utoro Aji/detikFood

Salah satu pembeli Muhlisah Khfariyani mengaku penasaran dengan rasa ayam tempayan. Menurutnya kuliner tersebut baru pertama kali ditemui di Kudus.

"Ini penasaran dengan rasa ayam tempayan kayak apa. Baru pertama kali ke sini. Ini juga baru satu-satunya di Kudus," kata Lisa ditemui di lokasi petang tadi.

Lisa mengatakan setelah mencicipi ternyata rasa ayam tempayan sedap dan gurih. Menurutnya rasa dagingnya empuk, belum lagi ada varian sambal tujuh macam.

"Rasanya mantap, beda sama lainnya. Ini dibakar di gentong, lebih meresap, empuk banget. Belum lagi sambalnya ada tujuh rasa. Enak pokoknya," ujarnya.

Baca juga: 5 Resep Ayam Bakar Ini Bisa Jadi Sajian Enak untuk Berbuka Puasa



Simak Video "Empuknya Ayam Bakar Tempayan yang Bikin Nagih"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com