Ayam Tempayan Uinuk : Harumnya Ayam yang Dibakar dalam Tempayan

Sonia Basoni - detikFood Senin, 15 Feb 2021 12:00 WIB
Ayam Tempayan Uinuk : Harumnya Ayam  yang Dibakar dalam Tempayan Foto: detikFood
Bogor -

Berbeda dengan ayam bakar lainnya. Ayam bakar yang satu ini dibakar di dalam tempayan besar menggunakan arang kayu rambutan.

Biasanya ayam bakar dipanggang atau dibakar di atas api kompor, api arang atau alat panggang elektrik. Berbeda dengan menu di restoran Ayam Tempayan Uinuk yang terkenal di wilayah Cileungsi, Bogor.

Di sini semua ayam bakar, dibakar di dalam tempayan. Wadah besar atau guci yang dibuat tanah liat atau tembikar. Wadah ini biasanya digunakan untuk menyimpan beras, hingga fermentasi minuman.

Bagian bawah tempayan diisi arang kayu rambutan yang terus menyala. Menghasilkan cita rasa ayam bakar yang unik, dan berbeda dari ayam bakar lainnya.

Berikut beberapa menu yang wajib dicoba jika mampir ke restoran Ayam Tempayan Uinuk.

Baca Juga: Ayam Bakar Pak Atok: Sedap dan Mantap! Ayam Kampung Bakar Gaya Jawa


1. Tempat Makan 'Open Kitchen'

Ayam Tempayan Uinuk : Harumnya Ayam  yang Dibakar dalam TempayanAyam Tempayan Uinuk : Harumnya Ayam yang Dibakar dalam Tempayan Foto: detikFood

Letaknya berada di jalan raya Cileungsi. Tak sulit untuk menemukan restoran Ayam Tempayan Uinuk. Dari luar pun sudah terlihat beberapa tempayan besar.

Mirip seperti restoran lainnya, di sini pengunjung bisa melihat langsung proses masak dan pemanggangan ayam. Tentunya yang membedakannya adalah panggangan tempayan yang tidak bisa ditemukan di restoran lain.

"Kita sudah buka sejak setahun yang lalu. Menurut pemilik restoran, idenya pertama kali muncul dari penjual ayam bakar di Thailand. Banyak ayam bakar yang dipanggang dalam tempayan, jadi kita coba untuk bawa ke sini," jelas Syaiful Anwar, salah satu pegawai di Ayam Tempayan Uinuk ke detikFood (15/02).


2. Ayam bakar dan ikan bakar

Ayam Tempayan Uinuk : Harumnya Ayam  yang Dibakar dalam TempayanAyam Tempayan Uinuk : Harumnya Ayam yang Dibakar dalam Tempayan Foto: detikFood

Menu makanan yang dihidangan di sini cukup beragam. Ada menu ayam bakar satuan hingga satu ekor. Kemudian tersedia juga menu lainnya sepertia nila hingga gurame bakar.

Untuk menu sayurannya juga tak kalah unik. Ada sate sayur tempayan yang terdiri dari isian wortel, terong, tomat hingga bawang bombay yang dipanggang di dalam tempayan.

"Semua tempayan yang ada di sini dibuat dan dikirim langsung dari Cirebon. Selain itu meski dibakarnya di dalam tempayan, tapi prosesnya ini tak lebih dari 15 menit saja. Jadi kalau pesanan pengunjung disajikan lebih dari 15 menit, kita kasih minuman gratis," lanjut Syaiful.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Empuknya Ayam Bakar Tempayan yang Bikin Nagih"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com