Empuk Juicy Sate Ayam di Warung Sate Bunul H. Paino

Luthfi Baiqhaqy - detikFood Selasa, 27 Apr 2021 15:00 WIB
Empuk Juicy Sate Ayam di Warung Sate Bunul H. Paino Foto: detikcom/Luthfi Baihaqy
Malang -

Sate Bunul H. Paino merupakan salah satu rekomendasi sate terenak di Kota Malang. Selain sate kambing dan gule, ada sate ayam yang empuk juicy direndam saus yang mantap.

Sate Bunul H. Paino merupakan salah satu warung sate legendaris di Kota Malang. Tempat ini sudah ada sejak tahun 1974. Didirikan oleh Pak Paino dan kini diteruskan oleh anaknya, Pak Doriyanto.

Sate Bunul H. Paino menawarkan menu spesial varian sate dan gule. Terdapat beberapa pilihan menu sate yang dapat dipilih, diantaranya Sate Kambing Tanpa Lemak, Sate Daging Kambing dengan Lemak, Sate Ati Kambing dengan Lemak, dan Sate Ayam.

Empuk Juicy Sate Ayam di Warung Sate Bunul H. PainoEmpuk Juicy Sate Ayam di Warung Sate Bunul H. Paino Foto: detikcom/Luthfi Baihaqy

Untuk varian gule, tempat ini menawarkan menu Gule, Gule Kokot, Gule Teklik, Gule Daging, Nasi Gule, dan Lontong Gule. Disamping itu, Sate Paino juga punya menu spesial berupa Sop Iga Kambing, Krengsengan Kokot, Rica-Rica Kambing, dan Tongseng.

Menurut Salsa, salah satu pegawai Sate Paino mengungkapkan, menu favorit disini adalah krengsengan kokot yang merupakan bagian telapak kaki kambing yang sudah empuk dipadukan dengan bumbu krengsengan yang pedas khas Sate Paino.

Sedangkan untuk varian sate yang menjadi favoritnya adalah sate daging lemak, selain daging kambingnya yang empuk, dalam setiap tusuk sate juga diselingi dengan lemak kambing yang empuk lumer.

Empuk Juicy Sate Ayam di Warung Sate Bunul H. PainoEmpuk Juicy Sate Ayam di Warung Sate Bunul H. Paino Foto: detikcom/Luthfi Baihaqy

Saat detikcom mampir ke warung sate legendaris ini (05/04) Sate Bunul H. Paino tampak ramai dipenuhi pelanggan. Pada bagian depan warung terdapat dua orang pegawai yang sibuk membakar pesanan sate yang terus mengantre. Pastinya kami tak melewatkan mencicipi sate ayam khas Sate Paino dengan seporsi nasi putih hangat.

Disajikan dalam di piring keramik putih terdapat 10 tusuk sate dan bumbu kacang cokelat pekat yang meluber memenuhi piring. Aroma gurih smokey sate tercium sangat sedap.

Potongan dagingnya besar dan tidak ada selingan potongan lemak. Dicelup bumbu kacang yang agak encer. Tekstur daging ayam yang super lembut juicy. Tanpa dicocol saus kacang juga sudah enak.

Empuk Juicy Sate Ayam di Warung Sate Bunul H. PainoEmpuk Juicy Sate Ayam di Warung Sate Bunul H. Paino Foto: detikcom/Luthfi Baihaqy

Bumbu kacang disini juga lebih lembut, kental dan mantap. Perpaduan rasa manis gurih yang cocok disuap dengan nasi pulen yang masih hangat. Cita rasa ini didapat dari resep keluarga yang turun temurun dan terus dipertahankan.

Satu porsi sate dibanderol dengan harga Rp25.000 untuk sate ayam, Rp 36.000 untuk sate daging lemak dan sate ati lemak, sedangkan untuk sate tanpa lemak Rp45.000. Kemudian untuk satu porsi nasi atau lontong seharga Rp 5.000.

Sate Bunul H. Paino memiliki tempat produksi sendiri di belakang warungnya. Di sana para pegawai mengolah daging ayam dan kambing sendiri mulai dari memotong dan menusuki daging sate.

Empuk Juicy Sate Ayam di Warung Sate Bunul H. PainoEmpuk Juicy Sate Ayam di Warung Sate Bunul H. Paino Foto: detikcom/Luthfi Baihaqy

Untuk proses pembakarannya, terdapat di depan warung, sehingga aroma wangi sate tercium sedap oleh orang yang melewati tempat ini. Sebelum dipanggang sate dibaluri dengan bumbu kecap khusus, kemudian dibakar di atas bara arang sembari dibolak-balik agar matang merata.

Buka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 9 malam 'last order'. Sate Paino ramai saat akhir pekan, tak jarang banyak pengunjung datang dari luar kota. Tak hanya dari rombongan keluarga, banyak kalangan muda yang juga sering mampir untuk menikmati lezatnya Sate Bunul H. Paino. Dalam sehari Sate Bunul H. Paino dapat menjual 500 hingga 1000 tusuk sate.

Sate Bunul H. Paino berada di Jl. Hamid Rusdi Timur IV/315, Bunulrejo, Malang. Selain itu juga dapat ada cabang di Jl. Terusan Kawi dan Singosari, serta memiliki cabang di Surabaya. Sate Paino juga dapat dipesan melalui layanan pesan antar online.



Simak Video "Cita Rasa Unik Sate Buntel Khas Solo yang Legendaris"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com