Nikmatnya Soto Gading Favorit Jokowi Seharga Rp 10 Ribu

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 27 Apr 2021 07:00 WIB
Soto Gading, Favorit Presiden Jokowi Foto: detikFood/Andi Annisa Dwi R
Solo -

Kulineran di Solo terasa kurang lengkap tanpa mencicipi soto. Kalau mau yang berkuah bening dengan rasa gurih menyegarkan, Soto Gading patut jadi pilihan.

Ada banyak rekomendasi soto enak di Solo, salah satunya Soto Gading yang kerap direkomendasikan warga kota batik ini. Racikan soto sederhana ini terbilang legendaris karena sudah ada sejak 1975.

Kelezatan Soto Gading semakin terkenal karena merupakan salah satu makanan favorit presiden Joko Widodo (Jokowi) dan keluarga. Sering kali ia mampir makan Soto Gading saat pulang kampung ke Solo.

Seperti ketika tahun 2018 dimana Jokowi mengajak istri, anak-anak, dan cucunya santap Soto Gading. Layaknya pengunjung biasa, mereka asyik menikmati sajian soto dengan aneka pelengkap.

Soto Gading, Favorit Presiden JokowiSoto Gading, Favorit Presiden Jokowi Foto: detikFood/Andi Annisa Dwi R

Mengenai sejarahnya, pendiri Soto Gading adalah Suharno Siswomartono. Beliau wafat pada 13 Januari 2021 dalam usia 83 tahun. Penyebabnya karena penyakit akibat umur yang sudah tua.

Baca Juga: Pendiri Soto Gading Solo Langganan Presiden Jokowi Wafat

Soto Gading punya beberapa cabang di Solo, termasuk yang utama yaitu Soto Gading I di Jalan Brigjen Katamso. Lalu ada juga Soto Ayam Gading2 Solo di Jalan Veteran Nomor 285.

Konon di balik banyaknya cabang Soto Gading, semuanya dikelola keluarga Suharno Siswomartono. Resepnya juga sama, tutur putra Suharno, Tri Santosa pada detikcom beberapa waktu lalu.

Lokasi Soto Ayam Gading2 Solo tak jauh dari Pasar Gede. Jaraknya sekitar 3,6 km dan bisa dijangkau dengan perjalanan mobil selama 10 menit.

Soto Gading, Favorit Presiden JokowiSoto Gading, Favorit Presiden Jokowi Foto: detikFood/Andi Annisa Dwi R

detikfood (29/3) membuktikan kelezatan Soto Gading secara langsung. Seporsi Nasi Soto Ayam Campur dibanderol Rp 10 ribu saja, sementara Nasi Soto Daging Campur Rp 12 ribu.

Soto diracik hangat-hangat dan disajikan dalam mangkuk kecil. Untuk soto ayam, isiannya suwiran ayam kampung, soun, kentang, seledri, dan bawang goreng.

Sementara soto daging diberi pelengkap tauge, seledri, dan tentu saja irisan daging sapi. Jumlahnya memang tak terlampau banyak, namun cukup mendampingi porsi nasi yang mungil.

Soto Gading, Favorit Presiden JokowiSoto Gading, Favorit Presiden Jokowi Foto: detikFood/Andi Annisa Dwi R

Yang jadi primadona Soto Gading adalah kuah sotonya yang super bening. Rasa gurihnya juga sederhana, asli khas kaldu ayam kampung dan sapi.

Lalu isian daging ayam dan sapinya juga sangat empuk. Rasanya makin nikmat saat dimakan bersama aneka sate di sini. Ada sate telur puyuh, usus, dan paru. Tak ketinggalan tempe goreng yang padat, empuk, dan gurih.

Kepada detikfood, salah satu juru masak Soto Ayam Gading2 yaitu Ibu Meni mengatakan kunci kelezatan kaldu di sini karena dagingnya dimasak lama.

"Masak kaldu itu lama, bisa dari siang sampai sore. Kalau nggak lama merebusnya, sari-sarinya nggak keluar," katanya. Pihaknya lalu menambahkan aneka rempah yang memberi rasa segar pada kuah soto.

Soto Gading, Favorit Presiden JokowiSoto Gading, Favorit Presiden Jokowi Foto: detikFood/Andi Annisa Dwi R

Mengenai penjualan, dalam satu hari Soto Ayam Gading2 bisa menjual lebih dari 300 mangkuk soto. Jumlah ini makin banyak saat akhir pekan.

"Tapi semenjak pandemi Corona, (penjualannya) turun, banyak yang takut makan di luar," katanya.

Nah, bagi kamu penggemar soto ayam maupun soto daging, jangan lewatkan kuliner Solo ini. Soto Ayam Gading2 bisa jadi salah satu pilihan pas untuk mengisi perut. Rumah makan ini buka sejak pukul 6 pagi sampai 3 sore.

Baca Juga: Pulang ke Solo, Presiden Jokowi Ajak Keluarga Makan Soto Gading

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com