Pendiri Soto Gading Solo Langganan Presiden Jokowi Wafat

Bayu Ardi Isnanto - detikFood Kamis, 14 Jan 2021 09:50 WIB
soto Solo Foto: Istimewa
Solo -

Kabar duka datang dari dunia kuliner Nusantara. Pendiri kuliner legendaris Soto Gading Solo, Suharno Siswomartono tutup usia pada Rabu (13/1/2021) malam.

Suharno meninggal pada pukul 21.23 WIB kemarin malam. Dia meninggal karena sakit di RS PKU Muhammadiyah Solo.

"Memang bapak sudah sepuh, 83 tahun. Sebelumnya perawatan di rumah, homecare," kata putra Suharno, Tri Santosa saat dijumpai di rumah duka, Kaliwingko RT 02 RW 01, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, Kamis (14/1/2021).

Soto Gading didirikan oleh Suharno Siswomartono pada tahun 1975. Kini usaha tersebut dikembangkan keluarganya hingga memiliki banyak cabang.

"Ada banyak cabang, semua dikelola keluarga. Resepnya juga sama," ujarnya.

Suasana rumah duka Suharno Siswomartono, pemilik soto gading soloPendiri Soto Gading Solo Langganan Presiden Jokowi Wafat Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Soto Gading selama ini menjadi langganan banyak pejabat. Antara lain beberapa Presiden Indonesia, mulai dari Soeharto, Megawati Soekarnoputri dan Joko Widodo.

"Jadi bukan Pak Jokowi saja, sejak Pak Harto itu sudah diajak ke istana," katanya.

Adapun prosesi pemakaman akan dilaksanakan pukul 10.00 WIB hari ini. Jenazah akan dikebumikan di TPU Daksinoloyo Danyung, Sukoharjo.

Baca Juga: Doyan Soto, Gibran Rakabuming Sarapan Soto Gading hingga Triwindu

Soto Gading sendiri merupakan kuliner favorit dan populer di Solo. Racikan soto legendaris ini berkuah bening dengan isian suun, suwiran ayam, dan taburan bawang merah serta seledri.

Pengunjung bisa pesan mau nasi dipisah atau dicampur dengan soto. Sebagai pendamping soto ayam, Soto Gading menyediakan ragam pelengkap.

Jokowi dan keluarga makan soto bersama di SoloPendiri Soto Gading Solo Langganan Presiden Jokowi Wafat Foto: Foto: Biro Pers Setpres

Semua pelengkap itu dihidang di atas meja. Mulai dari perkedel, tempe bacem, sate usus, paru goreng, sate telur puyuh, sosis solo, babat, dan lainnya.

Nama Gading konon karena letak warung makan tak jauh dari gapura bernama Gading. Tak hanya satu warung, di Jalan Brigjen Katamso, ada berderet warung Soto Gading yang bisa jadi pilihan.

Tahun 2018, Jokowi melalui Instagramnya @jokowi mengunggah beberapa foto yang memperlihatkan keseruan ia dan keluarga makan Soto Gading. Jokowi memboyong keluarganya juga. Mulai dari ibu Iriana, Gibran, Selvi, Kahiyang dan cucunya Jan Ethes.

Baca Juga: Pulang ke Solo, Presiden Jokowi Ajak Keluarga Makan Soto Gading

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com