Yuk! Buka Puasa Nikmat di Wajawa, Rumah Makan Jawa Autentik di Blitar

Erliana Riady - detikFood Jumat, 23 Apr 2021 15:30 WIB
Rumah Makan Wajawa Kopi di Blitar, Jawa Timur. Foto: detikFood/Erliana Riady
Jakarta -

Jelang buka puasa, millenial kerap mencari spot ngabuburit. Sebuah rumah makan di kota Blitar menawarkan suasana alam dan menu istimewa yang kental bernuansa Jawa.

Wajawa Kopi, rumah makan yang terbilang baru ini ada di Jalan Serayu IX No 1A Kecamatan Kepanjenkidul. Lokasinya agak masuk namun mudah dijangkau dari arah kota. Untuk kamu yang suka suasana alam yang asri dan dekat dengan sawah, bisa merapat ke sini.

Begitu melangkah masuk, pemandangan asri dedaunan hijau dan beragam ornamen rumah Joglo terpampang di depan mata. Empat bagian ruangan yang luas, bebas menjadi pilihan pengunjung yang datang. Pengelola sengaja membuat beberapa bangunan terpisah, tanpa merombak kontur asli tanah yang tidak rata.

Rumah Makan Wajawa Kopi di Blitar, Jawa Timur.Rumah Makan Wajawa Kopi di Blitar, Jawa Timur. Foto: detikFood/Erliana Riady

Pada bangunan atas, spot sunset akan terlihat indah dan bebas dipandang tanpa halangan. Sedangkan di bagian bawah, ada tiga bangunan semacam paseban terbuka yang luas dan lebih teduh tempatnya. Kursi-kursi antik tertata apik di dalam dan luar ruangan yang teduh oleh rindangnya pepohonan.

"Konsep kami memang autentik Jawa. Karena keluarga saya suka semua yang bernuansa Jawa. Kami padu dengan taman, jadi yang datang kesini merasa suasana nyaman, udaranya segar dan atmosfernya rileks," ucap Yesi, pemilik Wajawa Kopi, Kamis (22/4/2021).

Ragam menu di sini cocok untuk pencinta masakan Jawa, khususnya Blitar. Bumbunya kaya rempah dengan rasa pedas manis yang mendominasi.

Rumah Makan Wajawa Kopi di Blitar, Jawa Timur.Rumah Makan Wajawa Kopi di Blitar, Jawa Timur. Foto: detikFood/Erliana Riady

Beberapa pilihannya adalah sambal goreng, cumi hitam, udang, tuna pedas. Selain itu juga ada ayam goreng dan empal yang semuanya baru dimasak setelah ada pesanan. Jadi 'fresh from the oven'.

"Pesan gak pedas juga bisa. Selain makanan Jawa, kami juga sediakan menu lain yang lagi update di kalangan anak muda. Terutama varian minumannya yang modern. Kalau yang otentik Jawa ada beras kencur, kunyit asam dan wedang sereh jahe," imbuhnya.

Selama Ramadhan, lanjut Yesi, Wajawa Kopi menawarkan paket berbuka. Dengan harga Rp250 ribu bisa dikonsumsi lima orang. Pembeli biasanya datang lebih awal untuk menikmati suasana asri di Wajawa.

Rumah Makan Wajawa Kopi di Blitar, Jawa Timur.Rumah Makan Wajawa Kopi di Blitar, Jawa Timur. Foto: detikFood/Erliana Riady

Beberapa spot foto yang Instagramable turut disediakan pengelola karena paham dengan gaya hidup milenial.

Seorang pengunjung, Ana mengaku sudah tiga kali datang kesini. Suasana alam yang segar sangat disukainya, apalagi sambil menunggu waktu buka puasa. Selain itu, lidah Ana yang penyuka masakan pedas, cocok dengan rasa masakan yang disajikan di Wajawa.

"Saya selalu pesen yang pedas. Seperti hari ini saya makan cumi pedas. Tektur daging cuminya lembut, baunya tidak amis, masih ditambah sambal yang bikin buka puasa tambah nikmat," ulasnya.

Menurut Ana, rumah makan ini sangat cocok disambangi untuk yang ingin buka bersama (bukber) bareng rekan kerja atau kolega. Selain tempatnya luas, nuansa klasik Jawanya membuat suasana menjadi tenang dan nyaman.



Simak Video "Sambut Ramadhan, Resto hingga Rumah Makan Buka Sampai 22.30 WIB"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/yms)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com