Berita Terpopuler

Hukum Buka Warung Makan Siang Hari Saat Ramadan hingga Tips Cuci Kurma

Diah Afrilian - detikFood Senin, 19 Apr 2021 09:30 WIB
Apa Perlu Mencuci Kurma Sebelum Dimakan? Foto: iStock
Jakarta -

Berikut ini hukum membuka warung makanan di siang hari saat bulan ramadan. Ada juga 10 menu buka puasa yang sehat hingga cara mencuci kurma yang benar.

Saat memasuki bulan ramadan, persoalan tentang makan di siang hari menjadi hal yang sangat sensitif. Tak terkecuali para pedagang yang membuka warung makannya saat siang hari di bulan puasa.

Selain itu, saat bulan ramadan ketika umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa, kesehatan juga harus tetap diperhatikan. Bagi yang berpuasa, makan makanan sehat saat berbuka puasa sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Ada juga buah kurma yang selalu menjadi raja saat bulan ramadan. Tetapi apakah sebelum dimakan kurma harus dicuci dulu? Hal ini masih sering memicu perdebatan.

Berikut ini berita terpopuler detikfood yang menarik perhatian pembaca kemarin (18/4) :

Ini Hukum Membuka Warung Makan di Siang Hari saat Bulan PuasaIni Hukum Membuka Warung Makan di Siang Hari saat Bulan Puasa Foto: iStock

1. Hukum Membuka Warung Makan di Siang Hari saat Bulan Puasa

Saat memasuki bulan ramadan perihal makanan di siang hari menjadi perdebatan kontroversial yang masih belum bisa dihindari. Bahkan hal ini juga membuat beberapa pedagang makanan yang terkena imbasnya.

Belakangan ini sebuah kehebohan muncul dari hukuman yang diberlakukan untuk rumah makan yang buka pada siang hari selama bulan ramadan. Rumah makan yang nekat melayani pelanggan di siang hari dikatakan akan terancam penjara dan denda Rp 50 juta. Aturan tersebut secara resmi dikeluarkan oleh pemerintah kota Serang, Banten.

Dalam surat Imbauan nomor 451.13/335 -Kesra/2021, tentang Peribadatan Bulan Ramadhan dan Idul Fitri diatur, selama Ramadan restoran dan sejenisnya harus tutup pukul 04.30 WIB hingga 16.00 WIB. Lantas, bagaimana hukum membuka warung makan siang hari selama bulan puasa dalam islam?

Baca juga: Ini Hukum Membuka Warung Makan di Siang Hari saat Bulan Puasa

2. 10 Menu Buka Puasa Sehat untuk yang Sedang Diet

sayur sop or vegetable with chicken soup indonesian culinarysayur sop or vegetable with chicken soup indonesian culinary Foto: iStock

Saat sedang berpuasa, konsumsi makanan sehat juga penting untuk diperhatikan untuk menjaga kebugaran tubuh agar dapat berpuasa dengan lancar. Selain itu, menjalankan ibadah puasa juga bukan berarti harus berhenti menjalankan diet.

Beberapa makanan sehat dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Makanan ini juga cocok untuk dikonsumsi bagi kamu yang tetap ingin menjalan diet selama bulan ramadan.

Mulai dari sop ayam kampung hingga orak-arik bayam menjadi menu sehat yang disarankan untuk berbuka puasa dan menjalankan diet selama bukan ramadan. Rekomendasi menu sehat ini tentunya dapat menjadi referensi menu berbuka yang lebih sehat untuk hidangan saat berbuka puasa.

Baca juga: 10 Menu Buka Puasa Sehat, Cocok untuk Kamu yang Sedang Diet

3. Perlukah Mencuci Kurma Sebelum Dimakan?

Apa Perlu Mencuci Kurma Sebelum Dimakan?Apa Perlu Mencuci Kurma Sebelum Dimakan? Foto: iStock

Bulan ramadan identik dengan ibadah puasa dan sajian buah kurma yang akan ditemukan baik saat berbuka maupun sahur. Kurma merupakan buah padat nutrisi yang dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW untuk dikonsumsi selama bulan ramadan.

Terkait kurma, ada hal yang masih cukup membingungkan. Salah satunya terkait praktik cuci kurma sebelum dikonsumsi. Beberapa orang mengatakan bahwa kurma dapat dikonsumsi tanpa harus dicuci terlebih dahulu, sedangkan sebagian lainnya mengatakan bahwa kurma harus dicuci sebelum dimakan.

Apakah benar kurma perlu dicuci sebelum dikonsumsi? Jika iya, bagaimana cara mencuci kurma yang tepat?

Baca juga: Apa Perlu Mencuci Kurma Sebelum Dimakan?



Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/dfl)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com