30 Resep Takjil Buka Puasa

Labu Siram Madu Sirop Rempah, Takjil Sehat Berbuka Puasa

Erliana Riady - detikFood Rabu, 14 Apr 2021 16:00 WIB
Labu Siram Madu Sirop Rempah, Takjil Sehat Berbuka Puasa Foto: Erliana Riady
Blitar -

BLITAR - Puasa pada masa pandemi, ada baiknya memilih takjil yang menyehatkan untuk jaga imunitas tubuh. Labu kuning manis dengan sirop rempah, bisa jadi satu pilihannya.

Djoglo Djatimalang hotel and cafe di Blitar menyajikan menu takjil yang spesial. Menyesuaikan masa pandemi, bahan dan proses pengolahanpun dibuat lebih praktis, murah dan sarat nutrisi.

Labu atau waluh atau labu kuning dipilih sebagai bahan utama. Karena sarat vitamin dan nutrisi untuk kesehatan lambung, apalagi saat puasa. Bagi penderita asam lambung, labu menjadi sayuran yang cocok, sebab labu tidak menimbulkan gas saat dicerna.

Labu Siram Madu Sirop Rempah, Takjil Sehat Berbuka PuasaLabu Siram Madu Sirop Rempah, Takjil Sehat Berbuka Puasa Foto: Erliana Riady

Sayuran yang satu ini juga membantu meringankan kerja saluran pencernaan serta meringkankan gejala pada radang dan iritasi saluran pencernaan. Selain itu, harga labu relatif murah dan mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional.

Baca juga: Ahli Gizi : Berbuka Puasalah dengan Takjil Sehat dan Enak

Chef Anang Setia Pambudi menjelaskan, ia memakai labu buah kuning. Labu dikupas kulitnya lalu dikukus selama 10 menit. Untuk menjaga kualitas warna labu tetap segar, labu yang telah matang ditaruh di atas es batu.

"Lalu kita siapkan sirup rempahnya. Yakni air ditambah gula, serai, cengkeh, kayu manis dan daun pandan. Semua dimasak bareng sampai mendidih," paparnya, Rabu (14/4/2021).

Labu Siram Madu Sirop Rempah, Takjil Sehat Berbuka PuasaLabu Siram Madu Sirop Rempah, Takjil Sehat Berbuka Puasa Foto: Erliana Riady

Untuk topingnya, bisa sesuai selera. Anang memilih kacang tanah yang disangrai, karena banyak mengandung kalori untuk mengganti kalori bagi yang berpuasa dan kismis.

Saat disajikan di atas piring, potongan labu diatur cantik, kemudian diberi whipped cream. Baru ditaburi kacang sangrai yang telah dihancurkan agak kasar dan kismis

"Baru kita siram sirop rempah dan madu. Rempah dan madu itu kandungan herbalnya bagus untuk meningkatkan imunitas dan metabolisme tubuh," ungkapnya.

Labu Siram Madu Sirop Rempah, Takjil Sehat Berbuka PuasaLabu Siram Madu Sirop Rempah, Takjil Sehat Berbuka Puasa Foto: Erliana Riady

Imron, seorang pengunjung di Djoglo Djatimalang mengaku, labu madu sirup rempah ini takjil yang sehat dan nikmat.

"Tekstur labunya tidak terlalu lembek jadi gak eneg. Ada rasa gurih dari taburan kacang dan manisnya pas. Ini bener-bener menu sehat untuk takjil buka puasa ya. Non kolestrol," pungkasnya.

Baca juga: Sajian Takjil yang Lezat Sehat



Simak Video "Lomba Makan Sate Kambing 15 Detik Di Blitar, Siapa Berani?"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com