Pagi-pagi Paling Mantap Sarapan Soto Ayam Lenthok 'Pak B'

Ajie Prasetya - detikFood Rabu, 07 Apr 2021 08:00 WIB
Pagi-pagi Paling Mantap Sarapan Soto Ayam Lenthok Pak B Foto: detikFood/Ajie Prasetya
Yogyakarta -

Kalau ingin menghangatkan sekaligus mengisi perut di pagi hari, soto ayam pilihan yang tepat. Apalagi jajan soto ayam lenthok 'Pak B' ini.

Di Jogjakarta terdapat soto ayam yang khas dengan tambahan lenthok dalam sajiannya. Lenthok adalah gorengan yang terbuat dari singkong. Atau sebutan populernya, perkedel singkong. Bentuknya bulat panjang dan digoreng kering.

Tempat soto ini bernama Soto Ayam Lenthok "Pak B". Warung soto ini beralamat di Jalan Pakel Baru Selatan, Sorosutan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta atau sisi barat Lapangan Sidokabul.

Daerah ini strategis sebab dikelilingi sekolah dan berbagai fasilitas umum lainnya. Tidak heran soto ini begitu populer di kalangan masyarakat. Terutama di pagi hari banyak orang sarapan di sini.

Pagi-pagi Paling Mantap Sarapan Soto Ayam Lenthok 'Pak B'Pagi-pagi Paling Mantap Sarapan Soto Ayam Lenthok 'Pak B' Foto: detikFood/Ajie Prasetya

Untuk bisa menikmati satu porsi soto ayam cukup merogoh kocek 8000 rupiah saja. Soto ayam bisa dinikmati di sebuah tenda sederhana di sisi lapangan. Bisa juga secara lesehan di sekitar lapangan atau pinggir jalan. Namun, di sini juga bisa pesan dibungkus untuk dibawa pulang.

Soto ayam kuahnya bening hangat mengepul. Potongan ayam cukup besar ditambah suun, tauge, kubis, dan lenthok. Aroma gurih kaldu ayam terhirup sedap, sungguh menggoda apalagi perut kosong di pagi hari.

Rasa lenthoknya empuk gurih karena terbuat dari singkong yang dihaluskan. Sebenarnya lebih sebagai pengganti perkedel kentang yang biasa melengkapi soto ayam. Setelah terendam kuah soto lenthok terasa lebih lembut.

Pagi-pagi Paling Mantap Sarapan Soto Ayam Lenthok 'Pak B'Pagi-pagi Paling Mantap Sarapan Soto Ayam Lenthok 'Pak B' Foto: detikFood/Ajie Prasetya

Rasa kuahnya perpaduan asin gurih dan pedas. Rasa makan soto khas Jawa makin terasa nikmat. Apalgi jika soto ditambah kecap manis, air jeruk nipis dan juga sambal.

Kalau masih ingin lauk tambahan, di sini ada berbagai macam lauk pendamping seperti kerupuk, gorengan, sate, dan perkedel.Tinggal pilih yang disuka.

Pagi-pagi Paling Mantap Sarapan Soto Ayam Lenthok 'Pak B'Pagi-pagi Paling Mantap Sarapan Soto Ayam Lenthok 'Pak B' Foto: detikFood/Ajie Prasetya

Khusus sate warung ini menyediakan mulai sate usus, hati, dan lainnya. Varian harga untuk menu ini mulai Rp 500 sampai Rp 3.000 rupiah. Pastinya sare ini jadi teman yang cocok dan enak untuk makan soto yang nikmat.

Kalau ingin sarapan soto khas Yogaykarta yang selera desa, kamu bisa mampir ke sini. Enak, murah dan pasti kenyang. Warung ini buka setiap hari pukul 05.30-12.30 WIB. Intip dulu media sosialnya, Instagram @Soto.ayam.pak.b



Simak Video "Mangut Lele Mbah Marto yang Legendaris di Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com