Sedapnya Sepiring Nasi Goreng Sapi yang Gurih Berempah

Ajie Prasetya - detikFood Sabtu, 03 Apr 2021 15:00 WIB
Sedapnya Sepiring Nasi Goreng Sapi yang Gurih Berempah Foto: detikFood/Ajie Prasetya
Yogyakarta -

Kalau mau jajan nasi goreng di malam hari, mampirlah ke tempat ini. Racikan nasi goreng sapinya gurih medhok dan bikin ketagihan.

Nasi goreng merupakan salah satu makanan ikonik Indonesia yang populer di dunia. Nasi putih yang diaduk dengan bumbu dan aneka bahan, variasinya tak ada batas. Karenanya rasanya pun selalu berbeda.

Salah satu racikan nasi goreng yang patut dicoba adalah Nasi Goreng Sapi Padmanaba. Warung nasi goreng ini berlokasi di pinggir jalan Yos Sudarso, Kotabaru, Yogyakarta atau sebelah selatan pas dari SMAN 3 Yogyakarta.

Sedapnya Sepiring Nasi Goreng Sapi yang Gurih BerempahSedapnya Sepiring Nasi Goreng Sapi yang Gurih Berempah Foto: detikFood/Ajie Prasetya

Lokasi warung nasi goreng mudah dikenali karena selalu ramai dengan antrean pembeli. Terutama di malam hari dipadati oleh mereka yang mengisi perut hingga warung tutup tengah malam hari.

Pengolahan nasi goreng di sini pun unik karena dilakukan dengan menggoreng nasi dalam porsi yang sangat banyak. Tentunya dengan bumbu dan kari sapi yang juga sudah disediakan. Jadi pesanan pembeli tidak dimasak satu persatu tetapi sekaligus banyak.

Karena itu hanya beberapa menit saja nasi goreng goreng yang dipesan pun siap disajikan. Disajikan di atas piring putih, dengan porsi berlimpah, munjung permuakannya.

Sedapnya Sepiring Nasi Goreng Sapi yang Gurih BerempahSedapnya Sepiring Nasi Goreng Sapi yang Gurih Berempah Foto: detikFood/Ajie Prasetya

Nasi berwarna kuning gelap karena diaduk dengan bumbu rempah, kaldu sapi dan kecap manis. Di dalam nasi terdapat potongan daging sapi yang lumayan besar dan dilengkapi dengan telur ceplok yang garing. Emping dan acar timun rawit.

Dalam suapan pertama terasa bumbu rempah yang sedap. Sementara daging sapi teksturnya tidak terlalu empuk namun juga tidak terlalu alot. Ada jejak bumbu kari yang sedap.

Daging sapi sebagai topping dalam nasi goreng memang jarang ditemukan. Biasanya dipakai daging ayam, seafood atau daging olahan dan sayuran.

Sedapnya Sepiring Nasi Goreng Sapi yang Gurih BerempahSedapnya Sepiring Nasi Goreng Sapi yang Gurih Berempah Foto: detikFood/Ajie Prasetya

Rasa nasi goreng ini paduan asin gurih, pedas manis serta semburat bumbu kari sehingga sedap. Apalagi ditambah telur ceplok yang empuk gurih.

Harga satu porsi porsi biasa nasi goreng daging sapi 17.000 dan porsi jumbo senilai 18.000. Jika ditambah minum, di sini hanya menyediakan es teh dan teh panas.

Warung nasi goreng ini buka pukul 17.00-22.00 selama masa pandemi. Sebelum pandemi biasanya buka sampai jam 24.00. Melayani take away dan makan di tempat. Tetapi paling mantap memang makan di tempat. Karena nasi goreng dinikmati hangat mengepul dengan suasana makan kaki lima yang seru.



Simak Video "Nasi Goreng Tiwul, Menu Khas Waduk Bendo Ponorogo"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com