Sluurp! Gurih Mlekoh, Soto Ayam Betabur Koya yang Tersohor Sejak 66 Tahun Lalu

Luthfi Baihaqy - detikFood Senin, 05 Apr 2021 12:30 WIB
Soto Ayam Lombok yang Legendaris di Malang Sejak 1955. Foto: detikFood / Luthfi Baihaqy
Jakarta -

Tempat makan legendaris di Kota Malang ini punya soto ayam enak. Racikan soto ayam Lamongan ini dibuat dengan resep turun temurun 66 tahun.

Soto Ayam Lombok merupakan tempat makan di Malang terkenal dengan menu soto ayam. Sudah beroperaasi sejak tahun 1955, Soto Ayam Lombok diracik dengan resep warisan turun temurun dari H. Abdulrahman.

Saat detikcom mampir di rumah makan ini (29/03) saat jam makan siang pengunjung ramai memenuhi tempat ini. Menu rumah makan ini hanya satu yaitu soto ayam. Seperti rumah makan soto lainnya, soto diracik saat dipesan dan selalu panas mengepul.

Soto Ayam Lombok yang Legendaris di Malang Sejak 1955.Soto Ayam Lombok yang Legendaris di Malang Sejak 1955. Foto: detikFood / Luthfi Baihaqy

Pelayan berkaos merah menyala sigap melayani pembeli. Pikulan berisi kaldu soto ada di salah satu sudut. Aroma gurih kaldu ayam tercium harum memenuhi ruangan. Karena kuah soto terus menerus dipanaskan hingga selalu hangat mengepul saat disajikan.

Disajikan dalam mangkuk keramik putih, berisi nasi, ayam, tauge, kubis, kentang, telur ayam rebus. Kuahnya kekuningan merendam isianya. Dilengkapi dengan taburan cincangan seledri dan taburan koya. Aroma gurih kaldu dan koya tercium kuat menguar dari mangkuk soto.

Slurpp! Dalam hirupan pertama terasa gurih nikmat kuah sotonya. Aroma bawang putih beradu dengan gurih kaldu ayam. Setelah ditambah koya dan diaduk kuah menjadi kental dan makin terasa gurih mantap.

Soto Ayam Lombok yang Legendaris di Malang Sejak 1955.Soto Ayam Lombok yang Legendaris di Malang Sejak 1955. Foto: detikFood / Luthfi Baihaqy

Potongan ayam yang diiris tipis terasa empuk dan berbumbu.Menurut penjualnya mereka menggunakan ayam jJwa jantan yang besar dengan berat minimal 2,5 kg. Ayam tersebut direbus selama 2 hingga 3 jam. Saat merebus ayam juga diberi bumbu dan rempah-rempah agar daging ayam terasa makin sedap.

Potongan telur rebusnya terasa kenyal gurih karena memakai telur bebek. Sementara koya, bubuk gurih yang jadi taburan terbuat dari kelapa parut yang disangrai dan ditumbuk hingga halus. Makanya kuah soto makin gurih harum saat diaduk dengan koya.

Dalam sehari Soto Ayam Lombok menghabiskan 30 kelapa untuk pembuatan koya. Koya ini menjadi ciri khas soto ayam Lamongan. Jika biasanya koya berwarna kuning, di sini warnanya cokelat agak gelap. Ciri khas soto ayam ini yang membuat pembeli ketagihan. Apalagi jika soto sudah diaduk dengan kecap manis, air jeruk nipis plus sambal rawit.

Soto Ayam Lombok yang Legendaris di Malang Sejak 1955.Soto Ayam Lombok yang Legendaris di Malang Sejak 1955. Foto: detikFood / Luthfi Baihaqy

Satu porsi soto ayam biasa dapat kamu nikmati dengan harga Rp25.000. Terdapat juga varian soto ayam istimewa (Rp35.000) dengan tambahan jeroan dan hati ampela. Serta soto ayam spesial (Rp40.000) dengan tambahan jeroan, rempelo ati, kulit, dan brutu.

Soto ayam lombok terletak di Jalan Lombok No, 1, Klojen, Malang. Buka setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 9 malam. Dalam sehari Soto Lombok dapat menjual hingga sekitar 300 mangkuk soto. Saat ini Soto Ayam Lombok juga dapat dipesan melalui aplikasi layanan pemesanan makanan online.



Simak Video "Bikin Laper: Nyobain Soto Ayam Medan di Senayan"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com