Jajan Getuk Singkong yang Empuk Legit di Pasar Legi Kotagede

Ajie Prasetya - detikFood Sabtu, 27 Mar 2021 11:00 WIB
getuk di pasar legi kotagede, Yogyakarta Foto: detikFood/Ajie Prasetya
Jakarta -

Kalau mampir ke Pasar Legi Kotagede, jangan sampai terlewat beli jajan pasar. Ada beragam jajanan, salah satunya getuk yang empuk manis. Murah dan enak!

Kotagede dikenal sebagai salah satu daerah penghasil berbagai kerajinan, salah satunya perak. Kerajinan perak ini bahkan sudah muncul sejak abad ke-16. Dulunya daerah Kotagede dikenal sebagai daerah para bangsawan Keraton Yogyakarta.

Selain punya nilai historis yang tinggi, Kotagede juga punya banyak makanan tradisional legendaris yang enak dan murah. Kalau mau puas mencicipi ragam jajanan, bisa mampir ke Pasar Legi Kotagede. salah satunya getuk yang wajib dicicipi.

getuk di pasar legi kotagede, Yogyakartagetuk di pasar legi kotagede, Yogyakarta Foto: detikFood/Ajie Prasetya

Getuk merupakan makanan ringan yang terbuat dari singkong atau ketela pohon. Makanan ini menjadi makanan khas bagi masyarakat Jawa. Tidak terlalu sulit menemukan jajanan ini. Mudah ditemui di Pasar Legi Kotagede yang populer disebut pasar Kotagede.

Pasar Kotagede ini merupakan pasar tertua di Yogyakarta. Pasar ini dibangun pada masa kerajaan Mataram tepatnya pada masa pemerintahan Panembahan Senopati di abad-16 dan lebih tua dari keberadaan Keraton Jogja.

getuk di pasar legi kotagede, Yogyakartagetuk di pasar legi kotagede, Yogyakarta Foto: detikFood/Ajie Prasetya

Karena itu makanan terutama jajan pasarnya masih tradisional. Diolah dengan bahan asli dan dimasak secara tradisional.Terdapat berbagai macam makanan tradisional di sini, mulai jadah, getuk, legomoro, kipo, cenil dan berbagai macam lainnya. Getuk bisa menjadi salah satu jajan pasar favorit.

Di pagi hari jejeran para penjual getuk terdapat di sekitar pintu gerbang utama pasar Kotagede. Kita hanya perlu berjalan lurus sekitar 10 meter dari gerbang utama dan langsungakan menemukan para penjual getuk.

getuk di pasar legi kotagede, Yogyakartagetuk di pasar legi kotagede, Yogyakarta Foto: detikFood/Ajie Prasetya

Uniknya, getuk ini tidak hanya satu varian. Ada beberapa varian gethuk yang dijual oleh para pedagang. Getuk dicetak dalam baki bundar dan diajajakan berjejer. Ada 3 pilihan. Getuk gula putih, getuk dengan sedikit gula merah warnanya cokelat muda dan getuk gula merah dengan potongan gula merah, cokelat tua.

Satu porsi getuk semua varian bisa dinikmati dengan harga mulai dari Rp 3.000 untuk 4 potong. Getuk dipotong-potong saat dipesan dan diberi taburan kelapa parut lalu dibungkus dengan kertas nasi.

getuk di pasar legi kotagede, Yogyakartagetuk di pasar legi kotagede, Yogyakarta Foto: detikFood/Ajie Prasetya

Dalam satu gigitan terasa empuk legit. Apalagi getuk gula merah yang ada lelehan gula merahnya. Empuk, legit dan wangi. Dicocol kelapa parut semakin enak. Ciri khas getuk singkong ini ada beberapa serpihan singkong yang putih di antara adonan getuk yang lembut. Berasal dari bagian singkong yang keras. Tetapi justru memberi sensasi krenyes yang enak.

Kalau ke pasar Kotagede jangan lupa mencicipi atau membungkus 3 varian gethuk ini buat teman ngopi. Empuk, lembut dan legitnya bikin nagih. Apalagi harganya ramah banget di kantong!



Simak Video "Celebrity on Vacation: Jajal Wahana Flying Fox di Air Terjun Sri Gethuk"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com