Kuliner China di Bekasi

Kopi Matahari, Toko Kopi Legendaris Tempat Belanja Kopi di Bekasi

Devi Setya - detikFood Sabtu, 30 Jan 2021 08:00 WIB
Kopi Matahari, Toko Kopi Legendaris Tempat Belanja Kopi di Bekasi Foto: detikFood/Devi S. Lestari
Jakarta -

Penggemar kopi bisa mendapatkan kopi berkualitas dari toko kopi legendaris di Bekasi. Ada Toko Matahari yang menawarkan ragam kopi arabika dan robusta.

Menyusuri jalan Mayor Oking, Bekasi Timur, kamu bukan hanya bisa memanjakan lidah dengan ragam kuliner enak. Di ujung jalan ada toko yang mengundang perhatian karena aroma wangi kopi yang menguar di udara. Dari jarak radius jauh dari toko aroma wanginya nya sudah tercium semerbak.

Ya, toko Kopi Matahari jadi salah satu tempat andalan warga Bekasi saat mencari biji atau bubuk kopi lokal dari berbagai daerah di Indonesia. Tokonya sederhana tapi jenis kopi yang ditawarkan cukup banyak.

Kopi Matahari, Toko Kopi Legendaris Tempat Belanja Kopi di BekasiKopi Matahari, Toko Kopi Legendaris Tempat Belanja Kopi di Bekasi Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Toko kopi ini juga terbilang legendaris, salah satu pegawai yang kami temui mengatakan kalau toko ini sudah ada sejak 1960-an. Tentu saja kualitas kopi di sini tak main-main.

Di toko ini terdapat deretan etalase kaca yang diisi biji kopi dari berbagai jenis dan daerah. Biji kopi sengaja dibiarkan utuh, begitu ada pembeli barulah biji kopi digiling sesuai jumlah pesanan.

Beberapa kopi yang jadi andalan di sini antara lain kopi arabika gayo, Toraja, Flores, Papua dan Bali. Ada juga robusta dari Lampung dan yang spesial ada kopi luwak.

Kopi di sini bisa dibeli dalam jumlah sedikit ataupun dalam partai besar. Minimal pembeli bisa membawa pulang kopi dengan berat 100 gram.

Harga yang ditawarkan juga beragam mulai dari Rp 7.000 per 100 gram untuk kopi robusta, sampai Rp 145 ribu per 100 gram untuk kopi luwak asli.

Pembeli bisa memilih mau membeli kopi dalam bentuk biji utuh ataupun sudah digiling. Tingkat kehalusan bubuk kopi juga bisa disesuaikan dengan selera. Jangan sungkan untuk bertanya pada sang pelayan.

Kopi Matahari, Toko Kopi Legendaris Tempat Belanja Kopi di BekasiKopi Matahari, Toko Kopi Legendaris Tempat Belanja Kopi di Bekasi Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Pelanggan kopi di toko ini bukan hanya para penikmat kopi rumahan, tapi juga banyak penjual kopi ataupun pemilik coffee shop yang membeli kopi di toko ini.

"Bisa beli sedikit, bisa banyak. Kalau buat coffee shop biasanya beli banyak mereka pesan dulu biar kopinya kita siapkan," kata pria yang melayani kami.

Selama kurang lebih 15 menit kami berada di toko kopi ini, pembelinya tak pernah sepi. Silih berganti orang-orang yang datang dan membeli kopi favorit.

Toko kopi ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WIB. Hati-hati kalap saat melihat banyaknya varian kopi di sini. Dan siap-siap tergoda dengan harum nikmat bubuk kopi yang bikin pengin langsung menyeruput segelas kopi. Sluurrrrp!



Simak Video "Kopi Luwak, Salah Satu Kopi Termahal di Dunia Asli Indonesia, Lampung"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com