Krenyes Segar Rujak Jambu Kristal yang Lagi Hits di Ciamis

Dadang Hermansyah - detikFood Rabu, 27 Jan 2021 14:00 WIB
Krenyes Segar Rujak Jambu Kristal yang Lagi Hits di Ciamis Foto: detikFood/Dadang Hermansyah
Ciamis -

Rujak jambu kristal dengan taburan bumbu bubuk sedang hits di Ciamis.Pedagangnya kini menjamur berderet di pinggiran jalan. Renyah segar rasanya!

Jajanan rujak jambu kristal di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat kini sedang hits. Sajian Rujak Jambu Kristal ini sederhana berupa potongan buah jambu biji dingin lalu diberi bumbu bubuk dengan rasa manis dan asin lalu diaduk-aduk. Bagi yang suka pedas bisa dicampur dengan cabe bubuk (Aida) atau bumbu rujak Bangkok.

Kemudian ditaruh dalam wadah styrofoam dan satu porsinya dijual Rp 10 ribu. Jajanan ini banyak diminati oleh remaja wanita dan ibu-ibu yang menyukai pedas. Apalagi dinikmati saat siang hari sedang panas.

Krenyes Segar Rujak Jambu Kristal yang Lagi Hits di CiamisKrenyes Segar Rujak Jambu Kristal yang Lagi Hits di Ciamis Foto: detikFood/Dadang Hermansyah

Jambu kristal sendiri merupakan jambu biji putih tanpa biji. Bentuknya lebih bulat daripada jambu biji biasa. Bagian luarnya keras, bagian dalamnya empuk dengan rasa manis. Ukurannya sebesar bola tenis.

Para penjual rujak jambu kristal ini hadir di Ciamis sekitar awal tahun 2020 hanya ada 1 penjual saja di sekitar Jalan How Cokroaminoto Ciamis. Namun saat ini semakin hits dan penjualnya semakin banyak.

Yang cukup terkenal ada di beberapa lokasi, Jalan Cokro Ciamis, Jalan Ahmad Yani, Jalan Iwa Kusuma Somantri kawasan Islamic Center dan Jalan Jendral Sudirman kawasan Nagrak.

Krenyes Segar Rujak Jambu Kristal yang Lagi Hits di CiamisKrenyes Segar Rujak Jambu Kristal yang Lagi Hits di Ciamis Foto: detikFood/Dadang Hermansyah

Tak hanya sekedar jajanan, rujak jambu kristal ini juga bermanfaat untuk kesehatan. Jambu merupakan buah yang mengandung vitamin C. Berkhasiat meredakan sariawan, melancarkan pencernaan bahkan dapat meningkatkan imunitas tubuh cocok saat pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah ramai setiap hari, buka sekitar pukul 09.00, habis siang juga sekitar jam 14.00. setiap hari habis sekitar 50 kilogram," ujar Nina Febrina, penjual rujak jambu kristal, Selasa (26/1/2021).

Bahan jambu kristal yang dijualnya didatangkan dari wilayah Kebumen, Jawa Tengah. Untuk satu porsi rujak bisa menghabiskan sekitar 2 buah jambu ukuran sedang. Untuk satu kilogram jambu berisi 3-4 buah ukuran sedang.

Krenyes Segar Rujak Jambu Kristal yang Lagi Hits di CiamisKrenyes Segar Rujak Jambu Kristal yang Lagi Hits di Ciamis Foto: detikFood/Dadang Hermansyah

"Jualan sekitar awal 2020, tapi sekarang semakin ramai. Kebanyakan memang yang suka pedas, ramai saat siang hari," ungkapnya.

Yuli Yuliana, seorang pembeli, mengaku hampir setiap hari jajan rujak jambu kristal pada siang hari. Dengan makan rujak jambu ini sangat menyegarkan dan bisa menjernihkan pikiran.

"Iya suka, jadi hampir setiap hari jajan jambu rujak di jalan Cokro ini kalau siang-siang," katanya.



Simak Video "Bikin Gulampo, Camilan Manis khas Ciamis "
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com