Kuliner China di Bekasi

Bisa Jajan Bakcang hingga Kopi Bubuk di Pasar Proyek

Devi Setya - detikFood Rabu, 27 Jan 2021 16:00 WIB
Kuliner China di Bekasi Foto: detikFood/Devi S. Lestari
Jakarta -

Kota Bekasi juga punya kawasan pecinan yang lokasinya di Pasar Proyek. Berbagai makanan enak bisa di beli di sini mulai dari jajanan hingga makanan berat.

Tak banyak yang tahu kalau di Bekasi ada klenteng tua bernama Hok Lay Kiong. Klenteng ini sudah berusia sekitar 350 tahun dan menjadi saksi bisu adanya perkampungan China di Bekasi.

Kawasan pecinan Bekasi berlokasi di Pasar Proyek, Jalan Mayor Oking. Dulunya kawasan ini dikenal dengan sebutan Pasar Lama. Tak jauh dari Stasiun Bekasi dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bekasi.

Di sinilah pusat perdagangan masyarakat keturunan Tionghoa. Tak heran kalau di sini banyak penjual komoditas harian yang punya garis keturunan China.

Meskipun terbilang kecil, tapi kawasan ini bisa jadi area kulineran. Berbagai makanan enak bisa diandalkan untuk memanjakan lidah. Ada makanan ala China, namun tak sedikit juga pilihan makanan selera lokal.

Berikut pilihan makanan di kawasan pecinan Bekasi yang sayang untuk dilewatkan.

1. Bubur ayam

Kuliner China di BekasiKuliner China di Bekasi Foto: detikFood/Devi S. Lestari

Di Jalan Kenari I atau tepat di depan Klenteng Hok Lay Kiong ada bubur ayam yang rasanya juara. Bubur ayam gerobakan ini dikenal dengan sebutan bubur ayam Tepekong. Setiap pagi, puluhan orang akan datang dari berbagai daerah untuk menikmati bubur ayam yang sudah berjualan sejak 15 tahun lalu.

Bubur ayam gurih ini punya keunikan, disajikan gurih hangat tanpa kuah kari kuning. Tapi menggunakan taburan merica dan kecap asin. Yang juga istimewa yakni toppingnya, ada ayam suwir, cakwe, bawang goreng, kacang kedelai goreng, daun bawang, ebi dan irisan mentimun.

Bubur ayam juga dilengkapi kerupuk dan sambal yang pedasnya nendang. Seporsi bubur ayam ini dibanderol Rp 10.000 saja. Dijamin kenyang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Berburu Kuliner Sambil Belajar Sejarah Tionghoa di Pecinan Bekasi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com