Menikmati Dalgona Kopi Durian Brebes di bawah Rerimbunan Kebun Durian

Imam Suripto - detikFood Senin, 25 Jan 2021 14:00 WIB
Kopi Dalgona Durian Ada di Brebes Foto: detikFood/Imam Suripto
Jakarta -

Di sini kamu bisa menikmati sejuknya ngopi di bawah rimbunnya pohon durian. Apalagi ada dalgona coffee kekinian yang diracik dengan durian segar. Sluurp!

Bagi para penikmat kopi, ada tempat yang pas untuk bersantai sambil jalan jalan. Sebuah perkebunan durian di Desa Rajawetan, Kecamatan Tonjong, Brebes, Jawa Tengah, kini menyediakan menu minuman yang merupakan perpaduan antara kopi dan durian.

Kawasan kebun ini berjarak 15 km ke arah timur dari pertigaan pasar Linggapura, Tonjong. Areal ini berada di ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Memasuki kawasan ini, pengunjung akan langsung mencium aroma harum durian matang yang banyak bergelantungan di pohon pohon.

Kopi Dalgona Durian Ada di BrebesKopi Dalgona Durian Ada di Brebes Foto: detikFood/Imam Suripto

Mengunjungi kebun durian Antapsari, Desa Rajawetan, tidak hanya menikmati aneka jenis durian matang hasil petik dari pohon. Kebun ini juga menyediakan menu minuman bagi penikmat durian, yaitu kopi dalgona durian. Minuman kekinian yang merupakan perpaduan antara kopi dengan durian.

Debi (43) pengelola Kebun Durian Antapsari mengatakan, dalgona coffee ini sengaja dibuat bagi penikmat durian dan kopi. Minuman ini sangat pas untuk pengunjung yang menginginkan kesegaran usai jalan jalan mengitari perkebunan seluas 6 hektar ini.

"Jadi pengunjung ini sekarang tidak hanya sebatas datang dan makan durian. Kadang mereka yang habis keliling kebun butuh kesegaran, sehingga kami menyediakan kopi dalgona durian," ujar Debi di sela kesibukan melayani pengunjung, Sabtu (24/1/2021).

Kopi Dalgona Durian Ada di BrebesKopi Dalgona Durian Ada di Brebes Foto: detikFood/Imam Suripto

Membuat menu ini sama dengan meracik kopi dalgona pada umumnya. Hanya saja topping minuman ini ditambah daging buah durian matang yang super legit. Rasa pahit kopi dan manis legit buah durian berpadu memanjakan lidah penikmatnya.

Dalgona coffee atau kopi dalgona merupakan racikan kopi yang terdiri dari susu dengan topping buih kopi dari air kopi instan yang dikocok hingga berbuih halus. Minuman kopi ini viral di bulan Maret lalu. Saat awal pandemi corona di dunia yang membuat orang banyak berkreasi di rumah.

"Cara meraciknya mudah, kopi dibuat menjadi buih dengan mesin mikser sampai mengembang. Kemudian gelas yang sudah terisi susu dan es diberi topping kopi plus daging durian," terang Debi menambahkan.

Kopi Dalgona Durian Ada di BrebesKopi Dalgona Durian Ada di Brebes Foto: detikFood/Imam Suripto

Harga minuman ini sangat terjangkau. Satu gelas hanya dibandrol Rp.15 ribu. Bagi yang suka bersantai lama lama di kebun bisa memesan pan cake durian sebagai teman ngopi. Jajanan ini terbuat dari durian murni tanpa campuran apapun. Satu porsinya Rp.25 ribu berisi 4 buah.

Ozil (28) pengunjung asal Jakarta mengatakan, suasana asri dan sejuk di kebun ini sangat cocok untuk menikmati kopi dalgona durian.

"Rasanya ada tiga macam, kopi susu dan durian. Racikannya sangat pas banget dan cocok sekali dinikmati di susasana perkebunan yang asri ini," jelas Ozil.



Simak Video "Tengah Viral, Dalgona Coffee Bikin Raisa Kepo"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com