Di Kedai Favorit Pesepeda yang Asri Ini Ada Kopi Tarik Nikmat

Sudirman Wamad - detikFood Senin, 18 Jan 2021 08:00 WIB
Di Kedai Favorit Pesepeda yang Asri Ini Ada Kopi Tarik Nikmat Foto: Sudirman Wamad
Cirebon -

Jalan Raya Cirebon Girang, Kabupaten Cirebon ke arah Kabupaten Kuningan jadi salah satu jalur favorit pesepeda. Apalagi, di sana ada kedai kopi unik ngopi dan bersantai.

Namanya Saung Kopi Gowes atau Sakowes. Kedai Sakowes ini berada di Desa Sarwadadi, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon. Kedai ini bergaya joglo dan limasan. Uniknya, ornamen kedai ini menggunakan sepeda.

Meja kedainya gabungan dari kayu dan sepeda onthel. Sejumlah sepeda unik digantung menjadi hiasan. Sebagian onthel juga terparkir di bagian belakang kedai. Tak hanya bangunan kedai dan hiasannya yang membuat kita nyaman, pemilik kedai juga menyediakan spot berswafoto.

Di Kedai Favorit Pesepeda yang Asri Ini Ada Kopi Tarik NikmatDi Kedai Favorit Pesepeda yang Asri Ini Ada Kopi Tarik Nikmat Foto: Sudirman Wamad

Kedai Sakowes juga menyuguhkan pemandangan yang keren, pengunjung bisa melihat Gunung Ciremai. Bagi para pesepeda untuk bisa menikmati menu favorit di Sakowes tentu butuh perjuangan. Pesepeda bakal melintasi jalur menanjak sebelum mencapai kedai.

"Kita tahu ini (Jalan Raya Cirebon Girang) salah satu jalur favorit. Saya kan gowes juga. Jadi awalnya sering lewat sini, kan ada track menanjaknya di sini. Setelah menanjak capek, mencari warung atau tempat buay istirahat belum ada waktu itu. Akhirnya terpikir membangun kedai ini," kata Muhammad Ramdani, pemilik kedai Sakowes saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (16/1/2021).

Ramdani tak menyangka kedainya disambut baik para pesepeda. Selain itu, dari kalangan umum pun juga tertarik berkunjung. Kedai Sakowes menyediakan menu tradisional. Menu favoritnya kopi dan teh tarik. Pengunjung bakal menyaksikan atraksi barista saat membuat kopi tarik.

"Favorit memang kopi dan teh tarik. Untuk makanan ada sayur asem, ikan gurame dan lainnya. Intinya menu rumahan," kata Ramdani.

Pengunjung cukup merogoh kocek dari Rp 2 ribu hingga Rp 50 untuk bisa menikmati makanan di kedai Sakowes. Sementara, untuk harga minuman dari Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu.

Sementara itu, salah seorang pengunjung, Nuka (23) mengaku kaget dengan konsep unik kedai Sakowes. Nuka sengaja memilih kedai Sakowes yang berada di areal persawahan untuk menghindari bisingnya kota.

Di Kedai Favorit Pesepeda yang Asri Ini Ada Kopi Tarik NikmatDi Kedai Favorit Pesepeda yang Asri Ini Ada Kopi Tarik Nikmat Foto: Sudirman Wamad

"Saya dari Kota Cirebon. Di sini kan bebas polusi, adem juga. Nuansa alamnya dapat. Konsepnya ternyata gowes, unik sekali," kata Nuka.

Senada disampaikan Daesy (20). Menurut Deasy, kedai kopi bernuansa alam menjadi salah satu alternatif nongkrong saat pandemi. "Di sini jaga jarak, kursinya berjauhan. Cocok lah. Ada tempat selfie juga," katanya.



Simak Video "Mampir ke Kedai Kopi 'dibawahtangga', Milik Nino Fernandez"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com