Di Jalur Mudik Cirebon-Brebes, Ada Empal Gentong dan Nasi Jamblang Sedap

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 01 Agu 2020 13:00 WIB
kuliner Cirebon Foto: iStock
Jakarta -

Kamu melakukan perjalanan mudik Idul Adha? Kalau lewat jalur mudik Cirebon-Brebes bisa mampir ke tempat kuliner ini.

Kulineran dalam perjalanan mudik memang mengasyikkan. Apalagi berkunjung ke tempat kuliner tradisional di warung-warung legendaris. Di sepanjang jalur mudik Cirebon-Brebes terdapat beberapa tempat kuliner yang sayang untuk dilewatkan.

Di sana kamu bisa mencicip kuliner mulai dari sate, empal gentong hingga olahan nasi. Saat mampir, kamu harus bersabar karena tempat makan di jalur mudik tersebut sering dipenuhi pengunjung.

Berikut 5 tempat kuliner di jalur Cirebon-Brebes.

1. Warung Sate Pak Jahid PUTRI

kuliner Cirebonkuliner Cirebon Foto: iStock

Ketika melintasi kabupaten Brebes tepatnya di Jalan H. Muchlas bisa mampir ke warung makan yang satu ini. Warungnya dikenal bernama Warung Sate Pak Jahid PUTRI. Di sana kamu akan disuguhi dengan berbagai olahan daging kambing, seperti sate, gule hingga sop.

Daging kambing yang dipakai adalah yang masih muda. Warungnya legendaris, karena sudah beroperasi selama 26 tahun. Soal rasa tak perlu diragukan lagi. Dalam sehari warung ini selalu menghabiskan empat ekor kambing. Namun, saat musim lebaran pengunjung semakin ramai hingga menghabiskan 15-20 ekor kambing.

Warung Sate Pak Jahid PUTRI
Jl. H. Muchlas 220
Brebes, Jawa Tengah
Jam Buka : 08.00 - 20.00
Telepon : 0818-0286-7726

Baca Juga : Kuliner Jalur Mudik Pantura: Jakarta-Cirebon

2. Empal Gentong Mang Darma

kuliner Cirebonkuliner Cirebon Foto: iStock

Tak kalah populer, warung makan bersama Empal Gentong Mang Darma ini juga sering jadi buruan pada pemudik yang melintasi jalur Cirebon. Lokasinya berada tepat di Jalan Slamet Riyadi no 1, Cirebon. Sesuai namanya, warung ini menawarkan empal gentong yang autentik.

Selain empal gentong, kamu juga bisa memesan menu lain seperti, empal asem, tahu gejrot yang juga merupakan makanan khas Cirebon hingga olahan daging kambing, seperti sate dan sop. Harga yang ditawarkan terjangkau, hanya berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 25.000.

Empal Gentong Mang Darma
Jl. Slamet Riyadi No.1
Cirebon
Telepon : 089655077400

3. Nasi Jamblang Ibu Nur

kuliner Cirebonkuliner Cirebon Foto: iStock

Warung makan Nasi Jamblang Ibu Nur juga bisa disambangi ketika melintas di jalur mudik Cirebon. Warung makan ini berada di jalan Cengkaring no 45. Nasi jamblang juga merupakan makanan khas Cirebon. Berbagai lauk yang ditawarkan disajikan secara prasmanan.

Nah, yang menjadi ciri khas dari nasi jamblang adalah penggunaan daun jati sebagai pembungkus nasinya. Meski sederhana, tetapi warung nasi jamblang ini sudah populer di kalangan pemudik. Tak hanya itu saja, para foodies juga banyak yang mampir ke warung ini.

Nasi Jamblang Ibu Nur
Jl. Cengkaring No. 45
Cirebon
Jam Buka : 07.00 - 21.00
Telepon : 0851-0178-5888

4. Nasi Lengko H Barno

kuliner Cirebonkuliner Cirebon Foto: iStock

Tak jauh dari warung nasi jamblang, ada juga tempat kuliner yang bisa dikunjungi. Bernama Nasi Lengko H Barno. Nasi lengko atau bisa disebut sega lengko merupakan makanan khas masyarakat Pantai Utara. Hidangannya berupa nasi putih dengan berbagai lauk.

Pilihan lauknya ada seperti tahu, tempe, timun, tauge, daun kucai, bumbu kacang. Warung Nasi Lengko H Barno juga dikenal legendaris. Warung yang selalu ramai pengunjung ini sudah beroperasi sejak 1968. Warung ini memiliki daya tampung pengunjung hingga 100 orang.

Nasi Lengko H Barno
Jl. Pagongan No.15B
Cirebon
Jam Buka : 08.00 - 22.00

5. Kupat Blengong Kasturi Rajak

kuliner Cirebonkuliner Cirebon Foto: iStock

Tak melulu sate kambing, di perlintasan jalur mudik Cirebon juda terdapat warung sate unik. Satenya menggunakan daging entok. Sate entok ini teksturnya mirip seperti daging bebek, tetapi lebih lembut ketika dimakan.

Nah, menyantap sate blengong ini biasanya disajikan dengan ketupat. Kalau kamu tertarik, kamu bisa mampir ke warungnya yang berada di jalan KH Hasyim Ashari, Brebes. Warung yang sudah populer ini selalu ramai pengujung, terutama saat musim lebaran.

Kupat Blengong Kasturi Rajak
Jl. KH Hasyim Ashari
Brebes
Telepon : 0857-0973-6315
Jam Buka : 03.00 - 19.00

Baca Juga : Ke Cirebon, Enaknya Mampir Ke 5 Kafe dan Resto Ini



Simak Video "Nagihnya Mendoan Bagong Khas Banyumas yang Ada di Palmerah Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)