Tren Kuliner 2021

Ahli Pangan 3 Generasi Ini Gencar Promosikan Tempe di Indonesia dan Mancanegara

Devi Setya - detikFood Kamis, 07 Jan 2021 18:00 WIB
Tempe Foto: Getty Images/iStockphoto/BanarTABS

2. Promosikan tempe di dalam dan luar negeri

Ahli Pangan 3 Generasi Ini Gencar Promosikan TempeAhli Pangan 3 Generasi Ini Gencar Promosikan Tempe Foto: Indonesian Tempe Movement

Sesuai dengan tujuannya memperkenalkan eksistensi tempe, Wida maupun Ando memiliki teknik mempromosikan tempe dengan cara berbeda. Wida gencar berpromosi soal tempe di berbagai daerah di Indonesia. Sementara Ando berpromosi di luar negeri.

"Kalau saya lebih ke masyarakat di daerah-daerah. Datang ke daerah, lihat jenis kacang dan tumbuhan apa yang jadi komoditas unggulan lalu saya ajak masyarakat belajar membuat tempe dari bahan lokal. Kalau Ando lebih ke luar negeri," kata Wida.

Lebih lanjut, Wida menjelaskan banyak orang tertarik mengetahui teknik pembuatan tempe. Demikian juga Ando yang selalu bersemangat kala diminta menyuguhkan tempe untuk bule-bule di berbagai negara.

3. Teknik pengolahan tempe khusus

Bertahun-tahun bergelut dengan tempe, Wida dan Ando memiliki teknik pengolahan tempe khusus. Tempe dibuat dengan bahan dan teknik sederhana namun prosesnya lebih modern. Metode ini dikenal dengan sebutan Green Tempe Method.

Teknik pembuatan tempe ini memangkas penggunaan air saat proses pengolahan tempe. Jadi air yang digunakan untuk merendam, mencuci dan membilas dipangkas menjadi satu langkah saja. Hal ini tentu sangat berpengaruh, apalagi saat tempe dibuat di daerah yang minim air.

"Kita mengkurasi berbagai macam pembuatan tempe di Indonesia. Kita obra-abrik prosesnya di laboratorium. Sampai menemukan metode, sehingga kalau ajarin orang, mudah ditangkap dan tempenya jadi," jelas Wida.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Selain Kedelai, Tempe Juga Bisa Dibuat dari Beragam Biji-bijian"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com