Asyiknya Megibung, Makan Bersama Khas Bali di Tepi Pantai Nusa Dua

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 25 Des 2020 17:00 WIB
Asyiknya Megibung, Makan Bersama Khas Bali di Tepi Pantai Nusa Dua Foto: Muhammad Ridho Suhandi/detikFood
Bali -

Megibung merupakan acara makan bersama khas Bali. Kini megibung bisa dinikmati dengan suasana asri di tepi pantai Nusa Dua di Bali.

Bali tetap menjadi destinasi primadona untuk menghabiskan liburan akhir tahun baru. Banyak orang yang memilih Bali sebagai tempat berlibur karena menawarkan paket wisata yang lengkap.

Mulai dari panorama alam yang indah, pemandangan laut biru yang menakjubkan, sampai aneka makanan tradisional yang memanjakan selera.

Dalam rangkaian Road Trip Jakarta-Bali With Hybrid Car Toyota (26/12). Tim detikcom berkesempatan untuk mencicipi dan mempelajari langsung tradisi megibung.

Megibung merupakan acara makan bersama dalam adat Bali yang disuguhkan di The Laguna, a Luxury Collection Resort & Spa.

Di sini kamu bisa menikmati aneka makanan tradisional Bali, ditemani semilir angin dan deburan ombak dari pantai Nusa Dua yang tenang.

Baca Juga: Begini Tradisi Orang Bali Megibung, Makan Bersama untuk Kekeluargaan


1. Tradisi makan bersama di Bali

Asyiknya Megibung, Makan Bersama Khas Bali di Tepi Pantai Nusa DuaAsyiknya Megibung, Makan Bersama Khas Bali di Tepi Pantai Nusa Dua Foto: Muhammad Ridho Suhandi/detikFood

Masuk ke dalam jajaran hotel bintang 5 yang paling populer di Bali. The Laguna, a Luxury Collection Resort & Spa kembali menghadirkan pengalaman terbaru untuk para tamunya.

Lewat acara 'Balinese Culture Night', The Laguna membawa tradisi megibung yang dikemas secara modern. Ada lebih dari 10 hidangan yang disajikan dalam acara megibung ini, semuanya berupa makanan khas Bali.

"Di Bali, ada yang namanya megibung. Megibung itu sebenarnya adalah tradisi di mana kita semua makan bersama sebagai tradisi adat. Biasanya dilakukan setelah acara adat atau upacara keagamaan," jelas Made Putra, selaku Executive Chef The Laguna, a Luxury Collection Resort Nusa Dua.


2. Ritual megibung

Asyiknya Megibung, Makan Bersama Khas Bali di Tepi Pantai Nusa DuaChef Made Putra Foto: detikFood

Ada beberapa ritual atau prosesi yang harus dilakukan sebelum makan bersama. Menurut Chef Made, sebelum memulai megibung semua orang wajib cuci tangan. Cuci tangannya ini bukan menggunakan air biasa.

""Ritual pertama adalah dengan cuci tangan menggunakan bunga-bunga aromatik seperti frangipani. Jadi selain tangan kita bersih ada aroma segar juga. Karena nanti kita makan menggunakan tangan," jelas Chef Made.

"Kemudian itu kita duduk bersama, setelah itu ada upacara adat atau acara yang dilaksanakan. Setelah upacaranya selesai, baru kita lanjut makan bersama. Itulah tradisi Bali, semua makanan jadi satu disajikan di meja. Kita secara bersama-sama menikmati makanan yang ada, itu yang disebut tradisi megibung," pungkasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Asyiknya Megibung di Tepi Pantai Nusa Dua Bali"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com