Uenak Poll! Sarapan Soto Ayam Kampung dengan Telur Asin di Pasar Rogojampi

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 22 Des 2020 07:00 WIB
Cicip Soto Ayam Kampung Pak Hasyim di Banyuwangi Foto: detikFood/Sonia Permata Basoni
Jakarta -

Punya banyak tempat sarapan enak, kota Banyuwangi juga terkenal dengan menu soto ayam kampung. Soto ayam dilengkapi dengan telur asin yang membuat rasanya makin enak.

Meski bisa ditemukan di mana-mana, soto ayam kampung tetap jadi salah satu menu sarapan tradisional yang digemari banyak orang. Salah satunya di Banyuwangi, di pagi hari banyak pedagang soto ayam kampung membuka warungnya.

Baca Juga: Kaldu Kacang Hijau, Sup Kambing Khas Banyuwangi yang Mantul

Salah satu tempat makan soto ayam kampung yang terkenal adalah 'Soto Ayam Kampung Pak Hasyim'. Tempat sarapan soto ini lokasinya persis di seberang pintu masuk Pasar Baru Rogojampi, Banyuwangi. Dengan ciri khas tenda hijau yang ikonik, membuat tempat makan soto ini mudah ditemui.

Cicip Soto Ayam Kampung Pak Hasyim di BanyuwangiCicip Soto Ayam Kampung Pak Hasyim di Banyuwangi Foto: detikFood/Sonia Permata Basoni

Dalam perjalanan Road Trip Jakarta-Bali With Hybrid Car Toyota (19/12), tim detikcom sempat mencicipi Soto Ayam Kampung Pak Hasyim. Warung tenda hijau ini buka dari jam 8 pagi sampai habis.

Soto masih disajikan lewat gerobak pikulan yang berisi aneka isian soto, lengkap dengan panci berisi kuah soto yang mengepul panas. Menunya juga sederhanya hanya tersedia soto ayam kampung saja. Dengan pilihan soto ayam, soto campur, soto telor dan soto balungan.

Kalau mau yang lengkap bisa pesan soto campur yang isiannya komplet. Untuk porsinya soto ayam Pak Hasyim ini cukup besar, dengan nasi putih, tauge, suwiran daging ayam kampung, ampela ayam dan tentunya telur asin.

Cicip Soto Ayam Kampung Pak Hasyim di BanyuwangiCicip Soto Ayam Kampung Pak Hasyim di Banyuwangi Foto: detikFood/Sonia Permata Basoni

"Kalau buka sudah lebih dari sepupuh tahun yang lalu. Tempatnya tidak pernah berubah, memang di depan pintu Pasar Baru Rogojampi. Orang-orang ke sini biasanya untuk sarapan," jelas salah satu pegawai di sana sambil meracik soto di pikulan.

Tampilannya sekilas mirip seperti soto khas Lamongan. Hanya saja warna kuah soto sedikit lebih bening dan pucat. Soto ini juga tidak menggunakan koya, tapi ditambahkan irisan daun bawang di atasnya.

Aroma harum gurih dari kuah soto semakin menggugah selera. Di sini paling enak menyantap soto yang nasinya direndam kuah dan isian soto. Bisa langsung diaduk dan ditambahkan sambal rawit pedas sesuai selera.

Cicip Soto Ayam Kampung Pak Hasyim di BanyuwangiCicip Soto Ayam Kampung Pak Hasyim di Banyuwangi Foto: detikFood/Sonia Permata Basoni

Soto Ayam Kampung Pak Hasyim ini sudah teruji kelezatannya. Suwiran ayam dan ampelanya sangat royal, hingga permukaan nasi tertutupi dengan sempurna. Kemudian potongan telur asin dibelah dua menambah rasa gurih yang autentik pada suapan soto.

Tekstur daging ayamnya juga empuk tapi tidak mudah hancur, masih ada tekstur renyah dari ayam kampung ini saat dimakan dengan kuah soto. Jejak bumbu soto yang didominasi bawang berpadu sempurna dengan kuah kaldu ayam yang rasanya 'medok' di mulut.

"Satu porsi soto ayam dan nasi Rp 15.000 saja. Biasanya sebelum jam 12 siang soto ini sudah habis," pungkas pelayan di sana.

Cicip Soto Ayam Kampung Pak Hasyim di BanyuwangiCicip Soto Ayam Kampung Pak Hasyim di Banyuwangi Foto: detikFood/Sonia Permata Basoni

Nah, selain harganya yang murah dan rasanya yang enak. Soto Ayam Pak Hasyim ini bisa jadi rekomendasi sarapan enak bagi kamu yang berencana untuk berlibur ke Banyuwangi.

Tak hanya sarapan soto ayam kampung saja. Tak jauh dari Soto Pak Hasyim, ada warung Sego Cawuk Bu Mantih yang tak kalah legendaris. Menu nasi kuah pindang dengan pepes ikan ini jadi hidangan sarapan ikonik khas Banyuwangi. Bu Mantih sendiri sudah berjualan sejak 48 tahun yang lalu lho.

Baca Juga: Bisa Jajan Enak di Pecinan Street Food, Kawasan Kuliner Terbaru di Banyuwangi



Simak Video "Nasi Pindang dan Soto Daging Khas Kudus yang Legendaris"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com