Bukan Sulap! Mie Sumpit di Majalengka Ini Bisa Terbang

Bima Bagaskara - detikFood Senin, 21 Des 2020 12:00 WIB
Bukan Sulap! Mie Sumpit di Majalengka Ini Bisa Terbang Foto: detikcom/Bima Bagaskara
Majalengka -

Sebuah kedai makan di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat mendadak ramai diperbincangkan. Pasalnya di kedai makan itu terdapat sebuah menu yang dibilang sangat unik bahkan ajaib.

Menu yang jadi percincangan adalah Mie Sumpit Terbang. Sesuai namanya, mie sumpit ini sangat unik karena saat disajikan, sumpit dan mie yang berada di dalam mangkok melayang seolah melawan gravitasi bumi.

Mie Sumpit Terbang itu merupakan menu andalan dari kedai makan bernama Dapoer Kahiko yang berlokasi di Jalan KH Abdul Halim, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka.

Baca Juga : Ini Hasilnya Jika Mie Ayam Murah Vs Mie Ayam Mahal

Bukan Sulap! Mie Sumpit di Majalengka Ini Bisa TerbangBukan Sulap! Mie Sumpit di Majalengka Ini Bisa Terbang Foto: detikcom/Bima Bagaskara

Mi Sumpit Terbang ini menarik perhatian pembeli. Saat disajikan hampir semua pembeli melotot melihat mie yang melayang tersebut. Bahkan tak jarang, pembeli justru lebih fokus untuk memotret mie terbang itu.

Akin Nurul Yakin pemilik Dapoer Kahiko mengungkapkan ide awal dirinya menghadirkan menu Mie Sumpit Terbang di kedai miliknya itu. Kata Nurul, ide Mie Sumpit Terbang itu merupakan pemberian dari sang kakak.

"Idenya sebetulnya dari kakak. Dia ngasih tau mie terbang itu menarik, jadi saya cari tau cara bikinnya di internet dan alhamdulilah ternyata ga begitu sulit bikinnya," ungkap Nurul saat dijumpai detikcom Minggu (20/12/2020).

Kehadiran mie terbang di Majalengka kata Nurul mendapat banyak respon positif, banyak pembeli yang datang ke Dapoer Kahiko karena penasaran akan mie terbang. Namun tidak sedikit juga yang nyinyir mie terbang buatannya.

Bukan Sulap! Mie Sumpit di Majalengka Ini Bisa TerbangBukan Sulap! Mie Sumpit di Majalengka Ini Bisa Terbang Foto: detikcom/Bima Bagaskara

"Ada yang nyinyir ada juga yang mengapresiasi. Saya ga peduli yang nyinyir itu, yang penting banyak yang tahu dan akhirnya datang kesini," katanya.

Racikan mie ayamnya tak beda jauh dengan mie ayam umumnya. Hanya saja disajikan dengan cara berbeda. Sebagian mie dililitkan pada sumpit yang ditaruh agak ke atas sehingga terlihat seperti berjuntai seperti sedang diangkat dengan sumpit. Mirip seperti tampilan mie pada iklan komersial.

Ada dua varian mie terbang di Dapoer Kahiko yaitu mie terbang rebus dan goreng. Nurul juga mengatakan, mie terbang di Dapoer Kahiko memiliki tagline tersendiri, khususnya bagi para jomblo.

"Mi Sumpit Terbang ini untuk jomblo karena kalau yang punya pasangan bisa disuapin sama pasangannya, kalau yang jomblo bisa disuapin sama mie ini," ujar dia.

Bukan Sulap! Mie Sumpit di Majalengka Ini Bisa TerbangBukan Sulap! Mie Sumpit di Majalengka Ini Bisa Terbang Foto: detikcom/Bima Bagaskara

Selain mie terbang di Dapoer Kahiko ini juga menyediakan beragam jenis makanan seperti kwetiau dan minuman seperti mojitos.

Kedai Dapoer Kahiko sendiri buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB. Sementara untuk satu porsi mie terbang dihargai Rp 10 ribu. Sementara menu lainnya harganya sangat terjangkau yaitu dibawah Rp 10 ribu.

"Disini targetnya mahasiswa jadi harganya sangat terjangkau untuk mi mulai dari Rp 10 ribu dan untuk minuman Rp 7 ribu," pungkasnya.

Baca Juga : Mie Ayam Kondang: Mie Ayam Gerobakan Lezat Favorit SBY



Simak Video "Menengok Alifmart Store, Bisnis Pertanian Santri Milenial Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com