Mie Ayam Kondang: Mie Ayam Gerobakan Lezat Favorit SBY

Riska Fitria - detikFood Rabu, 20 Nov 2019 12:00 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Mie ayam gerobakan tak pernah membosankan. Apalagi mie ayam racikan warung Mie Ayam Kondang yang mantap bumbunya dan jadi favorit SBY ini.

Di bilangan Pesanggrahan ada sebuah warung sederhana yang menawarkan menu mie ayam. Warung sederhana tersebut bernama Mie Ayam Kondang yang merupakan usaha milik Pandiono. Tampilannya juga seperti namanya, sederhana saja.

Warung Mie Ayam Kondang didominasi warna biru tua dengan area santap lumayan luas. Terdapat banyak meja dan bangku yang bisa menampung banyak pengunjung di sana. Ruangannya dihiasi dengan foto-foto penghargaan yang diberikan untuk Mie Ayam Kondang.
Mie Ayam Kondang: Mie Ayam Gerobakan Lezat Favorit SBYFoto: dok. detikFood

Mie Ayam Kondang menjadi populer setelah disebut-sebut sebagai warung mie ayam langganan presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Tahun 2004 lalu pas pak SBY terpilih jadi presiden, beliau mengadakan open house di kediamannya di Cikeas. Nah, kami dipercaya untuk melayani beliau dan para tamu-tamunya selama 1 bulan penuh," ujar Pandiono kepada detikFood.

Lebih lanjut, Pandiono juga menceritakan bahwa mie ayam yang dipesan SBY saat itu adalah mie ayam komplet (Rp. 21.000) yang berisi mie, potongan daging ayam, sawi, dua bakso, pangsit goreng atau pangsit rebus. Merasa penasaran akhirnya kami pun memesan menu yang sama seperti yang dipesan SBY dengan pangsit goreng.
Mie Ayam Kondang: Mie Ayam Gerobakan Lezat Favorit SBYFoto: dok. detikFood

Semangkuk mie ayam komplet pun dihidangkan dalam porsi yang tak beda dengan mie ayam umumnya. Mienya putih kecil, bertekstur lembut dan kenyal. Rasanya juga gurih dan semakin nikmat begitu diguyur kuah bakso yang bening dengan rasa gurih tipis.

Baksonya empuk dengan rasa daging sapi yang kuat. Begitu pun dengan potongan ayamnya yang rasanya manis gurih karena dibumbui kecap dan bawang putih. Toppingpotongan ayamnya juga terbilang royal.

Sementara untuk pangsit gorengnya dikemas dalam bungkus plastik. Hanya terdapat satu pangsit goreng, tetapi ukurannya cukup besar sebagai pelengkap mie ayam di sini.
Mie Ayam Kondang: Mie Ayam Gerobakan Lezat Favorit SBYFoto: dok. detikFood

Ternyata mie ayam di warung langganan SBY ini 100% merupakan buatan homemade. Mulai dari adonan mienya, bakso, hingga sambal dan sausnya.

"Kita buat semuanya homemade tanpa bahan pengawet. Jadi, kalau tidak ditaruh dalam pendingin adonan mie hanya bisa bertahan maksimal 14 jam,"

Tak terhitung jelas berapa porsi dalam sehari yang berhasil dijual Pandino. Namun, pemilik warung yang sekaligus menjabat sebagai ketua Paguyuban Tunggalrasa Mie Ayam mengaku menghabiskan mienya sebanyak 500 kilogram dalam sehari.
Mie Ayam Kondang: Mie Ayam Gerobakan Lezat Favorit SBYFoto: detikFood

"Keseluruhan itu menghabiskan 20 - 25 sak. Dalam satu sak ada sekitar 25 kilogram adonan mie," tutur Pandiono.

Kelezatan mie ayam yang ditawarkan di sini berhasil membuat SBY menjadi ketagihan. Buktinya hingga saat ini Pandiono masih sering menerima pesanan untuk SBY. Saking populernya Mie Ayam Kondang tidak hanya dipesan oleh SBY saja, tetapi mereka juga sering menerima pesanan dari instansi TNI dan Polri.

Dengan harga Rp. 21.000 untuk semangkuk mie ayam yang lezat dan porsinya banyak memang sudah tepat dan bisa dijadikan rekomendasi tempat makan. Tempatnya yang luas juga cocok untuk makan bersama keluarga.

Selain mie ayam, warung yang sudah memiliki banyak karyawan ini juga menawarkan menu lainnya, seperti bihun rebus, kwetiaw dan baksonya yang dibanderol dengan harga terjangkau, yaitu berkisar antara Rp. 14.000 sampai dengan Rp. 19.000.

Mie Ayam Kondang
Jl. Kostrad Raya No.34
Pesanggrahan, Jakarta Selatan
Telepon : 021 58905289
Jam Buka : 09.00 - 21.00



Simak Video "Resep Tempe Mendoan"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)