Sedapnya Pecel Lemah Abang dengan 15 Jenis Sayuran Khas Banjarnegara

Uje Hartono - detikFood Minggu, 20 Des 2020 09:30 WIB
Sedapnya Pecel Lemah Abang dengan 15 Jenis Sayuran Khas Banjarnegar Foto: Uje Hartono/detikcom
Banjarnegara -

Pecel lemah abang benar-benar istimewa. Diracik dengan 15 sayuran yang kaya khasiat lalu disiram bumbu kacang yang gurih pedas. Sedap mantap!

Berkunjung ke Banjarnegara Jawa Tengah, rasanya tidak lengkap jika belum merasakan lezatnya pecel lemah abang. Sajian tradisional yang tak lekang oleh zaman ini, diracik dari 15 jenis sayuran dan dipercaya anti asam urat.

Sebut saja kenikir,cakra-cikri, kecipir, kecombrang, gingseng sayur dan masih banyak lainnya. Namun pecinta kuliner tidak perlu khawatir, karena bisa memilih sayuran mana yang dinikmati sesuai selera.

Sedapnya Pecel Lemah Abang dengan 15 Jenis Sayuran Khas BanjarnegarSedapnya Pecel Lemah Abang dengan 15 Jenis Sayuran Khas Banjarnegar Foto: Uje Hartono/detikcom

"Enaknya makan pecel lemah abang ini bisa sesuka sendiri memilih sayuran mana aja. Untuk sambalnya juga bisa memilih dari yang pedas sampai yang tidak pedas sama sekali," kata Pangesti salah satu penikmat pecel lemah abang, Sabtu (19/12/2020).

Hawa pedesaan dengan udaranya yang segar membuat dirinya betah lama-lama di warung pecel yang ada di Kelurahan Semarang, Banjarnegara itu. Ia mengaku tidak melulu makan pecel makan namun juga berduskusi dengan temannya usai makan.

"Tempatnya enak, hawa pedesaanya kerasa. Makanya setelah makan sering lama-lama di sini. Hanya untuk ngobrol-ngobrol santai," ujarnya.

Pemilik warung pecel lemah abang, Mirah mengatakan, usaha pecel ini merupakan warisan turun temurun. Hingga saat ini sudah generasi ketiga.

"Pecel ini sudah ada lebih dari 25 tahun lalu, dan turun temurun," tuturnya.

Ia menyebut, untuk sajian komplit ada 15 jenis sayuran. Biasanya, sayuran ini juga bisa digunakan untuk mengobati asam urat. Selain sayuran juga ada tambahan protein. Seperti tahu, tempe, telur dadar hingga daging.

Sedapnya Pecel Lemah Abang dengan 15 Jenis Sayuran Khas BanjarnegarSedapnya Pecel Lemah Abang dengan 15 Jenis Sayuran Khas Banjarnegar Foto: Uje Hartono/detikcom

"Ada 15 jenis sayuran yang disajikan. Selain sayuran juga ada tambahan protein. Untuk menikmatinya, para pembeli juga bisa memilih mau pakai ketupat atau nasi putih. Untuk satu porsi harganya Rp 8 ribu," ujarnya.


Beragam sayuran rebus diracik di dalam baskom. Jenisnya sangat banyak mencapai 15 sayuran. Pembeli tinggal pilih saja sayuran yang disukai, biasanya diberi topping tauge pendek lalu disiram bumbu pecel yang kecokelatan pedas gurih.

Tekstur sayurannya renyah dengan selingan gerusan kacang tanah dalam bumbu pecel yang masih terasa krenyes gurih. Didampingi tahu, tempe goreng plus telur dadar dan disuap dengan nasi hangat, tentu saja rasa enaknya pecel makin lengkap. Sederhana dan sedap.



Simak Video "Usaha Sambal Pecel Jadi Cuan Saat Pandemi!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com