Kriuk Renyah Kerupuk Beton Khas Lamongan

Eko Sudjarwo - detikFood Senin, 07 Des 2020 10:30 WIB
Kriuk Renyah Kerupuk Beton Khas Lamongan Foto: Eko Sudjarwo/detikcom
Lamongan -

Setelah daging buah nangka yang harum manis dimakan, bijinya ternyata bisa diolah jadi kerupuk. Beton atau biji nangka ini jadi kerupuk yang renyah gurih.

Pohon nangka banyak tumbuh subur diberbagai daerah. Tapi tak banyak yang tahu, ternyata biji nangka (beton, jawa) bisa diolah menjadi camilan kriuk renyah. Ya, biji buah nangka ini diolah menjadi Kerupuk Beton.

Adalah Sri Wahyuni, Ratu Jagung Lamongan yang mengolah biji buah nangka atau beton ini menjadi camilan. Warga Desa/Kecamatan Kedungpring ini mengolah Beton menjadi camilan makanan ringan, kerupuk beton.

Kriuk Renyah Kerupuk Beton Khas LamonganKriuk Renyah Kerupuk Beton Khas Lamongan Foto: Eko Sudjarwo/detikcom

"Beton nangka atau biji buah nangka biasanya dibuang begitu saja atau kalau diolah paling hanya direbus saja. Ini yang sangat disayangkan, padahal masih bisa diolah menjadi kerupuk," kata Sri Wahyuni mengawali perbincangannya dengan detikcom Sabtu (5/12/2020).

Yuni mengaku, untuk mengolah beton menjadi camilan berupa krupuk yang kriuk sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Bahan-bahan untuk membuat kerupuk beton nangka ini terdiri dari biji buah nangka secukupnya sebagai bahan utama. Kemudian ditambahkan tepung kanji, bawang putih, bumbu masak dan garam secukupnya. "Bumbu dan bahan ini kan mudah didapat sebenarnya," ujar Yuni yang menggeluti dunia makanan olahan dan bisa tembus pasar internasional dan supermarket besar ini.

Kriuk Renyah Kerupuk Beton Khas LamonganKriuk Renyah Kerupuk Beton Khas Lamongan Foto: Eko Sudjarwo/detikcom

Mulanya, bahan utama berupa beton direbus hingga matang untuk kemudian dikupas kulit bijinya. Setelah itu, beton yang yang telah matang tersebut dihaluskan atau ditumbuk hingga halus.

"Setelah halus, bahan utama beton ini kemudian dicampur dengan adonan yang sudah disiapkan tadi," jelasnya.

Kriuk Renyah Kerupuk Beton Khas LamonganKriuk Renyah Kerupuk Beton Khas Lamongan Foto: Eko Sudjarwo/detikcom

Setelah jadi adonan dan beton yang dihaluskan sudah menyatu, bahan ini sudah bisa dipotong-potong untuk digoreng menjadi krupuk. Untuk rasa, Yuni menyebut jika rasa kerupuk beton ini hampir sama dengan emping melinjo.

"Kalau adonan sudah menyatu, tinggal kita potong atau kita iris tipis untuk kemudian digoreng dan jadilah kerupuk beton yang rasanya hampir sama dengan emping melinjo," terangnya.



Simak Video "Bikin Laper: Ayam Kremes dan Sambal Daging yang Nagih"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com