Kuliner China Kontemporer

Mencicipi Nasi Goreng Bistik Ayam Racikan Kang Ajie

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 15 Nov 2020 17:00 WIB
Nasi Goreng Bistik Kang Ajie di Jakarta Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Nasi goreng buatan kang Ajie ini memadukan unsur Indonesia dengan China. Karena nasi goreng memakai topping bistik ayam yang renyah nikmat.

Siapa tak suka nasi goreng? Olahan nasi yang digoreng dengan bumbu sederhana ini rasanya sangat nikmat. Biasanya dipadukan dengan potongan daging ayam, bakso, telur, hingga seafood.

Nasi goreng sendiri sebenarnya berasal dari China. Konon nasi goreng sudah ada sejak tahun 4000 SM.

Masyarakat China kala itu membuat nasi goreng karena kebiasaan mereka yang tak suka dengan makanan dingin. Jadi mereka memasak kembali nasi yang sudah dingin.

Setelah itu nasi goreng banyak dikreasikan di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia. Nasi goreng khas Indonesia banyak macamnya. Ada yang menggunakan bumbu rempah kuat, namun ada juga yang sederhana.

Umumnya nasi goreng khas Indonesia ditambahkan kecap manis yang cukup banyak. Sehingga rasanya manis gurih.

Nasi goreng khas Indonesia ini biasanya dicampurkan suwiran daging ayam, potongan daging kambing, bakso, sosis, hingga seafood. Penjual nasi gorengnya juga tak hanya resto besar, ada juga gerobakan kaki lima.

Ada salah satu kreasi nasi goreng yang unik di Indonesia. Berupa nasi goreng bistik yang merupakan paduan sajian Indonesia dan China.

Nasi goreng bistik ini bisa kamu cicipi di Jakarta. Adalah Nasi Goreng Bistik Kang Ajie yang sangat populer.

Lokasinya ada di Jalan Sukarjo Wiryopranoto No. 5, Taman Sari, Jakarta Barat. Tempatnya di samping Toko Bunga Krekot. Kedai nasi goreng ini menempati bagian depan sebuah bangunan, hanya warung sederhana namun rasanya tak bisa diremehkan.

Ingin tahu lebih banyak soal Nasi Goreng Bistik Kang Ajie? Yuk, intip faktanya!

1. Ide Awal

Nasi Goreng Bistik Kang Ajie di JakartaNasi Goreng Bistik Kang Ajie di Jakarta Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Nasi Goreng Bistik Kang Ajie ini sudah ada sejak 2016. Memang terbilang masih baru, namun penggemarnya sangat banyak.

Saat detikFood kunjungi gerai nasi gorengnya, Ajie pemilik Nasi Goreng Bistik Kang Ajie ini menceritakan ide awal membuka kedai tersebut. Ia menjelaskan kalau tak ingin menjual nasi goreng biasa karena sudah banyak di pasaran.

"Ide awal itu berdua sih sama partner, kebetulan partner Chinese. Jadi nyampurin nasi goreng sama bistik," ujar Ajie kepada detikFood (11/11).

"Yang biasa udah banyak jadi cari yang lain aja," lanjutnya.

Karena partner membuka usaha nasi goreng ini adalah orang China, maka Ajie mengolaborasikannya. Bistik ayam sendiri sangat populer di hidangan China. Berupa ayam goreng tepung yang disiram saus manis.

Baca Juga: Praktis! Resep Nasi Goreng Oriental Ini Bisa Dibuat di Rice Cooker

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Unik! Nasi Goreng Tembakau Khas Temanggung"
[Gambas:Video 20detik]