Kepiting Soka Telur Asin, Menu Istimewa dari Hutan Mangrove Brebes

Imam Suripto - detikFood Kamis, 29 Okt 2020 11:30 WIB
Kepiting Soka Telur Asin, Menu Istimewa dari Hutan Mangrove Brebes Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes -

Jalan-jalan menikmati kesejukan hutan wisata mangrove kamu bisa mencicipi sajian istimewa. Kepiting soka berlumuran saus telur asin yang gurih menggoyang lidah.

Hutan wisata Mangrove Sari Desa Kaliwlingi, Brebes, Jawa Tengah, tidak hanya menawarkan kesejukan, keindahan dan rimbunan hutan di pesisir pantai utara. Namun di kawasan ini juga ada kuliner lezat khas Brebes, paduan kepiting dan telur asin.

Warung di kawasan Mangrove Brebes yang menyediakan makanan ini adalah Sriti Sari. Lokasinya tidak jauh dari dermaga 1, atau beberapa puluh meter ke arah barat dari loket masuk.

Kepiting Soka Telur Asin, Menu Istimewa dari Hutan Mangrove BrebesKepiting Soka Telur Asin, Menu Istimewa dari Hutan Mangrove Brebes Foto: Imam Suripto/detikcom

Warung Sriti Sari berada di atas tambak ikan dan dikelilingi oleh pohon pohon bakau. Masuk ke lokasi warung ini akan terasa sejuk oleh semilir angin laut yang berhembus sepoi-sepoi.

Tidak hanya tempatnya yang nyaman, namun warung ini memiliki menu unggulan yang tidak dimiliki warung makan lain, yaitu kepiting soka telur asin. Menu ini adalah perpaduan dua bahan dasar, yakni kepiting soka (lemburi) dan telur asin Brebes.

Jika dilihat sekilas, menu ini tidak ada bedanya dengan kepiting goreng tepung dengan topping saus pada umumnya. Yang membuatnya beda adalah kepiting yang dimasak merupakan kepiting lunak atau kepiting soka atau kepiting lemburi yang bisa dimakan cangkangnya. Kemudian topping sausnya berisi campuran telur asin yang memiliki rasa gurih kental.

Jarotin (41) pengelola warung Sriti Sari mengatakan, menu makanan ini sebenarnya cukup mudah membuatnya. Bahan bakunnya hanya kepiting lunak (soka) dan telur asin. Untuk satu porsi makanan ini, diperlukan tiga ekor kepiting soka dan dua butir telur asin mentah.

Kepiting Soka Telur Asin, Menu Istimewa dari Hutan Mangrove BrebesKepiting Soka Telur Asin, Menu Istimewa dari Hutan Mangrove Brebes Foto: Imam Suripto/detikcom

"Di kawasan wisata mangrove sari ini baru ada di sini. Kami sengaja menggunakan bahan baku yang mudah didapati dari sekitar sini, yaitu kepiting lunak sama telur asin mentah," kata Jarotin kepada detikcom, Rabu sore (28/10).

Untuk bahan tambahan adalah bawang bombay, daun bawang, dan tepung. Bumbu yang dipakai juga sederhana, bawang putih cabai saus tomat dan beberapa bumbu lain seperti garam dan penyedap.

Pertama tama, kepiting cangkang lunak ini dibersihkan dan dipotong potong. Setelah itu dibaluri telur dan diberi lapisan tepung dan digoreng hingga matang dan garing.

Selanjutnya, saus dibuat menggunakan bawang putih saus bawang bombay, kuning telur asin dan daun bawang. Semua bahan ini ditumis hingga harum. Terakhir, kepiting yang yang sudah digoreng disiram dengan saus telur asin.

Satu porsi kepiting ini bisa untuk 3 sampai 4 orang. Pemilik warung membandrol menu ini Rp 100.000 per porsinya.

Kepiting Soka Telur Asin, Menu Istimewa dari Hutan Mangrove BrebesKepiting Soka Telur Asin, Menu Istimewa dari Hutan Mangrove Brebes Foto: Imam Suripto/detikcom

"Satu posri ini cukup banyak. Bisa untuk makan 3 sampai 4 orang," ungkap Jarotin.

Juju (32) wisatawan asal Kuningan Jawa Barat, mengaku langsung kesengsem setelah mencicipi menu ini. Menurutnya ada yang beda saat menikmati makanan ini. Kepitingnya sangat empuk dan saus telur asinnya sangat gurih.

"Ini beda dari makanan kepiting yang biasanya. Kepitingnya itu empuk, terus sausnya gurih terasa banget telur asinnya," ucapnya.



Simak Video "Bikin Laper: Kriuk Nikmat Kepiting Soka Tepung"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)