'Nasi Liwet Kebanggaan Indonesia' Menangkan Lomba Kreasi Liwetan ABC

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 21 Okt 2020 13:00 WIB
Nasi liwet Foto: Instagram
Jakarta -

Grand final lomba Kreasi Liwetan ABC menobatkan grup Sedep Mantep sebagai juara 1. Mereka membuat nasi liwet gaya Jawa Sumatera yang menggugah selera.

Tim Sedep Mantep terdiri dari 3 orang. Mereka membuat menu bernama Nasi Liwet Kebanggaan Indonesia pada grand final kemarin (20/10).

Kreasi ini memikat hati tiga juri yang terdiri dari chef Chandra Yudasswara, Dhila Sina (home cooking influencer), dan Odilia Winneke (managing editor detikFood). Mereka memberi nilai 8,5 untuk nasi liwet Sedep Mantep.

Mengenai kreasinya, perwakilan Sedep Mantep menjelaskan mereka sengaja mencampurkan budaya Indonesia. Berupa nasi liwet teri Medan dan petai yang diberi lauk seafood dan olahan ayam.

Baca Juga: Selamat! Ini 3 Pemenang Lomba Kreasi Liwetan ABC

Selamat! Ini 3 Pemenang Lomba Kreasi Liwetan ABCFoto: dok. detikFood

Tim Sedep Mantep tak menduga bakal jadi pemenang dan berhak atas hadiah Rp 10 juta. "Kita nggak nyangka, tapi bahagia jadi pemenang. Ini pengalaman pertama bagi kita juga untuk menghias nasi liwet," ujar perwakilan mereka.

Untuk idenya mereka mengaku terinspirasi kondisi pandemi Corona. Tim Sedep Mantep berujar, "Gimana caranya kita bisa mengkreasikan makanan tradisional jadi lebih baru lagi. (Nasi liwet bakar) bisa dijadikan pilihan bekal saat ke kantor."

Untuk lauk pauknya, tim Sedep Mantep memilih menu tradisional yang disukai semua kalangan. "Nggak cuma bapak-bapak dan ibu-ibu, anak-anak juga pasti suka," katanya.

Pilihannya antara lain ayam kremes, ayam pop plus sambal hijau ABC Homestyle, dan bakwan jagung. Ada juga ragam olahan seafood seperti cumi asin sambal hijau dan udang king prawn.

Dhila SinaFoto: dok. detikFood

Mengenai kreasi menarik tim Sedep Mantep, juri Dhila Sina mengatakan nasi liwet mereka memenuhi aspek penilaian para juri sehingga berhak jadi pemenang.

"Menurutku mereka sudah mencakup semua kriteria-kriteria yang udah kita tetapkan. Dari mulai visual, pemakaian bahan-bahan, teksturnya juga diperhatikan. Terus juga yang paling penting, mereka memasukkan bahan dari mystery box dengan cukup baik," ujar Dhila.

Dalam kesempatan yang sama, Dhila juga memamerkan nasi liwet cake ala dirinya. Ia membuat nasi liwet plus lauk pauk dalam bentuk cake.

Dhila SinaFoto: dok. Dhila Sina

"Selama ini kan nasi liwet itu kan identiknya makan yang rame-rame, terus rame-ramenya itu yang disebar ke meja. Nah, aku pikirnya kayaknya bisa juga nasi liwet dijadiin untuk event kayak ulang tahun atau anniversary. Jadi dibikin semacam cake gitu dengan semua condimentnya ada di situ," jelas Dila.

Ia membuat nasi liwet petai dengan lauk cumi asin dan ayam goreng. "Sama sambalnya juga sambal terasi ABC Homestyle. Selain itu, aku tambahin perkedel jagung, jadi udah nasi liwet bangetlah pokoknya," tutup wanita ramah ini.

Baca Juga: Ini 5 Kreasi Nasi Liwet Jagoan Finalis Kreasi Liwetan ABC



Simak Video "Bikin Laper: Marsha Aruan Jajal Nasgor Buntut dan Salmon Mentai"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)