Ini 5 Kreasi Nasi Liwet Jagoan Finalis Kreasi Liwetan ABC

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 20 Okt 2020 19:00 WIB
Ini 5 Kreasi Nasi Liwet Jagoan Finalis Kreasi Liwetan ABC Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Final lomba Kreasi Liwetan bersama ABC Homestyle digelar sore tadi (20/10). Lima finalis menunjukkan kreasi liwetan andalan mereka.

Setelah menjaring puluhan tim pendaftar, lomba Kreasi Liwetan menobatkan 5 tim finalis untuk ke grand final. Masing-masing tim membawa ide resep kreasi liwetan rumahan yang kreatif.

Pada grand final yang berlangsung pukul 3 sore tadi, mereka diberi 30 menit untuk menyusun nasi dan lauk pauk. Hanya saja ada tantangan karena mereka baru membuka mystery box dari para juri. Ternyata isiannya berupa udang king prawn, kentang, dan terong ungu.

Baca Juga: Final Lomba Kreasi Liwetan Digelar Sore Ini, Siapa Tim Jagoanmu?

Ini 5 Kreasi Nasi Liwet Jagoan Finalis Kreasi Liwetan ABCIni 5 Kreasi Nasi Liwet Jagoan Finalis Kreasi Liwetan ABC Foto: dok. detikFood

Dalam proses penjurian, kelima tim finalis yaitu Nando's Kitchen, Ranger Manies, Not's Kitchen, Sedep Mantep, dan Mom Aibici terlihat bersemangat. Mereka sigap menyusun semua bahan nasi liwet ke hadapan 3 juri.

Nando's Kitchen membuat 'Sushi Liwet', berupa nasi liwet yang dibentuk layaknya sushi. Terdapat 8 potongan sushi liwet dimana masing-masing potongan itu berisi lauk berbeda. Menu ini dijodohkan dengan sambal terasi ABC Homestyle.

Ranger Manies tak kalah menarik perhatian. Mereka memberi sentuhan istimewa pada nasi liwetnya yang berwarna hijau dengan pemakaian daun suji. Untuk pelengkapnya sambal hijau ABC Homestyle.

Not's Kitchen pilih menyajikan nasi liwet dalam ukuran grande yaitu sebesar meja. Kemudian mereka membentuk nasinya jadi huruf A, B, dan C. Lalu untuk jodohnya aneka lauk pauk lengkap dan sambal terasi ABC Homestyle.

Ini 5 Kreasi Nasi Liwet Jagoan Finalis Kreasi Liwetan ABCIni 5 Kreasi Nasi Liwet Jagoan Finalis Kreasi Liwetan ABC Foto: dok. detikFood

Tim Sedep Mantep memilih berkreasi dengan sambal hijau ABC Homestyle. Mereka memadukannya dengan nasi liwet bakar yang dipadukan ragam lauk tradisional Indonesia.

Terakhir ada tim Mom Aibici yang membuat nasi liwet ayam bakar. Warna nasinya hijau karena diberi paduan daun suji dan pandan. Uniknya, mereka membentuk nasi liwet jadi kerucut untuk porsi personal.

Ketiga juri yaitu chef Chandra Yudasswara, Dhila Sina, dan Odilia Winneke menilai masing-masing kreasi finalis. Kriteria utama dilihat dari tampilan kreasi liwetan.

Chef Chandra berujar, "Bobotnya (penilaian) itu penampilan 60 persen. Setelah itu perpaduan lauk pauk yang mereka pilih dan tekstur yang terlihat dari kamera."

Ini 5 Kreasi Nasi Liwet Jagoan Finalis Kreasi Liwetan ABCIni 5 Kreasi Nasi Liwet Jagoan Finalis Kreasi Liwetan ABC Foto: dok. detikFood

Sebelumnya para finalis juga berkesempatan menjelaskan ide dan inspirasi resep kreasi liwetan ala diri mereka. Lalu seperti apa hasil penilaian para juri?

Juara lomba Kreasi Liwetan ini berhak membawa pulang hadiah total Rp 25 juta. Pembagiannya yaitu Rp 10 juta untuk juara 1, Rp 8 juta untuk juara 2, dan Rp 7 juta untuk juara 3.

Baca Juga: 5 Nasi Liwet Enak Buat Makan Bareng Keluarga Saat Libur Panjang



Simak Video "Maknyus! Warung Tenda Ini Sajikan Kuliner Khas Jepang Otentik"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)