Nasi Nusantara Autentik

5 Nasi Liwet Enak Buat Makan Bareng Keluarga Saat Libur Panjang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 20 Agu 2020 15:00 WIB
nasi liwet Foto: Dok. detikFood
Jakarta -

Nasi liwet gaya Sunda dengan aneka lauk paling enak dinikmati bareng keluarga. Apalagi jika disusun di atas lembaran daun pisang. Raos pisan!

Nasi liwet termasuk racikan nasi khas Nusantara yang punya banyak penggemar. Nasinya gurih karena dibuat dengan kaldu ikan dan dipadukan teri goreng. Lauknya tak kalah memikat dan berlimpah seperti ayam goreng, ikan goreng, tahu tempe, ikan asin, petai, oseng cumi hitam, dan banyak lainnya.

Penyempurnanya lalapan segar untuk dimakan bersama nasi dan lauk. Nah, kalau kamu mau makan nasi liwet enak tanpa repot, pesan saja di tempat-tempat berikut. Terdapat paket untuk keluarga yang memang dirancang untuk dimakan beramai-ramai.

Berikut 5 tempat pesan nasi liwet enak di sekitar Jakarta:

1. Warung Sunda Ceu Kokom

Nasi liwetNasi liwet Foto: Instagram ceukokomsunda

Rumah makan di Jakarta Barat ini melayani pemesanan nasi liwet online melalui WhatsApp. Andalannya tentu saja nasi liwet dengan topping teri goreng, petai, dan potongan cabai rawit.

Untuk dinikmati bareng keluarga, nasi liwet bisa dipesan dalam porsi bakul. Lalu tersedia ragam lauknya di tampah seperti ayam goreng, paru goreng, lidah sapi, balakutak, balado kikil, dan banyak lainnya. Kalau tak mau nasi liwet, Ceu Kokom juga menawarkan nasi kuning, uduk, kecombrang, dan tutug oncom.

2. Ayam Jerit

Nasi liwetNasi liwet Foto: Instagram ayamjerit

Ayam Jerit terkenal dengan racikan ayam suwir pedasnya. Tapi restoran milik Titi Kamal ini juga menawarkan paket Liwet Jerit yang banyak jadi favorit.

Uniknya, desain nasi liwet di sini bisa dipesan sesuai selera. Misal bentuk boneka, kupu-kupu, atau tulisan nama yang ulang tahun. Pilihan lauknya sudah pasti melimpah, dari ayam jerit, oseng cumi hitam, bakwan jagung, ikan asin goreng, sampai sayur asem.

Baca Juga: Ayam Jerit: Jeritan Sedap Suwiran Ayam Kampung dan Cumi Berbalut Cabe

3. Warung Teteh

Nasi liwetNasi liwet Foto: Instagram warungteteh_nasiliwet

Warung Teteh merupakan pelopor nasi liwet Sunda yang jadi hits di Jakarta. Kini warungnya sudah kembali buka di kawasan Kramat Pela. Warung Teteh juga tetap menawarkan nasi liwet secara online.

Harganya mulai dari Rp 120.000 untuk porsi 4 orang. Pilihan lauknya antara lain ikan dendeng manis, ikan peda, tempe tahu, dan sambal yang pedasnya nendang. Ada juga jasa menggelar daun pisang dan nasi liwet di rumah dengan biaya tata Rp 150.000 per 40 porsi.

Baca Juga: Warung Teteh: Nikmatnya Rame-rame Menyantap Nasi Liwet Khas Sunda Beralas Daun

4. Jakarta Nasi Tumpeng

nasi liwetNasi liwet Ilustrasi: dok. detikFood

Meski namanya nasi tumpeng, tapi gerai ini juga punya menu nasi liwet yang cocok dinikmati bersama keluarga. Nasi liwet gaya Sunda ditawarkan bersama ayam goreng, ikan kembung goreng, hingga oseng kacang panjang teri.

Tak ketinggalan lauk tahu tempe, sambal terasi, kerupuk, dan lalapan. Harganya mulai dari Rp 1 juta untuk 20 porsi. Pemesanannya bisa melalui WhatsApp atau situs resminya.

5. Istana Catering

Nasi liwetNasi liwet Foto: Instagram istanacatering

Nasi liwet di Bekasi ini dibuat dengan bumbu dan resep tradisional turun temurun. Nasinya disajikan di bakul dengan banyak limpahan cabai rawit dan teri goreng. Tersedia dalam pilihan paket A hingga D.

Lauknya ada ayam goreng/bakar, telur pindang, ikan asin jambal, tahu tempe, pete bakar, hingga perkedel jagung. Harga per porsi Rp 50.000 dengan minimal pemesanan 50 porsi. Pemesanan bisa langsung melalui WhatsApp.



Simak Video "Nikmatnya Menyantap Nasi Liwet Pedesaan Khas Subang"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)