Selamat! Ini 3 Pemenang Lomba Kreasi Liwetan ABC

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 20 Okt 2020 20:06 WIB
Selamat! Ini 3 Pemenang Lomba Kreasi Liwetan ABC Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Grand final lomba Kreasi Liwetan bersama ABC Homestyle berlangsung meriah sore tadi (20/10). Lalu tim mana yang keluar sebagai juara?

Lima finalis menunjukkan kreasi nasi liwet rumahan terbaik ala mereka pada saat grand final. Mereka berusaha memikat tiga juri yang terdiri dari chef Chandra Yudasswara, Dhila Sina selaku home cooking influencer, dan Odilia Winneke sebagai managing editor detikFood.

Setiap finalis memiliki ide dan inspirasi menarik di balik kreasi liwetan mereka. Seperti apa perpaduan nasi gurih dengan lauk pauk pilihan finalis?

Baca Juga: Ini 5 Kreasi Nasi Liwet Jagoan Finalis Kreasi Liwetan ABC

1. Nando's Kitchen

Selamat! Ini 3 Pemenang Lomba Kreasi Liwetan ABCSelamat! Ini 3 Pemenang Lomba Kreasi Liwetan ABC Foto: dok. detikFood


Nando's Kitchen menampilkan nasi liwet dalam bentuk sushi bernama Sushi Liwet. Ada 8 potongan sushi yang masing-masing berisi satu jenis lauk nasi liwet.

Diantaranya terong balado, ayam goreng rempah, cumi asin sambal ijo, dan rempah udang balado. Lalu untuk sambalnya, mereka memakai sambal terasi ABC Homestyle yang diwujudkan sebagai cocolan sushi

Ketiga juri mengapresiasi ide menarik Sushi Liwet buatan Nando's Kitchen, hanya saja menurut chef Chandra kreasi ini menghilangkan esensi liwetan sesungguhnya.

2. Ranger Manies

Selamat! Ini 3 Pemenang Lomba Kreasi Liwetan ABCSelamat! Ini 3 Pemenang Lomba Kreasi Liwetan ABC Foto: dok. detikFood

Nasi liwet buatan Ranger Manies menarik selera dengan warna hijau. Untuk lauknya ada ayam rempah sambal hijau ABC Homestyle, daun bunga pepaya, cumi asin, kering tempe, bakwan jagung, telur dadar, hingga tahu tempe.

Mereka juga membuat hiasan anak ayam dari susunan telur di atas nasi liwet. Semua komponen liwetan kemudian disusun dalam satu nampah bersama lalapan segar di sekelilingnya.

3. Not's Kitchen

Selamat! Ini 3 Pemenang Lomba Kreasi Liwetan ABCSelamat! Ini 3 Pemenang Lomba Kreasi Liwetan ABC Foto: dok. detikFood

Nasi liwet bentuk huruf A, B, dan C buatan Not's Kitchen benar-benar menggugah selera. Sebagai pencinta pedas, mereka lantas menambahkan banyak lauk pedas sebagai pelengkap.

Beberapa diantaranya adalah empal mercon, cumi asin sambal terasi, peda sambal pete, dan oncom pedes. Meski menarik, menurut Odilia, perpaduan lauk ini bisa jadi kurang disukai mereka yang tidak suka pedas.

4. Sedep Mantep

Selamat! Ini 3 Pemenang Lomba Kreasi Liwetan ABCSelamat! Ini 3 Pemenang Lomba Kreasi Liwetan ABC Foto: dok. detikFood

Tim Sedep Mantep juga membawa sentuhan berbeda pada nasi liwet. Mereka menyajikannya sebagai nasi bakar dan menamainya Nasi Liwet Kebanggaan Indonesia.

"Karena di sini kita mencampurkan budaya Indonesia. Di sini kita pakai gaya Medan. Nasi liwetnya pakai teri Medan dan pete. Lalu lauk pauknya ada dua sisi. Sisi kanan berupa seafood, dan sisi kiri itu olahan ayam," ujar perwakilan Sedep Mantep.

Beberapa pilihan lauknya adalah cumi asin sambal ijo, udang king prawn, ayam pop, dan ayam kremes. Semuanya bisa dijadikan stok di kulkas karena sudah berbentuk nasi bakar.

Hal inilah yang lantas jadi poin plus di mata juri. Dhila mengatakan tertarik dengan konsep nasi liwet bakar karena praktis.

5. Mom Aibici

Selamat! Ini 3 Pemenang Lomba Kreasi Liwetan ABCSelamat! Ini 3 Pemenang Lomba Kreasi Liwetan ABC Foto: dok. detikFood

Nasi liwet dengan suwiran ayam bakar memang menggugah selera, apalagi dipadukan nasi liwet hijau berbahan daun pandan dan daun suji. Kreasi inilah yang ditonjolkan Mom Aibici.

Mereka membentuk nasinya kerucut dengan plastik. Tujuannya supaya mudah dibawa pulang dan pas untuk porsi personal. Lalu untuk lauknya berupa telur Padang, udang kremes, hingga daun singkong.

Setelah mengamati semua kreasi liwetan finalis, tiga juri sepakat memberi nilai untuk masing-masing peserta. Seperti ini hasilnya:

Nando's Kitchen mendapat nilai 6,5, disusul Ranger Manies dengan nilai 6,8. Keduanya gagal membawa pulang hadiah utama.

Untuk juara 3, juri memilih Mom Aibici. "Yang saya kagumi dari tim ini, mereka pandai menggabungkan budaya Indonesia. Juga memikirkan yang di rumah dan disiapkan dengan rapi," ujar Odilia. Mom Aibici mendapat total nilai 7 dan berhasil membawa pulang Rp 7 juta.

Juara 2, juri menobatkan Not's Kitchen sebagai pemenang. Dhila bilang, "Dari awal aku nggak bisa bohong tertarik sama kreasi tim ini." Mereka meraih nilai 7,5 dan mendapat hadiah Rp 8 juta.

Juara 1 lomba Kreasi Liwetan diumumkan chef Chandra. "Kreasinya mewakili syarat penampilan, esensi dari konsep liwetan. Dari tekstur, pengaturan, detail dan dari awal impresinya udah oke banget. Pemenangnya Sedep Mantep," kata chef ramah ini.

Sedep Mantep berhasil meraih total nilai 8,5. Mereka juga berhak atas hadiah uang tunai senilai Rp 10 juta. Wah, selamat ya untuk para pemenang!

Baca Juga: Sedap! Resep Nasi Liwet Sederhana dan Mudah Dibuat di Rumah



Simak Video "Rekomendasi Sambal buat Kamu"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)