Krisis Kimchi Melanda Korea Selatan Akibat Cuaca Buruk

Odilia WS - detikFood Selasa, 20 Okt 2020 11:00 WIB
kimchi day Foto: Istimewa
Jakarta -

Kimchi yang terbuat dari sawi putih jadi kebutuhan pokok Korea Selatan. Cuaca buruk akibatkan panen sawi putih berkurang dan terjadi krisis kimchi.

Kimchi merupakan fermentasi sayuran khas Korea Selatan yang menjadi ikon kuliner. Bahkan kimchi dinobatkan sebagai makanan sehat karena produk fermentasi ini memasok bakteri baik untuk usus yang bisa perkuat imunitas tubuh.

Selain sawi putih, kimchi juga dibuat dari mentimun, lobak dan sayuran lainnya. Namun yang paling populer adalah kimchi sawi putih. Kimchi selalu disajikan dalam setiap santapan masyarakat Korea.

Musim hujan yang panjang dan angin topan yang menimpa Korea Selatan sejak bulan September membuat hasil panenan sawi putih, salah satu bahan baku kimchi menjadi rusak. Karenanya pasokannya menjadi berkurang.

Pemerintah Korsel sudah berusaha mengimpor hingga 100 ton sawi putih dari China pada bulan ini. Mereka juga memangkas biaya impor untuk sawi putih tersebut.

kimchiKrisis kimchi di Korea Selatan. Foto: iStock

Dilansir dari aljazeera (19/10) pemerintah kota Seoul sendiri melakukan program bailout kimchi dengan menutup biaya 30% sekitar 300.000 bongkah sawi putih langsung dari petani agar bisa dijual lebih murah.

Konsumsi kimchi di Korsel mencapai lebih dari 2 juta ton per tahun. Sementara warga Korea Selatan akan memasuki musim gimjang. Sebuah tradisi menyiapkan kimchi bersama keluarga untuk dikonsumsi pada musim dingin dan musim semi.

Pada musim gimjang yang akan mulai pertengahan November nanti seluruh anggota keluarga akan bersama-sama menyiapkan sayuran, membumbui dan menata dalam guci-guci tanah liat lalu menyimpannya di dalam rumah.

Selain persediaan sawi putih di pasar dan toko online mulai langka, layan antar kimchi pun tutup. Restoran yang biasanya memberikan kimchi gratis kini mengenai biaya untuk semua kimchi yang disajikan.

Kimchi cabbage (Korean food) in a bowl ready to eatingKrisis kimchi di Korea Selatan. Foto: iStock

Sementara banyak warga Seoul di akhir pekan berburu sawi putih ke pinggiran kota. Mereka membeli langsung dari petani. Akibatnya kini juga muncul pasar gelap sawi putih.

Sawi putih merupakan jenis tanaman sayur yang sangat sensitif dengan perubahan cuaca, mudah busuk dan rusak. Salah satu alternatif mengatasi krisis ini adalah mengimpor sawi putih dari China.



Simak Video "Korea Selatan Dilanda Krisis Kimchi!"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)